Dengan 7 Tips Ini Travelling Tetap Berjalan, Ibadah Pun Tak Terganggu - Reservasi Travel Blog

Dengan 7 Tips Ini Travelling Tetap Berjalan, Ibadah Pun Tak Terganggu

Travel Tips218
Dengan 7 Tips Ini Travelling Tetap Berjalan, Ibadah Pun Tak Terganggu

Travel Blog Reservasi – Banyak yang berpendapat bahwa puasa itu harus menjaga stamina dengan membatasi segala aktivitas, termasuk travelling di saat bulan Ramadhan tiba. Pendapat yang demikian perlu disingkirkan jauh-jauh, karena pendapat ini tidak benar. Jika kita kembali pada masa Rasulullah, justru beliau melakukan perang bersama umatnya di bulan suci Ramadhan atau dikenal dengan nama Perang Badar.

Nah, jika kalian membatasi aktivitas di bulan Ramadhan dengan mengurangi jumlah aktivitas, yang kalian lakukan tentu salah. Seharusnya ketika bulan Ramadhan tiba kalian bisa memanfaatkan waktu dengan aktivitas-aktivitas yang positif. Kalian bisa melakukan travelling tanpa harus meninggalkan ibadah wajib kalian yaitu berpuasa. Berikut ini 7 tips penting travelling di saat berpuasa.

Tentukan Tempat Apa yang Akan Kalian Kunjungi

tentukan-tempat-tujuan

Kalian bisa menentukan tempat apa yang akan kalian tuju, mungkin bisa disesuaikan dengan suasana Ramadhan seperti ini. Kalian bisa memilih tempat-tempat wisata religi untuk dikunjungi. Sekalian juga menambah wawasan tentang jejak Rasulullah dan para sahabatnya.

Tentukan secara matang agar kalian tetap bisa merasakan suasana Ramadhan walaupun kalian sedang travelling ke luar kota atau luar negeri. Kalian bisa memilih negara Jazirah Arab untuk kalian kunjungi. Seperti Arab Saudi, Mesir, Mekkah, Madinah, ataupun Turki. Kalian juga bisa menyusun jadwal perjalanan kalian, dan memesan tiket pesawatnya.

Bawa Perlengkapan Seperlunya

perlengkapan-secukupnya

Bawa barang-barang yang diperlukan saja, secukupnya. Jangan sampai barang bawaanmu justru menjadi beban dan menjadi penyebab kalian kelelahan yang akhirnya ibadah kalian batal ditengah jalan. Kalau seperti itu jadinya, kegiatan travellingmu justru akan menimbulkan mudharat. Jadi, kalau bisa kalian meminimalisir barang bawaan kalian.

Bawalah Daypack Saat Berkeliling, Kalian Tak Perlu Membawa Carrier

gunakan-daypack

Kalian bisa menggunakan Daypack saja untuk berkeliling. Jadi, kalian tak perlu berat-berat membawa tas carrier yang besar. Perjalanan kalian menjadi nyaman dan tenagamu tidak terlalu dikuras habis. Kalian bisa meninggalkan koper kalian di hotel ataupun loker hostel kalian. Cukup membawa peta, gadget, dokumen penting dan bekal untuk berbuka.

Jangan Lewatkan Sahur

jangan-lewatkan-sahur

Jangan sampai lewatkan sahur, karena kegiatan travellingmu akan menguras tenaga. Kalian harus mengisi tenaga disaat sahur. Tubuh kalian butuh sumber tenaga dari makanan, untuk mencukupi aktivitas seharian penuh. Jadi, jangan sampai kalian melewatkan sahur. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin, sayur atau buah disaat sahur ataupun berbuka.

Jadi Volunteer di Tempat Ibadah

jadi-volunteer

Agar perjalanan kalian menjadi bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri saja, kalian bisa bergabung dalam kegiatan sosial. Kalian bisa menjadi relawan yang menyediakan takjil, mengajar anak-anak di TPA sampai membantu merapikan masjid. Dengan cara begitu, tentu travellingmu tidak akan sia-sia begitu saja, selain bermanfaat bagi orang banyak, menambah pahala, tentunya menambah pengalaman juga.

Manfaatkan Gadget Untuk Ibadah

gunakan-gadget-untuk-hal-positif

Nah, yang satu ini memang sangat krusial. Gadget kalian yang biasa kalian gunakan untuk selfie boarding pass sebaiknya kalian alih fungsikan. Alih fungsi menjadi apa? Menjadi barang yang bermanfaat dan bisa menambah pahala kalian di saat bulan suci Ramadhan ini. Kalian bisa download aplikasi yang mendukung ibadah puasa kalian, seperti aplikasi Al-qur’an digital, pengingat waktu shalat, kumpulan hadist-hadist shahih dan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan disaat waktu senggang, seperti dalam kendaraan. Kalian bisa membaca Al-qur’an ataupun hadist selama perjalanan, tanpa perlu repot membawa Al-qur’an atau buku-buku lainnya.

Bawa Bekal untuk Berbuka

bawa-bekal

Bawalah bekal untuk berbuka seperti kurma. Agar di saat kalian sedang berada di tengah perjalanan yang tidak memungkinkan untuk membeli makanan untuk berbuka, kalian sudah membawanya dalam ransel kalian. Minimal bawalah kurma dan air mineral, karena kandungan kurma bisa menggantikan energimu yang terkuras selama satu hari penuh dan kalian akan merasa segar disaat berbuka. Selain itu dalam hadistnya pun Rasulullah menganjurkan agar kita semua berbuka dengan 3 buah kurma.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *