9 Barang yang Wajib Dibawa Ibu Menyusui Saat Mudik - Reservasi Travel Blog

9 Barang yang Wajib Dibawa Ibu Menyusui Saat Mudik

Travel Tips148
9 Barang yang Wajib Dibawa Ibu Menyusui Saat Mudik

Travel Blog Reservasi – Demi bisa berkumpul dengan keluarga saat hari raya Idul Fitri, segala cara ditempuh untuk melakukan perjalanan mudik. Seluruh anggota keluarga diajak, tak peduli repot dan banyaknya barang yang mesti dibawa.

Nah, untuk ibu menyusui yang tahun ini ikut berangkat mudik, Reservasi.com merangkumkan 9 barang yang wajib dibawa. Demi kenyamanan ibu dan Si Kecil, yuk cek satu per satu sudah masuk atau belum dalam daftar barang bawaan!

Baca Wanita Hamil Mendapatkan Tempat Duduk Prioritas dengan Pin ini

Apron (penutup tubuh bagian depan)

Saat menyusui, bagian payudara ibu akan terekspos ke luar sehingga butuh kain penutup yang sesuai. Makanya apron menjadi barang wajib bawa, apalagi jika mudik menggunakan transportasi umum.

Pilih apron yang berbahan lembut dan nyaman, mudah dipakai, tapi tidak mudah terbang jika terkena angin. Pastikan juga bagian atasnya bagus untuk kelancaran sirkulasi udara agar Si Kecil nyaman.

Baju menyusui

Pakailah baju khusus menyusui yang bagian depannya berkancing atau menggunakan ritsleting. Sekarang sudah banyak tersedia baju khusus menyusui yang modelnya trendy nan stylish. Jadi ibu menyusui nggak perlu takut ketinggalan mode nih, tetap bisa bergaya kok!

Bra khusus ibu menyusui

Selain baju, ada juga bra khusus menyusui yang bisa memudahkan ibu. Biasanya dilengkapi kancing di bagian ujung atas atau bawah, jadi tidak perlu ribet saat mengeluarkan payudara. Cukup bagian areolanya saja yang terbuka. Jangan lupa pilih yang bahannya lembut dan nyaman, agar area sekitar payudara tidak lecet atau gatal.

Breast pad

Lengkapi juga bra khusus menyusui dengan breast pad saat Si Kecil sedang tidak menyusu. Breast pad ini bisa menahan tumpahan ASI agar tidak merembes ke luar membasahi baju. Ada dua pilihan breast pad di pasaran, sekali pakai atau yang bisa dicuci dan dipakai ulang. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Bantal menyusui

Agar tangan ibu tidak pegal menyangga bayi selama di perjalanan, bisa membawa bantal khusus menyusui yang ukurannya beragam. Bantal ini dipasang di leher Si Kecil, untuk menyangga kepalanya selama menyusu.

Ibu Menyusui Saat Mudik 1

Pompa ASI

Di awal-awal tahap menyusui produksi ASI biasanya melimpah, sehingga ibu harus rajin-rajin memompa saat Si Kecil tidak menyusu. Bawalah pompa ASI yang berukuran kecil dan bertenaga baterai agar lebih memudahkan ibu.

Botol dan perlengkapan penyimpanan ASIP

Jangan lupa bawa juga botol ASIP beserta kotak penyimpanannya. ASI perah bisa tahan hingga 6 jam di suhu ruang (25 derajat celcius), bisa diminumkan pada Si Kecil saat ia haus nanti. Pilih yang berbahan food grade, bebas BPA dan ringkas untuk dibawa bepergian.

Tisu basah atau hand sanitizer

Selama menyusui, ibu harus memastikan tangan, area payudara dan mulut bayi dalam keadaan bersih. Sisa ASI yang menempel di sekitar mulut bayi harus segera dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman. Bawalah tisu basah dan hand sanitizer yang aman untuk bayi.
Air putih dan camilan

Tak cuma saat hamil, ibu menyusui juga mudah lapar dan haus. Sediakan selalu air putih dan camilan di tas. Pilih camilan sehat yang bebas minyak dan kaya asam folat agar ASI tetap lancar. Bisa kacang panggang, kukis, atau cokelat hitam.

Konsumsi juga multivitamin agar tubuh tetap fit dan bugar. Tubuh ibu sehat menghasilkan ASI yang lebih berkualitas bukan? Selamat mudik!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *