Embung Batara Sriten, Pemandian Para Dewa di Gunung Kidul Yogyakarta - Reservasi Travel Blog

Embung Batara Sriten, Pemandian Para Dewa di Gunung Kidul Yogyakarta

Travel Destinations640
Embung Batara Sriten, Pemandian Para Dewa di Gunung Kidul Yogyakarta http://mandrapahlawa.blogspot.co.id/

Travel Blog Reservasi – Tak ada yang menyangka jika telaga buatan ini akhirnya selesai dibangun di puncak tertinggi di bukit Batur Agung, Gunung Kidul, Yogyakarta. Traveler menyebutnya dengan Embung Batara Sriten, Nglipar, Gunung Kidul, Yogyakarta. Embung atau danau buatan ini memang sengaja dibangun sebagai irigasi kawasan Agrowisata dengan buah unggulan yaitu Manggis dan Kelengkeng.

Agrowisata boleh jadi merupakan tujuan utama di Wisata Tirta, namun para instagramer justru lebih tertarik dengan Embung Batara Sriten dan puncak bukit Batur Agung yang memiliki pesona seperti Tebing Keraton Bandung. Tak ayal kini top post travel beberapa kali dipuncaki oleh pesona keindahan Embung Batara Sriten. Tak bisa dimungkiri bahwa Embung Sriten ini kini menjadi salah satu destinasi tujuan utama di Gunung Kidul selain Gua Pindul dan Gua Purba di kawasan yang sama.

Mendaki Puncak Tertinggi di Gunung Kidul Yogyakarta

Wisata Tirta bisa dibilang menjalankan proyek mustahil. Pasalnya kontur Gunung Kidul yang didominasi dengan batuan dan karang karst justru disulap menjadi destinasi agrowisata Tirta dengan buah unggulan Manggis dan Kelengkeng. Karena berada diarea tandus itulah Embung Batara Sriten ini dibangun dengan tujuan untuk irigasi perkebunan.

Pastikan Kalian Datang Saat Panen Manggis dan Kelengkeng

Telaga Batara Sriten ini boleh dibilang menjadi telaga tertinggi satu-satunya di Yogyakarta. Wajar jika traveler yang datang ke Embung ini disajikan dengan pesona keindahan alam di ketinggian sambil menghirup udara segar khas pedesaan. Panorama ketinggian bukit Batur Agung jelas menjadi salah satu pertunjukan favorit yang tidak bisa dilewatkan. Apalagi pada saat festival lampion, pemandangan malam Embung Batara Sriten semakin cantik dan ciamik.

Bukit Batur Agung Menjadi Istimewa karena Keberadaan Embung Batara Sriten

Foto kiriman heri susanto (@heri_susanto72) pada

Keindahan kota Klaten akan terpancar dari sinar lampu yang bergelimang pada malam hari. Bahkan jika cuaca sedang cerah, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan Rawa Jombor serta Waduk Gajah Mungkur dari puncak bukit Embung Batara Sriten. Kini Dusun Sriten akan semakin terkenal ke seantero Indonesia karena keindahan Embung Batara Srinten. Lokasinya yang tinggi kerap diasosiasikan berada di atas awan, bak pemandian para Dewa.

Manfaatkan Semilir Angin yang Berhembus pada Pagi Hari

Foto kiriman Hery Fosil (@heryfosil) pada

Bukit Sumilir tidak hanya menarik karena Wisata Tirta, melainkan juga merupakan tempat yang paling baik untuk melihat sunrise dari puncak ketinggian 896 mdpl. Bahkan kedepan lokasi ini digadang-gadang akan menjadi salah satu spot terbaik untuk olahraga yang memacu adrenaline, Paralayang.

Jalan yang Mendaki Terbayar dengan Pemandangan Indah Ini

Tidak mudah untuk mencapai bukit Embung Batara Srinten berada. Selain jalan yang mendaki juga penuh dengan tikungan yang tajam. Pastikan kendaraan kalian sangat prima untuk melibas tanjakan dan melahap tikungan. Cek alur ban kendaraan karena aspal tanjakan akan terasa licin saat turun hujan. Perlu ekstra waspada dan hati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lainnya. Hindari menggunakan kendaraan bertransmisi otomatis. Selain agak sulit untuk diajak akslerasi, hanya sedikit yang menguasai medan tanjakan berat dengan menggunakan kendaraan bertransmisi automatic.

Tips dan Panduan Menuju Embung Batara Sriten Gunung Kidul Yogyakarta

  • Hindari menggunakan motor matic karena medan jalan yang menanjak serta terjal. Khawatir tidak bisa manjat, alih-alih kalian merangkak menuju Embung Srinten.
  • Siapkan kendaraan dengan kondisi yang prima dan bahan bakar full tank.
  • Hati-hati berkendara terutama saat hujan turun, karena dipastikan jalan akan licin dan berbahaya.
  • Saat kabut turun waspada dengan jarak pandang. Namun, akan menjadi momen yang juga bagus untuk di potret.
  • Jaga kebersihan dan buang pada tempatnya agar tidak mengotori lokasi wisata.
  • Pastikan kalian mendaki Puncak Tugu Magir, tempat tertinggi di Embung Batara Sriten.

Panduan Menuju Embung Batara Sriten Gunung Kidul Yogyakarta

Sumber Featured Image

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *