Asal Usul Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia - Reservasi Travel Blog

Asal Usul Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia

Travel Inspirations115
Asal Usul Hari Minggu Menjadi Hari Libur di Indonesia shutterstock

Travel Blog Reservasi – Setiap akhir pekan biasanya kita sambut dengan sukacita dan penuh dengan rasa gembira, pasalnya kita bisa menikmati liburan bersama keluarga. Namun, pernahkah kamu berpikir tentang asal usul hari Minggu menjadi hari libur?

Baca Wajib Dicatat, Ini Kalender Lengkap Libur dan Cuti di Tahun 2019

Penentuan hari libur di berbagai negara berbeda-beda tidak semuanya menentukan libur pada hari Minggu. Buat kamu yang penasaran asal-usul hari Minggu menjadi hari libur di Indonesia, yuk kita simak aja langsung ulasan berikut ini.

Hari Libur di Arab Saudi

Berbeda dengan negara lainnya, negara Arab Saudi yang dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan syariat Islam menentukan hari libur pada hari Jumat sebagai salah satu hari besar umat Islam di Saudi Arabia.

Hal tersebut sangat beralasan karena umat Islam melaksanakan salat Jumat pada hari Jumat yang menjadi Puncak ibadah setiap minggunya. Pada saat hari Jumat umat Islam memang dianjurkan untuk menggunakan pakaian terbaik dan mandiri sebelum berangkat ke masjid untuk melaksanakan salat Jum’at berjamaah dan juga mendengarkan ceramah Islam dari khatib Jumat.

Dalam agama Islam mereka yang datang pertama kali dan juga menempati shaf atau barisan pertama akan mendapatkan ganjaran pahala seperti unta. Sebaliknya bagi mereka yang datang terakhir pun akan mendapatkan ganjaran pahala yang berbeda.

Perumpamaan tersebut menunjukkan bahwa betapa besarnya keutamaan salat Jumat berjamaah di Masjid dan menempati barisan pertama untuk mendapatkan pahala yang lebih besar dibandingkan dengan mereka yang datang terlambat dan menempati shaf paling belakang.

Alasan itulah yang menjadikan libur besar di negara Arab Saudi ditetapkan pada hari Jumat untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat ke masjid. Pada hari yang sama juga biasanya toko-toko akan tutup agar pemiliknya bisa lebih fokus beribadah pada hari Jumat.

Oleh oleh khas Medan
Shutterstock

Hari Libur Bangsa Yahudi

Kebiasaan di Arab Saudi juga berbeda dengan umat agama lain misalnya kaum Yahudi di Israel yang menjadikan hari Sabtu sebagai hari besar mereka. Alasannya tidak berbeda dengan penetapan hari Jumat sebagai hari besar umat Islam, kaum Yahudi menetapkan hari Sabtu sebagai hari libur dengan alasan karena hari Sabtu merupakan hari besar ibadah mereka.

Sejarah Hari Libur di Indonesia

Kemudian pertanyaannya mengapa di Indonesia menjadikan hari Minggu sebagai hari libur? Bukan Hari Sabtu atau hari Jumat seperti di Arab Saudi. Inilah asal usul hari Minggu ditetapkan menjadi hari libur di Indonesia.

Alasan ini yang ternyata memiliki aspek historis yang bisa ditelusuri melalui masa penjajahan kolonial Belanda. Pada saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda, pemerintah Belanda menetapkan hari libur pada hari Minggu yang bersandar pada kebiasaan mereka beribadah.

Belanda pada zaman dahulu berada di bawah kekuasaan Romawi Kuno yang berpusat di Italia yang secara keseluruhan mendominasi wilayah di negara Eropa. Sudah sejak lama bangsa Romawi kuno menetapkan hari Minggu sebagai hari besar mereka sehingga mereka meninggalkan segala aktivitas dan berfokus untuk ibadah pada hari Minggu.

Hari Libur Bangsa Romawi Kuno

Kebiasaan bangsa Romawi menandai hari Minggu sebagai hari merah atau hari libur pun mempengaruhi kebiasaan pemerintahan Belanda dalam menetapkan hari libur di Indonesia. Apalagi Indonesia menggunakan kalender masehi yang berdasarkan perhitungan tradisional yang dihitung sejak lahirnya Yesus di Nazaret.

Alasan historis itulah yang menjadikan penentuan hari libur di Indonesia ditetapkan pada hari Minggu. Namun demikian ketentuan ini bukanlah ketentuan mutlak karena ada beberapa Sekolah Islam di Jawa Tengah dan di Jawa Timur yang masih mempertahankan kearifan lokal mereka dengan menetapkan hari libur Pada hari Jumat.

Baca Tidak Hanya Bersenang-senang, Ini yang Dilakukan Para Miliarder Saat Liburan

Sumber Travel Dream

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *