7 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Luar Negeri - Reservasi Travel Blog

7 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Luar Negeri

Travel Tips97
7 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Liburan ke Luar Negeri Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Syukurlah bila rencanamu untuk traveling ke luar negeri terkabul. Eitss jangan senang dulu, masih banyak yang harus kamu persiapkan sebelum berangkat nanti. Adapun persiapan tersebut sudah Reservasi.com rangkum di bawah ini.

Baca Destinasi Wisata Terbaik Musim Panas di Luar Negeri, Harus Dicoba!

1. Persiapkan paspor dan visa

Paspor adalah identitas sakti yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke luar negeri. Barang sakti ini bahkan diperlukan saat kamu booking tiket pesawat. Adanya paspor akan memudahkanmu saat mengunjungi tempat wisata yang ada di luar negeri, begitu juga saat kamu hendak memasuki hotel yang ada di sana.

Selain paspor, kamu juga harus mengurus visa bila destinasi liburanmu ke Jepang, Amerika atau negara-negara yang ada di Eropa. Visa ini ada banyak jenisnya, tergantung dari negara yang akan kamu kunjungi. Visa bisa kamu ajukan 3 bulan sebelum kamu berangkat ke luar negeri.

Paspor Emergency Service
shutterstock

Gak mau ribet? Jangan khawatir. Ada cukup banyak negara bebas visa kok bagi WNI. Mulai saja dulu dari beberapa negara bebas visa. Itung-itung buat cari pengalaman dulu.

2. Booking tiket pesawat dan hotel

Setelah paspor dan visa beres, sekarang saatnya untuk mencari tiket pesawat dan hotel untuk tempat tinggal selama kamu berada di luar negeri. Carilah tiket pesawat atau hotel jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan tiba untuk mendapatkan harga termurah.

Jangan lupa untuk membandingkan harga tiket pesawat dan hotel antara website yang satu dengan yang lainnya. Apabila website tersebut mengadakan promo, manfaatkan lah promo tersebut untuk mendapat potongan harga.

3. Menyiapkan uang tunai secukupnya

Seminggu sebelum keberangkatan, sebaiknya tukarkan rupiahmu ke mata uang dari negara yang ingin kamu kunjungi. Uang tunai ini sifatnya hanya untuk berjaga-jaga saja karena kamu bisa menukarkan uang ini di negara yang bersangkutan saat kamu sudah sampai di sana.

Bawalah uang tunai dalam jumlah yang cukup. Jangan terlalu banyak agar kamu tidak menjadi sasaran copet atau jambret di negeri orang.

4. Menyiapkan kamus online

Nah, kamus online ini berguna sekali saat kamu bepergian ke luar negeri, terutama ke negara yang tidak memakai Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kamus ini akan menolongmu ketika kamu ingin berbelanja atau membeli tiket kereta cepat di luar negeri.

Pastikan kamus ini dapat diakses secara online maupun offline, sehingga kamu bisa menggunakannya setiap saat bila diperlukan. Adanya kamus offline juga akan menghemat kuota internet selama berada di luar negeri.

5. Membeli paket data internet

Tempat-tempat yang ada di luar negeri sebagian besar sudah difasilitasi dengan internet gratis. Bahkan di pinggir jalan sekalipun internet sudah ada. Sayangnya, beberapa jaringan internet dilengkapi dengan password jadi tidak bisa diakses secara bebas.

Agar kamu tetap up to date selama ada di luar negeri nanti, sebaiknya persiapkan lah kuota internet dari Indonesia. Kamu bisa membelinya lewat layanan dari kartu prabayar yang kamu gunakan. Untuk tarif internet sendiri berbeda-beda, tergantung total kuota dan negara tujuanmu.

6. Membawa perlengkapan pribadi

Perlengkapan pribadi seperti tisu basah, make up, handuk, headset, kamera dan lain sebagainya jangan sampai kelupaan. Idealnya supaya kamu tidak perlu beli-beli perlengkapan pribadi baru selama liburan.

Tapi ingat, jangan sampai kelebihan muatan supaya bawaanmu tidak kena charge di bandara. Sesuaikan berat barang yang kamu bawa dengan waktu liburanmu ke luar negeri.

7. Pelajari negara yang dituju

Satu atau dua hari sebelum berangkat, sebaiknya luangkan waktumu untuk mempelajari negara yang akan dituju. Gunanya agar kamu dapat menyesuaikan diri dengan budaya orang yang di sana. Jadi kamu tidak bingung saat melihat hal-hal aneh yang mungkin terjadi saat kamu sedang keliling kota.

Selain itu, kamu juga harus tahu aturan apa saja yang tidak diperbolehkan di negara tersebut. Jangan sampai kamu melanggar aturan tersebut bila tak ingin suasana liburanmu hancur berantakan.

Baca 5 Tips Menghemat Uang Saat Traveling ke Luar Negeri

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *