7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Mendaki Gunung - Reservasi Travel Blog

7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Mendaki Gunung

Travel Tips5.3K
7 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Mendaki Gunung

Travel Blog Reservasi – Untuk para pecinta alam, terutama yang sudah sering mendaki gunung, tentunya tahu peraturan wajib tak tertulis yang harus dipatuhi pada saat pendakian. Tapi, bagaimana dengan kita yang belum pernah mendaki? Mungkin untuk sebagian orang mendaki gunung adalah hal keren dan menjadikan salah satu momen untuk dipamerkan di Social Media mereka.

Baca Juga 5 Gunung yang Cocok untuk Para Pendaki Pemula

Jika kamu sudah memiliki rencana untuk mendaki gunung bersama teman kamu yang sama-sama pemula pendaki gunung, sebaiknya kamu harus ketahui terlebih dahulu 7 hal yang tidak boleh dilakukan pada saat mendaki gunung ini. Sebagai tindakan preventif agar pendakian kalian tidak terkendala.

1. Jangan menyepelekan medan pendakian

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Hal yang menjadi awalan pembuka ini sering sekali dilakukan oleh para pendaki karena menyepelekan medan pendakian. Banyak yang merasa memiliki fisik yang cukup kuat untuk bisa mendaki sampai ke puncak gunung.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dahulu kondisi medan pendakian yang akan kamu datangi nanti. Kamu bisa mencari referensi dari internet atau beberapa blog para traveller Indonesia, hal yang paling gampang kamu bisa cari tahu dari teman kamu yang sudah sering mendaki gunung.

2. Bawa perlengkapan sendiri

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Bawalah perlengkapan yang lengkap dan jangan pernah mengandalakan teman kamu. Orang yang sedang melakukan pendakian gunung akan merasakan hal yang sama dengan kamu. Hmm, nggak mau kan? Kamu malah dinilai jelek ketika sedang mendaki gunung karena malah menyusahkan orang-orang. Salah satu alasan orang mendaki gunung adalah untuk belajar mandiri, jadi kamu juga harus mempersiapkan semuanya secara mandiri dan jangan sampai ada yang tertinggal ya, karena akan berakibat fatal.

3. Dilarang buang sampah sembarangan

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Masih sering buang sampah sembarangan, tapi ngaku pecinta alam? Nggak hanya di gunung, tapi kamu dilarang membuang sampah sembarangan dimana pun saat mendaki. Kalau kamu benar-benar mencintai alam, kamu tidak akan meninggalkan sampah bawaan kamu di gunung, sebaliknya kamu akan membawa sampah bawaan kamu sampai ke bawah. Selain merusak pemandangan di gunung, sampah inilah yang membuat udara dan sekitar gunung menjadi tercemar. So, pelajari terlebih dahulu ya dan jangan pernah meninggalkan sampah apapun jika kamu sedang berada di gunung.

4. Dilarang mengambil apapun

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Ketika kamu sedang berada di gunung, sebaiknya kamu tidak mengambil apapun yang berada di gunung kecuali gambar. Salah satu hal yang terpenting dan harus kamu ketahui adalah, kamu sangat dilarang untuk memetik bunga edelweis yang berada di sana. Bunga itu dilestarikan untuk membuat pemandangan menjadi lebih indah, bukannya untuk kamu petik dan dibawa pulang. Memang banyak sekali para pendaki gunung yang nakal dan memetik beberapa bunga edelweis, cukup mereka saja dan jangan kamu tiru ya.

5. Jaga sikap

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Jangan pernah sekali-kali mengatakan hal-hal yang kotor, apalagi berbuat perilaku yang aneh jika berada di atas gunung. Menjaga sikap merupakan hal yang wajib kamu lakukan jika ingin mendaki gunung, memang sih mungkin akan terlihat lucu, tetapi untuk melakukan hal seperti itu sangatlah tidak pantas untuk dijadikan guyonan ketika kamu sedang berada di gunung.

6. Jika mengalami kejadian aneh, Simpan dulu!

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Jika ini pertama kalinya kamu berencana untuk mendaki gunung, kamu harus mengetahui hal yang ke-6 ini. Bisa saja kamu akan mengalami pengalaman yang tidak pernah kamu temui sebelumnya, karena alam itu menyimpan banyak misteri.

Coba tanyakan kepada teman-teman kamu yang suka mendaki gunung, pasti dari mereka memiliki ceritanya masing-masing. Hal yang perlu kamu ketahui adalah jika kamu mengalamai kejadian aneh di atas gunung jangan pernah mencoba untuk menceritakan kepada teman-teman kamu saat itu juga. Sebaiknya kamu simpan sendiri, baru kamu ceritakan jika kamu sudah berada di bawah nanti.

7. Jangan istirahat terlalu lama

Pantang Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Mungkin istirahat sangat dianjurkan jika kamu sudah kelelahan, tapi tidak pada saat kamu sedang mendaki gunung. Sebaiknya kamu tidak beristirahat terlalu lama, apalagi kalau kamu sedang mendaki di malam hari. Jika kamu istirahat terlalu lama tentunya akan membuat suhu tubuh kamu turun dengan drastis dan sulit untuk stabil kembali.

Sangat disarankan untuk istirahaat saat tiba di area kemping. Jika kamu sedang mendaki dan sudah tidak bisa menahan rasa lelah lagi, sebaiknya kamu mencari lokasi yang agak luas supaya bisa mendirikan tenda, ingat! Jangan pernah tertinggal oleh rombongan, dan ajak rombongan dan teman kamu untuk beristirahat sejenak juga ya.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *