Begini Cara Salat di Kendaraan Saat Perjalanan Mudik

Cara Salat di Kendaraan Saat Perjalanan Mudik

Travel Tips331
Cara Salat di Kendaraan Saat Perjalanan Mudik

Cara Salat di Kereta Api

Cara salat di Kereta Api tak berbeda dengan salat di pesawat. Ada baiknya jika melaksanakan salat di stasiun terlebih dahulu. Namun, jika sudah dalam perjalanan dengan menempuh waktu lebih dari 6 jam tidak mungkin untuk berhenti di stasiun untuk melaksanakan sala terlebih dahulu.

Baca 15 Tips Mudik dengan Kereta Api agar Aman dan Nyaman selama Perjalanan

mudik dengan kereta api

Untuk itu, kamu dapat melaksanakan ibadah dengan cara salat di kendaraan bagi musafir di kereta api. Kamu sebaiknya bertayamum karena kapasitas air di kereta api tidak sebanyak yang disediakan di kapal laut. Setelah itu kamu dapat salat dengan cara duduk di kursi masing-masing. Bisa dengan menjamak dan mengqasar salat saat berada dalam perjalanan mudik di kereta api.

Baca Siap-Siap Macet, Begini 15 Tips Mudik dengan Bus agar Aman dan Selamat di Perjalanan

Cara Salat di Bus dan Mobil Pribadi

Meskipun kendaraan di darat lebih fleksibel karena bisa berhenti di tempat peristirahatan, namun tidak ada yang bisa memprediksi kemacetan di perjalanan. Paling ideal memang melaksanakan salat di musala atau masjid yang disediakan di sepanjang jalan atau di tempat peristirahatan seperti rest area tol yang sudah dilengkapi dengan masjid dan musala.

shutterstock

Namun jika dalam kondisi darurat dan harus segera melaksanakan salat wajib, jangan ditunda untuk segera bertayamum dan melaksanakan salat di dalam kendaraan. Setelah bertayamum kamu bisa melaksanakan salat dengan cara duduk di kursi yang ditempati.

Baca 18 Tips Mudik dengan Anak Kecil Menggunakan Mobil Pribadi

Cara Salat saat mudik menggunakan sepeda motor

Dari sekian banyak moda transportasi mudik, sepeda motor sebetulnya tidak ideal untuk dibawa dalam perjalana jauh. Namun, jika ada diantara kamu yang mudik menggunakan sepeda motor, alangkah baiknya membawa perlengkapan salat. Salat di manapun dibolehkan asal tempatnya suci.

Baca 70 Persen Alami Kecelakaan, Pahami 7 Tips Mudik dengan Sepeda Motor agar Selamat di Perjalanan

mudik dengan sepeda motor
shutterstock

 

Beberapa traveler pun tidak membatasi tempat salat. Bahkan ada yang salat di taman, salat di depan tempat wisata bahkan di pelataran trotoar. Pastikan membawa kompas dan mengetahui arah kiblat ya. Jika tidak ada air untuk berwudhu, kamu bisa bertayamum dan juga bisa melaksanakan salat jamak dan qasar bisa dalam kondisi sebagai musafir.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *