4 Bangunan Unik yang Instagramable di Indonesia - Reservasi Travel Blog

4 Bangunan Unik yang Instagramable di Indonesia

Travel Photography97
4 Bangunan Unik yang Instagramable di Indonesia Ilustrasi (L S Clayton/shutterstock)

Travel Blog Reservasi – Di balik keindahan tempat wisata dan keanekaragaman budaya, ibu pertiwi kita juga memiliki keanehan di beberapa wilayah. Keanehan ini bisa dilihat dari bentuk bangunan yang berdiri di pusat kota ataupun di daerah pedalaman. Pada penasaran, kan? Ini dia 5 bangunan paling unik di Indonesia yang wajib kamu ketahui!

Baca Hotel Unik di Dunia yang Menggunakan Bahan Bangunan Tak Biasa

1. Regatta Towers, Jakarta

Mengusung tema sederhana dan dinamis, gedung karya Tom Wright ini mampu menarik perhatian publik. Bentuk bangunan Regatta Towers menyerupai gugusan kapal dilengkapi layar terkembang yang hendak melintasi sebuah pulau.

Bangunan ini memiliki 10 tower yang diberi nama berbeda. Ada tower Dubai, Rio de Janeiro, Monte Carlo dan lain sebagainya.

Berkat bentuknya yang unik, bangunan Regatta Towers pernah mendapat penghargaan Prix d’Excellence pada tahun 2010 silam. Wow!

2. Rumah Domes, Yogyakarta

Pernah nonton film Teletubbies, kan? Bentuk Rumah Domes sangat mirip dengan rumah Teletubbies. Perbandingannya kurang lebih 11:12 lah. Bentuknya yang unik sebenarnya memiliki tujuan yaitu agar rumah tahan terhadap bencana alam, seperti gempa bumi.

Rumah Domes mengambil bentuk lingkaran agar terlihat semakin unik. Pembangunannya murni didanai oleh juragan real estate asal Dubai bernama Mohamed Alabbar.

3. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid ini terletak di Padalarang, Bandung. Bentuknya cukup unik dibandingkan masjid pada umumnya. Jika dilihat secara sekilas, bentuk masjid ini menyerupai sebuah kubus seperti kubah di Arab Saudi. Di sekujur dinding masjid terdapat sebuah garis-garis hitam untuk menambah kemegahan bangunan masjid.

Kemunculan masjid ini sontak mendapat perhatian warga dunia. Selain karena bentuk bangunan yang cukup unik, masjid ini dibangun di atas lahan seluas 1 hektar dan dapat menampung 1.500 jamaah sekaligus.

4. Binus Alam Sutera, Jakarta

Kampus tersohor di Jakarta, Bina Nusantara juga memiliki bentuk bangunan yang begitu ikonik. Desain kotak-kotak besar yang dilengkapi jendela ini dinilai cukup unik. Bangunan 22 lantai ini memiliki sistem penampungan air hujan untuk pengairan dan mengatasi krisis air tanah.

Arsitek brilian dibalik konsep bangunan memukau Binus adalah Budiman Hendropurnomo. Sebelumnya, Budiman juga sudah pernah mendirikan PT Duta Cermat Mandiri (DCM), cabang perusahaan yang berpusat di Kota Melbourne.

5. Rumah Gurita, Bandung

Bangunan paling unik di Indonesia terakhir adalah Rumah Gurita. Selain unik, bangunan ini terlihat menyeramkan karena adanya patung gurita raksasa di bagian atap rumah. Akibat bentuknya yang tak lazim, bangunan ini pernah diadaptasi menjadi sebuah film berjudul “Rumah Gurita”.

Film ini dirilis pada tahun 2014 lalu dan dibintangi oleh deretan artis papan atas tanah air, seperti Shandy Aulia, Boy William dan Kemal Palevi.

Baca 7 Pesawat dengan Cat Paling Unik dan Menarik

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *