Pesona Kabut Mistis Bukit Watugede Gunung Kidul

Pesona Kabut Bukit Watugede Gunung Kidul

Travel Destinations418
Pesona Kabut Bukit Watugede Gunung Kidul

Travel Blog Reservasi – Kawasan Gunung Kidul tak habis-habisnya menunjukkan pesonanya. Salah satunya adalah Bukit Watugede Gunung Kidul yang kini menjadi salah satu tempat wisata baru di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Boleh dibilang tahun 2016 adalah tahunnya Gunung Kidul sebagai daerah yang memiliki banyak wisata baru di Yogyakarta. Bahkan Gunung Kidul memiliki lanskap yang lengkap mulai dari gunung, bukit, gua, air terjun hingga pantai.

Baca juga

Bandung memiliki Stone Garden, maka Yogyakarta memiliki Watugede Gunung Kidul yang menjadi salah satu spot selfie paling instagrammable di Gunung Kidul.

Alamat Watugede Gunung Kidul tepatnya berada di Padukuh Sinom, Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Gunug Kidul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari Wonosari kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit.

A photo posted by DHO!!! (@adhoo18) on

Warga sekitar Watugede pun memiliki beberapa produk home industri seperti pembuatan peyek kacang, emping melinjo, kusen dan juga hasil kebun, buah rambutan.

Desa Kedungpoh memang merupakan desa wisata, tak heran jika warga juga memiliki sampingan dengan berjualan di daerah-daerah wisata selain bertani dan bercocok tanam.

A photo posted by DHO!!! (@adhoo18) on

Obyek wisata Bukit Watugede sudah dimulai sejak tahun 2013 yang diinisiasi oleh Pokdarwis Watugede hingga dipugar dan dibangun beberapa fasilitas wisata.

Sebelum dibangun jalan dan tangga, sangat sulit untuk mencapai puncak bukit Watugede tanpa bantuan peralatan dan tali. Namun, berkat warga yang melihat potensi wisata yang sangat besar, kini wisatawan bisa menikmatinya dengan mudah.

bukit watugede gunung kidul tertutup abu Gunung Kelud
Image (buwage.wordpress.com)

Pada tahun 2014, Bukit Watugede Gunung Kidul ini sempat terkena dampak hujan Abu Gunung Kelud. Padahal pada saat itu obyek Wisata Bukit Watugede masih dalam rintisan. Namun, kondisi tersebut tidak menyurutkan semangat Pokdarwis untuk membenahi Watugede menjadi tempat wisata yang potensial.

Fasilitas Bukit Watugede Gunung Kidul

  • Spot Selfie
  • Outbond
  • Camping Area
  • Extreme Sport
  • Gazebo
  • Toilet
  • Tempat Parkir
  • Downhill
  • Track Motor Trail

Waktu terbaik untuk Selfie di atas Watugede adalah saat pagi hari sebelum pukul 7 pagi. Saat itulah pemandangan menakjubkan akan menjadi sajian yang paling dinantikan. Kabut tipis yang mistis menjadi salah satu sajian alam yang membuat foto kamu menjadi sangat menawan.

Cara menuju Bukit Watugede Gunung Kidul

Jalur menuju Bukit Watugede bisa ditempuh melalui dua jalur. Kamu bisa menggunakan jalur Wonosari atay melalui jalur Jogja.

Untuk melalui jalur Wonosari tinggal mengikuti rute menuju Ngalipar kemudian dilanjutkan menuju Balai Desa Kedungpoh. Pastikan kamu menemukan Gapura Bambu kemudian belok kanan menuju Bukit Watugede.

Sedangkan dari Jogja, kamu tinggal menuju pertigaan Sambi Pitu ambil kiri, kemudian dilanjutkan menuju pertigaan Nglegi ke arah kanan untuk mencapai Balai Desa Kedungpoh.

Dari berbagai sumber

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

One thought on “Pesona Kabut Bukit Watugede Gunung Kidul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *