Cara Travel Blogger Mendapatkan Uang Dari Travelling - Reservasi Travel Blog

Cara Travel Blogger Mendapatkan Uang Dari Travelling

Travel News1.7K
Cara Travel Blogger Mendapatkan Uang Dari Travelling Image: Shutterstock

Travel Blog Rerservasi – Cara travel blogger mendapatkan uang memang bisa dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari tulisan yang dipublish di blognya sendiri.

Pada awalnya mungkin banyak yang meragukan apakah seorang travel blogger bisa hidup dan menghidupi keluarganya. Ternyata seiring dengan trend travelling yang meningkat, tidak sedikit travel blogger yang juga merasakan berkahnya.

Banyak yang diuntungkan dari dunia travelling. Selain OTA, penyedia tour wisata, homestay, hotel, penyewaan transportasi, juga tak terkecuali travel blogger.

Di zaman serba digital ini salah satu yang dijadikan rujukan oleh para wisatawan baik backpacker, flashpacker, hingga traveler salah satunya adalah membaca review para travel blogger.

Travel blogger bisa berangkat dari profesi apa saja. Bisa saja kalian mendapati bahwa travel blogger itu seorang pedagang di Tanah Abang, petugas pajak, pegawai Departemen Keuangan, fotografer, penulis, hingga seorang blogger yang benar-benar terjun dalam dunia travel blogger secara profesional.

Awalnya memang tidak mudah untuk membangun sebuah brand. Namun lambat laun seiring dengan semakin banyaknya tulisan, semakin banyaknya konten yang dibagikan, timbal baliknya akan semakin terasa. Meskipun awalnya butuh pengorbanan.

Lalu bagaimana caranya para travel blogger ini mendapatkan penghasilan? Berikut beberapa sumber travel blogger hingga bisa mendapatkan uang dari berbagai usaha yang dilakukannya.

1 . Optimasi Blog

Woman Traveler

Seorang travel blogger tentu memiliki sebuah blog yang dijadikan sebagai tempat curhat hingga cerita perjalanan. Bukan hanya konten yang menarik yang akan menggaet sponsor untuk beriklan. Tetapi juga para travel blogger bisa memasang iklan adsense googlenya sendiri.

Travel blogger masa kini sudah banyak belajar bagaimana mengoptimalkan penghasilan dari blognya sendiri salah satunya dengan memasang iklan adsense.

2 . Kampanye Wisata

wisata danau toba

Yup, jangan iri ya kalau travel blogger suka bertabur undangan untuk jalan-jalan. Mungkin kalian melihatnya dari luar sangat enak. Siapa sih yang tak mau diajak jalan-jalan dengan bertabur fasilitas?

Hmm,,, so pasti semua pasti ingin mendapatkan yang demikian.

Hanya saja perusahaan atau lembaga yang memberikan sponsor juga pasti melihat apa benefitnya mengajak seorang travel blogger yang mereka pilih. Pasti ada alasan dibalik itu semua.

Tak bisa dimungkiri lagi bahwa para travel blogger memiliki kekuatan dalam mempromosikan dan memengaruhi pembacanya. Apalagi jika punya nilai plus misalnya cantik atau ganteng.

Untunglah tidak semua travel blogger demikian. Karena travel blogger yang diakui bukan hanya dilihat dari sekedar ganteng atau cantiknya. Tetapi dari tulisannya apakah memberikan insight baru, cerita menarik, atau hal tersembunyi yang belum banyak diketahui.

Jadi, jika siapapun punya kesempatan menjadi seorang travel blogger.

3 . Konten Berbayar

wisata murah dan seru

Nah ini dia. Pernah tau berapa bayaran seorang travel blogger untuk menulis satu tulisan berbayar? Yup, tiga bahkan empat kali lipat gaji UMR di Jakarta. Besar sekali bukan?

Sebentar…

Tidak semua travel blogger bisa mendapatkan harga semahal itu. Ingat semua butuh proses.

Para pemberi iklan sangat selektif dalam memilih travel blogger untuk menuliskan konten berbayar. Pertimbangannya mulai dari traffic blognya, alexa ranknya, hingga engagement dengan pembacanya.

Ada loh satu postingan seorang travel blogger yang komentarnya bisa hingga 100 sampai 200 komentar. Siapa coba?

4 . Narasumber

wisata halal di jepang

Yap, memang tidak semua travel blogger mahir dalam public speaking. Setidaknya jika meraka bisa menulis gagasan lewat tulisan, pastinya mereka juga bisa mengungkapkan cerita perjalanan dan inspirasi melalui sebuah obrolan ringan.

Travel blogger yang dijadikan narasumber sudah cukup banyak ya. Bisa diundang ke radio, televisi, hingga workshop menulis dan seminar pariwisata.

Bayaran untuk menjadi narasumber sangat bervariasi sekali. Tergantung siap yang mengundang dan siapa audiencenya.

Enaknya travel blogger itu tidak pelit ilmu loh pada sesama blogger. Mereka akan dengan tulus hati dan sepenuh jiwa mengajari para blogger-blogger yang ingin mencobal menuliskan cerita perjalanan mereka.

Tak jarang juga mereka diundang untuk menjadi narsum pelatihan fotografi hingga videografi.

Kini lahan travel blogger cukup banyak karena mengelola beberapa kanal sosial media seperti Instagram dan Youtube yang kini sangat populer dijadikan rujukan portofolio para travel blogger.

5. Afiliasi Pemasaran

25-nama-toko-unik-dan-kreatif

Jika brand seorang travel blogger sudah sangat kuat malah tak segan-segan dijadikan duta wisata.

Dari sinilah para travel blogger bisa mendapatkan gears travel secara gratis. Catatannya tentu mereka harus mempromosikannya saat traveling.

Tak sedikit juga travel blogger yang digandeng oleh Travel Agency atau Perusahaan Pariwista. Makanya jadi travel blogger itu sebuah berkah banget buat mereka yang sejak lama menekuninya. Kini mereka tinggal menuai hasil kerja keras mereka selama bertahun-tahun lamanya.

Jadi, kamu sudah tertarik untuk menjadi full-time travel blogger?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

8 thoughts on “Cara Travel Blogger Mendapatkan Uang Dari Travelling

  1. Min sy dan sahabat sy rencana mau start travelling tahun ini, rencananya liburan kita mw kita dokumentasikan dan masukin ke akun youtube,blog dll
    Rencananya mw ke negara yg pke sistem VOA dlu kyk Singapore dan Thailand,
    pengen ke negara lain jg kyk Korea dll
    tp ribet ngurus visa kan min?? smntra pekerjaan saya dan shbt sy cuma kantoran biasa yg gajinya cuma UMK, ada saran ga min buat kita2?? mksh sblmnya.. 😩🙌

    1. Bantu jawab dikit, ga apa mulai aja dari sekarang. Kalau ga mulai, mau kapan mulainya? Lebih cepet lebih baik. Gue juga pekerja kantoran yang waktunya sedikit, tapi setiap weekend atau hari libur atau cuti, selalu sempetin buat liburan dan cari tempat baru untuk di explore. Hehe. Semangat kakaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *