Doro Somola, Raja Ampat Mini Halmahera Utara yang Tren di Instagram

Doro Somola, Raja Ampat Mini dari Halmahera Utara

Travel Destinations562
Doro Somola, Raja Ampat Mini dari Halmahera Utara

Travel Blog Reservasi – Doro Somola dan Tanjung Bongo disebut-sebut sebagai Raja Ampat mini dari Halmahera Utara. Seperti apakah wujudnya keindahan pantai di Halmahera Utara ini?

Alamat Doro Somola berlokasi diantara Desa Soa Sio dan Desa Pune, Kecamatan Galela. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer saja dari Bandar Udara Gamarmalamo, Galela, Halmahera Utara.

Baca juga

Dengan Rp 4 Juta Kalian Bisa Liburan Murah ke Raja Ampat

Indahnya Pulau Morotai, Destinasi yang Berada di Maluku Utara Ini

Tak Mau Kalah Dengan Raja Ampat, Riau Punya Anambas!

A photo posted by HijrahSaway (@priasagu) on

Terlebih pemandangan Danau Galela yang indah akan menjadi pemandangan yang menakjubkan selama perjalanan 30 menit dari Bandar Udara Galela menuju Kecamatan Galela.

Keberadaan Tanjung Bongo disebut-sebut sebagai Raja Ampat mini karena memiliki pulau pulau batu yang berjajar tak beraturan di sekitar Tanjung Bongo. Warga menyebut pulau-pulau kecil itu sebagai Doro Somola. Dari puncak ketinggian tak ubahnya seperti pemandangan di Wayag atau Painemo di Raja Ampat.

Keindahan Doro Somola tak kalah jauh dengan Raja Ampat karena memiliki laut yang jernih dan membiru. Tak heran jika kini Doro Somola menjadi primadona wisata baru di Halmahera Utara. Tak sedikit wisatawan yang datang hanya untuk berfoto di daerah perbukitan seperti di Raja Ampat.

Pulau Doro Somola bisa dijangkau dengan menggunakan perahu motor yang disewakan oleh nelayan setempat dari Pelabuhan Soa Sio, Galela. Perjalanan hanya memakan waktu beberapa menit saja dengan jarak sekitar 300 meter dari Pelabuhan.

A photo posted by June (@priskilliajunet) on

Ojek perahu di Pelabuhan Soa Sio disebut dengan motoris. Perahu motor sederhana yang dipasang mesin, katinting. Inilah transportasi yang bisa digunakan untuk mencapai Doro Somola, Raja Ampat Mini dari Halmahera Utara.

Harga atau ongkos perjalanan pulang pergi dari Pelabuhan ke Doro Somola menggunakan motoris relatif sangat terjangkau, hanya Rp 20 ribu per-orang. Dengan terkenalnya Doro Somola, para motoris ini pun mendapatkan berkah mengangkut wistawan.

Meningkatnya pariwisata sekitar Doro Somola menjadi berkah bagi dua desa di Soa Sio dan Tuara. Wistawan yang datang bahkan ada yang datang dari seberang, Sulawesi Utara hingga Sulawesi Selatan.

Dikenalnya Doro Somola sebagai Raja Ampat Mini tak lepas dari peran Dinas setempat yang dipimpin oleh Bupati Frans Manery dan Wakil Bupati Muchlis. Adalah Mahmud Lasidji yang berambisi mengembangkan Doro Somola menjadi pusat wisata yang mendatangkan laba bagi daerahnya dan meningkatkan kesejahteraan warga.

Kini Dinas Pariwisata mulai melirik dan berencana mengembangan dengan membangun fasilitas olahraga air agar wisatawan bisa lebih banyak tertarik untuk datang ke Tanjung Bongo dan Doro Somola.

Sumber Jawapos

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *