Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat E-Kiosk - Reservasi Travel Blog

Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat E-Kiosk

Travel Tips1.8K
Cara Beli Tiket Kereta Api Lewat E-Kiosk

Travel Blog Reservasi – Selain membeli tiket kereta api secara online dan pembelian tiket kereta api langsung di stasiun ada satu lagi kemudahan yang ditawarkan oleh PT.KAI dalam memberikan pelayanan kepada para pelangganya. Iya, sekarang ini untuk melakukan pemesanan dan pembelian tiket kereta api akan semakin mudah karena makin banyak pilihan cara membeli tiket kereta api.

Sebelumnya PT.KAI telah sukses menggandeng berbagai mitra offline seperti Indomaret, Lawson, 7-Eleven, Alfamart dan lain-lain untuk menerima pemesanan tiket secara online lewat gerai mereka. Selain itu pemesanan tiket kereta api melalui nomor telpon 121 juga terbilang banyak digunakan.

membeli-tiket-kereta-api-di-e-kiosk-semudah-membeli-tiket-kereta-api-di-stasiun-atau-secara-online

Nah, sekarang ini ada satu lagi cara membeli tiket kereta api dengan yang namanya e-kiosk. Dan kali ini Travel blog reservasi akan mencoba berbagi cara mudah membeli tiket kereta api dengan menggunakan vending machine atau (e-Kiosk). Namun sebelumnya, kenapa sih e-Kiosk bisa dijadikan alternatif cara pembelian tiket kereta api?

Pertama, e-Kiosk ini relatif mudah dioperasikan karena mirip dengan mesin ATM. Selain itu akan ada petugas yang siap membantu kalian untuk mengoperasikannya, hampir disetiap anjungan e-Kiosk. Selain itu ada papan informasi yang menginformasikan dengan detail tentang tata cara pemesanan tiket kereta api menggunakan mesin tersebut.

Tidak seperti biasanya jika kalian membeli tiket kereta api secara online, kalian kan harus membayar tagihan tiket secara terpisah. Bisa jadi kalian akan menggunakan layanan seperti internet banking atau bahkan harus pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran. Namun kalau membeli tiket kereta api melalui e-Kiosk, semua proses pemesanan hingga pembayaran tiket kereta api dapat dilakukan dalam satu mesin canggih ini.

cara-pembayaran-tiket-kereta-api-di-e-kiosk-kereta-api

Pada e-Kiosk metode pembayarannya bisa langsung menggunakan uang tunai dengan cara memasukkan lembaran uang kedalam mesin mirip seperti ATM Setor tunai. Atau bisa juga menggunakan ATM jaringan ALTO, Kartu Kredit, hingga kartu prabayar yang dikeluarkan oleh BRI, BCA, BNI, Bank Mandiri dan Bank Mega.

Cara menggunakan e-Kiosk ini juga cukup mudah, calon penumpang hanya tinggal milih tanggal perjalanan, stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang yang akan berangkat. Setelah itu tinggal memasukan data berupa nama, nomor identitas dan nomor telepon penumpang yang akan berangkat.

Memasukkan data tadi bisa dilakukan melalui layar sentuh atau keyboard fisik yang tersedia pada mesin e-kiosk. Seperti ketika beli online, calon penumpang kereta api juga bisa memilih posisi tempat duduk di kereta api saat melakukan pembelian tiket melalui mesin e-Kiosk ini.

mesin-cetak-tiket-kereta-api-mandiri

Setelah selesai memasukan data – data penumpang kereta api, calon penumpang bisa langsung melakukan transaksi pembayaran melalui mesin ini juga. Seperti yang sudah disebutkan, metode pembayaran yang dapat diterima di e-Kiosk kereta api ini antara lain, pembayaran tunai menggunakan uang pecahan IDR 2.000 hingga IDR 100.000.

Pembayaran dengan kartu debit jaringan Alto, dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom di e-Kioks Kereta api juga bisa dilakukan. Setelah semua proses pemesanan dan pembayaran tiket kereta api di e-Kiosk selesai, mesin e-Kiosk akan mengeluarkan struk bukti pembayaran.

Jangan sampai dihilangkan, karen struk itu tadi akan mencantumkan kode pemesanan (kode booking) dan kode pembayaran tiket KA yang bisa digunakan untuk mencetak tiket di stasion. Dalam tahap ini para calon penumpang kereta api bisa melakukan cetak tiket di stasion dengan memanfaatkan fasilitas cetak tiket mandiri (CTM).

Sayangya lokaso mesin e-Kiosk kereta api ini masih terbatas jumlahnya. Di Pulau Jawa baru dipasang di beberapa stasiun seperti Stasiun Pasar Ssenen, Stasiun Gambir dan Stasiun Bandung masing – masing 2 unit e-Kiosk. Sementara di Stasiun Bogor, Bekasi, Jatinegara, dan Manggarai masing-masing disediakan 1 unit e-Kiosk. Ke depannya, PT KAI berencana akan memasang fasilitas mesin e-kiosk ini di seluruh stasiun besar yang ada di Indonesia.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *