Cara Membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Stasiun! - Reservasi Travel Blog

Cara Membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Stasiun!

Travel Tips763
Cara Membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran di Stasiun!

Travel Blog Reservasi – Lebaran sebentar lagi datang teman – teman, sudahkah kalian mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut mudik tahun 2015 ini? Seperti membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran misalnya? Sekarang ini tiket kereta api menjadi salah satu terfavorit yang bakal diserbu oleh calon pemudik dari berbagai belahan kota besar di Jawa.

Selain harga Tiket Kereta Api Mudik Lebaran yang relatif lebih murah dibandingkan tiket pesawat, potensi keterlambatan jadwal juga sangat kecil. Terutama jika dibandingkan dengan mudik menggunakan mobil pribadi atau mudik menggunakan sepeda motor. Nah kali ini kami akan berbagi kepada kalian semua bagaimana cara mencari dan membeli tiket kereta api lebaran, khususnya lebaran tahun 2015 ini.

cara membeli tiket kereta api

Dengan anggapan lebaran tahun 2015 ini jatuh pada tangal 19 Juli 2015, pun untuk kepastian harus nunggu dari pemerintah. Tiket kereta api mudik lebaran akan bisa dipesan 90 hari sebelumnya. Itu kira – kira sekitar pertengahan bulan April 2015. Tepat 11 April 2015 yang lalu, mulai pukul 00.00 untuk tiket H-7.

Memang ada banyak cara membeli tiket kereta api lebaran seperti beli langsung ke stasiun kereta api terdekat (Kalau di jakarta ada Stasiun Kota, Manggarai, Jatinegara, Gambir, Tanah Abang, Bekasi). Bisa juga beli tiket kereta api mudik lebaran secara online dan beli di beberapa agen tiket (biro travel, Indomaret, Alfamart, travel agent online).

Pun membeli Tiket Kereta Api Mudik Lebaran ini mudah, pastikan sebelum berangkat ke stasiun untuk membeli tiket kereta api lebaran kalian sudah mempersiapkan segala syarat beli tiket dengan baik. Yang utama untuk perlu disiapkan adalah : Foto kopi KTP, pulpen,dan tentunya uang~ 🙂

cara membeli tiket kereta api

Foto copy KTP ini sangat diperlukan agar tidak ada kesalahan dalam mengisi formulir pemesanan tiket nantinya. Pastikan dengan benar nama yang ada didalam tiket harus sama dengan yang ada di KTP kalian. Karena kalau engak sama tiket mudik lebaran kalian tidak sah.

Oh iya satu formulir pemesanan tiket hanya diperbolehkan untuk 4 orang calon penumpang ya. Selain itu, untuk 1 antrian, satu orang hanya bisa memesan 8 tiket dalam 2 lembar form pemesanan. Pulpen tadi diperlukan untuk mengisi formulir pemesanan tiketnya. Pun di stasiun juga disediakan, tapi untuk lebih nyaman lebih baik membawa sendiri.

cara membeli tiket kereta api

Namun, jika antrian di loket stasiun terlalu panjang, kalian bisa mencoba melakukan pemesanan tiket mudik dengan cara lain seperti melalui e-kiosk. Mesin e-Kiosk ini bentuknya mirip ATM namun fungsi utamanya adalah untuk pembelian tiket kereta api secara otomatis. Totalnya ada tiga metode pembayaran yang bisa dipilih di e-kiosk, yaout secara tunai, dengan kartu debit, dan pembayaran dengan kartu T-money dari Telkom.

Keberadaan mesin e-Kiosk ini sangat membantu pelanggan kereta api. Namun sayangya mesin e-Kiosk masih terbatas jumlahnya hingga sekarang. Di Jakarta sampai sekarang ini baru dipasang di beberapa stasiun besar seperti Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Sedangkan di Stasiun Bogor, Bekasi, Jatinegara, dan Manggarai masing-masing 1 unit.. Kedepannnya PT KAI berencana akan menyediakan fasilitas mesin e-kiosk ini di seluruh stasiun besar.

cara membeli tiket kereta api

Secara singkat, cara menggunakan mesin e-Kiosk untuk membeli tiket kereta api sangatlah mudah. Calon penumpang kereta api tinggal memilih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang, serta memasukkan data identitas diri saja. Setelah melakukan pembayaran, mesin e-Kiosk akan mengeluarkan struk bukti pembayaran. Pada struk terdapat kode pembayaran yang digunakan untuk mencetak tiket. Tiket dapat dicetak di fasilitas Cetak Tiket Mandiri (CTM) atau menukarkannya di loket untuk mendapatkan tiket kereta.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *