8 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Para Traveler - Reservasi Travel Blog

8 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Para Traveler

Travel Tips81
8 Aplikasi Android yang Wajib Dimiliki Para Traveler shutterstock

Travel Blog Reservasi – Di era teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang ini, smartphone adalah salah satu perangkat selular yang telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendukung fungsinya, kehadiran smartphone disertai pula dengan munculnya beragam pilihan aplikasi dengan tema khusus yang berguna untuk dipakai dalam kondisi dan tujuan tertentu.

Baca Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Aplikasi Paspor Online

Tak terkecuali bagi para traveler, smartphone beserta serangkaian aplikasi di dalamnya seolah telah menjadi barang wajib untuk dibawa selama traveling. Namun, kapasitas memori penyimpanan yang dimiliki smartphone biasanya terbatas. Oleh karena itu, para traveler disarankan untuk pandai-pandai memilah dan mengunduh aplikasi apa saja yang dibutuhkan dalam kegiatan traveling.

Apa saja sih aplikasi Android yang wajib dimiliki oleh para traveler? Berikut ini akan diulas 8 aplikasi Android yang wajib dimiliki kalian para traveler. Simak, ya!

Aplikasi reservasi tiket pesawat dan hotel

solo traveler
pexels

Tiket pesawat dan hotel adalah dua kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan traveling. Harganya yang terbilang cukup mahal membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba meluncurkan aplikasi khusus reservasi tiket pesawat dan hotel dengan diskon dan promo khusus.

Tidak hanya tiket pesawat dan hotel, beberapa aplikasi juga menyediakan layanan pembelian tiket kereta api, bus, hingga penyewaan mobil.

Masing-masing aplikasi reservasi ini memiliki kelebihannya masing-masing. Salah satu kelebihan dari aplikasi reservasi ini terletak pada promo yang biasanya secara rutin diberikan oleh online travel agent yang mewadahi aplikasi ini.

Kalian disarankan untuk memesan tiket pesawat dan hotel dari jauh-jauh hari agar mendapatkan harga tiket dan hotel yang murah. Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai promo reservasi yang sedang berlangsung di aplikasi tersebut.

Baca 9 Aplikasi Mudik Lebaran Wajib Ada dalam Smartphone

Aplikasi Android menyusun itinerary

Pembuatan itinerary atau rencana perjalanan tentunya akan sangat membantu kalian dalam traveling. Rencana perjalanan atau itinerary adalah rancangan berisi catatan daftar tempat yang akan kalian kunjungi dan hal-hal yang akan kalian lakukan di tempat tujuan selama traveling.

Itinerary biasanya disesuaikan juga dengan budget yang kalian miliki dan juga tanggal kepulangan yang tertera di tiket pesawat yang telah kalian pesan.

Untuk membuat itinerary yang simple tanpa perlu repot-repot menulis di dalam buku catatan, kalian bisa mengunduh aplikasi khusus pembuat itinerary digital. Aplikasi Android pembuat itinerary digital di antaranya adalah Kayak Travel Pro yang tersedia di App Store dan aplikasi TripIt.

Aplikasi konverter mata uang

Jika kalian berencana traveling ke luar negeri, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi yang satu ini. Ada beberapa aplikasi konverter mata uang yang dapat kalian unduh di Google Play Store di antaranya yaitu The Converted dan Exchange Rates.

Sebelum traveling ke luar negeri, salah satu hal yang harus kalian persiapkan dengan matang adalah mata uang yang berlaku di negara tujuan. Sebelum kalian menukar uang rupiah kalian ke money changer atau bank, pastikan dulu kurs yang sedang berlaku di negara tersebut. Dengan mengetahui kurs negara tujuan secara akurat, kalian dapat meminimalisasi terjadinya kecurangan pada saat penukaran rupiah.

Aplikasi prakiraan cuaca

Satu lagi aplikasi penting yang tidak boleh dilewatkan para traveler yaitu aplikasi prakiraan cuaca. Aplikasi ini tidak hanya berlaku bagi kalian yang ingin traveling ke luar negeri melainkan juga bagi kalian yang akan traveling ke antarpulau yang ada di Indonesia.

Salah satu aplikasi prakiraan cuaca yang cukup populer adalah WeatherPro. Kalian bisa mengunduhnya di Google Play Store.

Aplikasi WeatherPro dapat menampilkan prakiraan cuaca selama tujuh hari ke depan di sekitar dua juta lokasi di seluruh dunia. Kalian hanya tinggal memilih wilayah atau negara yang akan kalian datangi dan aplikasi ini akan memberikan prakiraan cuaca di lokasi tujuan traveling kalian tersebut.

Baca Ini Aplikasi untuk Mengunggah Foto ke Instagram dari PC

Aplikasi packing

Kadang-kadang, terlalu banyaknya hal yang harus diurus untuk traveling, bisa membuat kita lupa untuk memasukkan benda atau barang yang penting saat packing.

Untuk itulah, aplikasi packing diperlukan dalam membantu kalian agar tidak ada barang atau benda penting yang terlewatkan saat packing. Aplikasi pembantu packing yang populer di antaranya adalah Packing Pro dan Travel List. Kalian dapat mengunduh salah satu dari aplikasi ini di layanan sistem aplikasi yang tersedia di smartphone kalian.

Baik aplikasi Packing Pro maupun Travel List dapat membantu kalian membuat daftar barang primer dan sekunder yang perlu dibawa dalam kegiatan traveling kalian.

Pikirkan baik-baik benda atau barang yang akan kalian bawa dalam traveling dan buat daftar di dalam salah satu aplikasi ini.

Aplikasi peta dan navigasi offline

aplikasi mudik lebaran
shutterstock

Sebelum memulai perjalanan, pastikan kalian telah mengunduh aplikasi Android peta dan navigasi offline saat di rumah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi jika di wilayah atau negara tujuan traveling kalian tidak terdapat internet atau Wi-Fi yang memadai.

Ada dua aplikasi peta dan navigasi offline kekinian yang dapat menjadi teman traveling kalian yaitu City Maps2Go Offline Maps dan Here. Aplikasi City Maps2Go Offline Maps dapat kalian unduh di smartphone kalian yang memiliki sistem Android (Google Play Store).

Peta dan navigasi seringkali menjadi andalan para traveler selama kegiatan traveling sebagai panduan untuk berkeliling kota dan mencari tempat. Tidak perlu lagi bingung ketika lokasi atau negara tujuan traveling kalian tidak memiliki Wi-Fi atau koneksi internet, kalian hanya tinggal membuka aplikasi peta dan navigasi offline yang telah kalian unduh sebelumnya.

Aplikasi terjemah offline

Nah, aplikasi yang satu ini wajib dimiliki oleh kalian yang berencana traveling ke luar negeri. Secara garis besar, saat berada di negara tujuan traveling kalian, kalian bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional untuk berkomunikasi dengan warga lokal. Namun, masalah muncul ketika kalian atau penduduk negara setempat kurang fasih berbahasa Inggris sehingga berisiko terjadi kesalahpahaman.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi Google Translate Offline dan Translator di smartphone kalian. Kedua aplikasi ini bisa digunakan dalam keadaan offline atau dalam keadaan tidak adanya jaringan internet. Aplikasi Google Translate Offline dapat diunduh di smartphone berbasis android (Google Play Store) maupun berbasis iOS (App Store), sedangkan aplikasi translator dapat diunduh di smartphone berbasis microsoft.

Baik Google Translate maupun Translator memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk dapat menggunakan Google Translate secara offline kalian harus mengunduh sistem bahasa yang diperlukan untuk melakukan terjemahan secara offline terlebih dahulu.

Uniknya, aplikasi Translator bisa melakukan terjemahan melalui tiga cara yaitu melalui tulisan, suara, dan kamera. Terjemahan melalui tulisan dan suara mungkin sudah umum, namun terjemahan melalui kamera tentunya bisa sangat membantu kalian selama traveling.

Misalnya saja, jika kalian traveling ke negara-negara Asia Timur seperti Cina Jepang, dan Korea yang bukan menggunakan aksara Latin, kalian tentu akan kebingungan dalam membaca papan nama atau petunjuk jalan yang menggunakan aksara masing-masing bahasa.

Nah, kalian dapat memanfaatkan pilihan terjemahan melalui kamera yang ada di aplikasi Translator. Dengan begitu, secara otomatis aplikasi Android ini akan membantu menerjemahkan aksara bahasa tersebut ke dalam bahasa yang kalian inginkan misalnya bahasa Inggris agar mudah dipahami.

Aplikasi media sosial

Siapa yang tidak kenal dengan jenis aplikasi yang satu ini? Ya, media sosial adalah aplikasi kekinian yang sangat populer dan digandrungi oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Ada banyak aplikasi media sosial yang populer seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, Pinterest, Snapchat, dan lain-lain.

Tidak jarang, traveling menjadi ajang bagi kalian untuk ‘pamer’ kebahagiaan, eksis, dan sharing tempat-tempat seru yang kalian datangi. Tidak lengkap rasanya jika traveling tanpa update di akun media sosial.

Nah, aplikasi yang satu ini sifatnya opsional. Silakan pilih dan unduh aplikasi media sosial mana yang menjadi favorit kalian. Jangan lupa berfoto di lokasi atau negara tujuan traveling kalian, update di media sosial, dan ajak teman-teman kalian berkunjung ke tempat yang kalian datangi.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *