8 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Rayakan Idul Fitri - Reservasi Travel Blog

8 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Rayakan Idul Fitri

Travel Tips89
8 Tips Tetap Sehat dan Bugar Selama Rayakan Idul Fitri shutterstock

Travel Blog Reservasi – Asyik menikmati kemeriahan hari raya Idul Fitri jangan sampai membuatmu lalai terhadap kesehatan. Kamu akan dihadapkan dengan aktivitas padat mulai dari perjalanan mudik, kumpul keluarga, acara silaturahmi, hingga berwisata.

Nah, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berlebaran, Reservasi.com punya 8 tips jitu untukmu. Simak di bawah ini yuk, jangan lupa terapkan saat Lebaran nanti ya!

Baca Tips Menjaga Kesehatan Saat Travelling

Sempatkan olahraga ringan setiap pagi hari

Jangan mentang-mentang liburan lalu meliburkan olahraga ya! Kamu tetap harus melakukan olahraga ringan agar tubuh terjaga bugar. Pilih kegiatan ringan seperti jogging, bersepeda, atau sekadar jalan kaki.

Asyik juga kan jalan kaki pagi hari sambil menikmati suasana kampung halaman yang lama tidak kamu kunjungi? Itung-itung nostalgia mengenang masa kecil, siapa tahu bertemu teman lama yang sedang mudik juga.

Jaga asupan air putih dan serat

Meski banyak makanan enak dan aneka kue kering, jangan sampai membuatmu lupa menjaga asupan serat. Tetap imbangi dengan konsumsi buah, sayur dan air putih. Kalap menjajal kudapan khas Lebaran bisa berujung kolesterol tinggi lho!

Minum segelas air putih sebelum makan

Agar porsi makanmu terjaga, usahakan konsumsi segelas air putih sebelum makan berat. Cara ini dapat mengurangi keinginanmu makan banyak. Membuatmu lebih cepat kenyang tanpa menyantap porsi besar.

Makan dalam porsi kecil

Saat Idul Fitri biasanya kamu akan disibukkan dengan acara silaturahmi dari satu rumah ke rumah. Tiap tuan rumah pasti menyajikan hidangan khas Lebaran yang tak enak jika kamu tolak. Mau tak mau kamu harus menyantapnya, wah apa kabar kolesterol nih?

Jangan khawatir, siasati saja dengan makan dalam porsi kecil. Ambil saja untuk 2-3 suap, yang penting tidak mengecewakan tuan rumah. Lakukan hal yang sama di kunjungan berikutnya.

Perhatikan asupan gula dan lemak

Tak kalah penting adalah memperhatikan asupan gula dan lemak. Banyak makanan bersantan dan berlemak saat Lebaran, jadi kamu harus bijak dalam mengonsumsinya. Hati-hati dengan aneka kue kering lezat yang tersaji, sekilas memang nikmat tapi kadar gulanya cukup tinggi.

Mencicipi kue kering cukup satu biji saja per jenisnya. Lalu coba untuk mengurangi konsumsi karbohidrat seperti nasi dan ketupat. Ganti dengan kentang atau makan lauknya saja.

Istirahat yang cukup

Pola makan sehat akan sia-sia jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup. Tenagamu banyak terkuras, tapi mungkin tidak terasa karena perasaan bahagia bisa berkumpul dengan sanak saudara.

Usahakan tetap menjaga kebutuhan tidur tercukupi 6-8 jam per hari. Curi waktu di siang hari di sela-sela acara keluarga untuk rebahan, agar tubuhmu tetap terjaga sehat dan bugar.

Minimalisir penggunaan kendaraan untuk bepergian jarak dekat

Kalau tidak sempat berolahraga di pagi hari, kamu bisa mencoba berjalan kaki saat silaturahmi ke rumah saudara. Asal jaraknya dekat, pasti tidak terlalu lelah kan berjalan kaki? Itung-itung bakar kalori seporsi ketupat opor dan sambal goreng daging.

Biasakan untuk jalan kaki jika jarak dari asal hingga tujuan kurang dari 1 kilometer. Apalagi jika sedang berada di kampung halaman. Sekalian bisa hirup udara segar, jalan-jalan dan kesempatan untuk menyapa tetangga.

Sedia obat penurun kolesterol

Nah, tips yang satu ini penting banget buat kamu yang punya riwayat kolesterol tinggi. Sebelum mudik, konsultasikan dulu dengan dokter apakah perlu membawa obat-obatan khusus untuk Lebaran. Mintalah obat penurun kolesterol dan multivitamin untuk menjaga stamina tubuh.

Tubuh yang sehat menambah kebahagiaan kumpul keluarga kan? Tetap jaga kesehatan selama Lebaran ya, guys!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *