Memburu Fajar Dari Puncak Bukit Pranji Kebumen - Reservasi Travel Blog

Memburu Fajar Dari Puncak Bukit Pranji Kebumen

Travel Destinations1.1K
Memburu Fajar Dari Puncak Bukit Pranji Kebumen

Travel Blog Reservasi – Para pendaki gunung sekitar Kebumen tentu tak asing dengan keindahan dan pesona pemandangan dari puncak bukit Pranji Kebumen. Gunung Pranji kerap dijadikan salah satu destinasi bagi para pendaki untuk mendirikan tenda kemudian kemping sambil menunggu fajar menyingsing. Selain masih sejuk dan asri, salah satu yang selalu diburu adalah sinar mentari saat pagi hari yang menghangatkan tubuh.

Gunung Pranji berlokasi di Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagon, Kabupaten Kebumen. Terletak di bagian utara kota Kebumen, kalian bisa mengaksesnya dengan menggowes sepeda atau dengan menggunakan sepeda motor. Tak perlu khawatir dengan penitipan motor, karena banyak warga sekitar kaki gunung Pranji yang menyediakan tempat penitipan motor.

Bukit Instagram Dari Kebumen

IG @akukembara
IG @akukembara

Gunung Pranji pun merupakan tujuan yang menantang bagi para penggemar mountain bike. Tak heran jika setiap akhir pekan banyak pesepeda yang berduyun-duyun mendaki Gunung Pranji. Para pendaki sudah sangat mengenal keberadaan Gunung Pranji di Jawa Tengah ini. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer saja dari pusat kota Kebumen.

Memang warga dan para pendaki sudah kadung terlanjur menamai dataran tinggi ini dengan nama gunung Pranji. Padahal ketinggiannya hanya sekitar 500 mdpl saja. Pada umumnya bentuk muka bumi kerucut dan lebih tinggi dengan daerah sekitarnya disebut dengan gunung ketika sudah mencapai ketinggain lebih dari 620 meter. Lebih cocok jika disematkan sebagai sebuah bukit untuk menyebut dataran tinggi Pranji Kebumen ini.

Bukit Pranji memang cocok untuk olahraga trekking dan hiking. Dengan ketinggian medium tak lebih dari 600 mdpl, bukit Pranji sangat cocok untuk para pendaki gunung pemula. Medannya tidak terlalu berat namun masih cukup menantang. Butuh persiapan fisik yang cukup untuk mencapai puncak bukit Pranji.

Bukit Pranji, Favorit Penggemar Trekking dan Hiking

IG @niexparahita21
IG @niexparahita21

Pesona keindahan Kebumen dapat dilihat dari sudut ketinggian Bukit Pranji. Sawah-sawah yang menghijau serta bentangan laut bisa disaksikan dari bukit Pranji Kebumen. Bentang alam Kebumen dan sekitarnya akan sangat menarik jika dinikmati pada malam hari dari Bukit Pranji. Apalagi jika kalian membawa kamera untuk mengabadikan milky way.

Puncak bukit Pranji sangat cocok untuk mengabadikan gugusan bintang pada malam hari. Bahkan, kerlip lampu kota Kebumen dari ketinggian pun bisa menjadi salah satu objek foto yang sangat menarik. Jangan lupa untuk membawa tripod agar hasil fotonya lebih maksimal.

Bukit Pranji memang menjadi salah satu spot para travel fotografer. Dari puncak Bukit Pranji, kalian bisa memotret keindahan Gunung Sindoro dan Sumbing. Akan menjadi gambar yang sangat menarik saat matahari terbit dan dinikmati dari Bukit Pranji Kebumen.

Pendaki Pemula Cocok Mendaki Bukit Pranji

Foto kiriman fitri_12 (@fitri_mafridoh) pada

Tentu bukan hal yang sepele mendaki Bukit Pranji. Persiapan pasti harus tetap dilakukan karena saat malam hari, udara dingin bukit Pranji akan menusuk hingga ke balik kulit. Sediakan jaket tebal, sarung tangan dan topi agar tubuh tetap hangat.

Terdapat dua akses untuk menuju Bukit Pranji. Dari arah barat bisa mengambil jalur kecamatan Karanggayam, sedangkan dari timur bisa mengambil rute kecamatan Pejagon. Akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor. Untuk mendaki bukit Pranji dari pos pendakian hanya membutuhkan waktu selama 15 menit saja. Namun bagi yang jarang mendaki dan hiking mungkin akan membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Salah satu pos pendakian yang juga bisa dijadikan destinasi wisata adalah keberadaan Curug Peniron. Dari curug itulah pendakian kalian bisa dimulai. Saat yang tempat untuk mendaki tentu saja malam hari agar tidak tersengat sinar matahari. Sedangkan yang berminat mendaki pada siang hari, disarankan menjaga tubuh agar tidak mudah dehidrasi dengan banyak mengganti cairan tubuh.

Bukit Pranji saat akhir pekan memang cukup ramai. Apalagi keberadaannya kini menjadi salah satu buruan anak-anak instagram. Angel yang menarik dari bukit Pranji memang instagramable banget. Pemandangannya tak berbeda jauh seperti di Tebing Keraton Bandung atau Cadas Gantung Kuningan. Tak heran jika semakin hari, popularitas Bukit Pranji semakin dikenal dengan Bukit Instagram, Kebumen.

Panduan Menuju Gunung Pranji Kebumen Jawa Tengah

Sumber Featured Image @enggartonny

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *