Beningnya Danau Ayamaru Papua Bak Labuan Cermin - Reservasi Travel Blog

Beningnya Danau Ayamaru Papua Bak Labuan Cermin

Travel Destinations423
Beningnya Danau Ayamaru Papua Bak Labuan Cermin

Travel Blog Reservasi – Salah satu danau sebening cermin yang paling populer di Indonesia adalah Labuan Cermin di Kalimantan. Namun, ternyata ada juga beberapa danau lain yang memiliki keindahan air yang sebening cermin seperti Danau Ayamaru di Papua ini.

Danau Ayamaru memang tidak sepopuler Labuan Cermin. Namun keindahannya hampir bisa disandingkan. Keberadaan Danau Ayamaru memang cukup tersembunyi berada di wilayah Kepaa Burung Papua. Jaraknya dari Kota Sorong kira-kira sekitar 170 kilometer. Durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan.

Kalian bisa menuju Danau Ayamaru melalui Bandara Deo Sorong kemudian dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Ibu Kota Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat. Kalian bisa cari tiket pesawat murah menuju Papua melalui situs Reservasi.com.

Baca juga: Pantai Lagundi Ini Pesonanya Tak Kalah Dengan Raja Ampat Papua

Beningnya Danau Ayamaru Papua

Konon menurut sejarah, Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno bahkan pernah mengunjungi Kota Ayamaru Papua. Hal tersebut karena sejak lama Ayamaru merupakan salah satu kota yang sudah berkembang sejak zaman penjajahan Belanda. Bukti tersebut dapat dilihat dari peninggalannya yang berupa sarana air bersih yang ada.

Danau Ayamaru bukan hanya indah karena airnya yang bening, namun juga suasananya yang masih alami. Danau ini merupakan danau karst yang dikelilingi dengan bukit serta pepohonan yang rimbun. Masyarakat sekitar Danau Ayamaru Papua percaya bahwa dengan menjaga hutan sekeliling danau artinya mereka juga menjaga nenek moyang mereka. Itulah sebabnya Danau Ayamaru sangat dijaga kelestariannya oleh penduduk sekitar.

Image: Instagram @adha_chandra
Image: Instagram @adha_chandra

Danau seluas 980 hektar ini memiliki kedalaman sekitar 6 meter. Hanya saja debit airnya sangat dipengaruhi oleh musim. Waktu terbaik untuk mengunjungi Danau Ayamaru Papua adalah saat musim hujan. Sementara saat musim kemaru akan terbentuk danau-danau kecil karena debit air yang turun.

Danau ini menjadi habitat bagi ikan-ikan kecil dan ikan langka khas Papua seperti Ikan Pelangi Irian atau populer disebut Rainbow Fish. Sayangnya karena perburuan ilegal, populasi ikan pelangi Irian di Danau Ayamaru ini kian menyusut. Keunikan Danau Ayamaru setiap musim kemarau, danau ini merupakan tempat migrasi burung-burung yang terbang berpindah yang didominasi dari Australia.

danau-ayamaru-papua
Image: Kompasiana

Sumber: Nationalgeographic

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *