7 Cara Bereksperimen dengan Smartphone untuk Foto Travel - Reservasi Travel Blog

7 Cara Bereksperimen dengan Smartphone untuk Foto Travel

Travel Photography316
7 Cara Bereksperimen dengan Smartphone untuk Foto Travel

Travel Blog Reservasi – Ada banyak cara untuk bereksperimen dengan smartphoen untuk tetap mendaparkan foto travel yang indah. Percaya deh, foto travel yang bagus itu bukan semata soal kamera belaka, tapi juga orang dibalik kamera tersebut yang paling penting.

Jadi, meskipun hanya menggunakan smartphone seperti iPhone saja kamu masih bisa mendapatkan foto- foto indah saat traveling. Hanya dengan menggunakan smartphone, kamu tidak perlu repot menenteng kamera dengan bobot yang lebih berat dibandingkan sebuah smartphone yang hanya bisa digenggam.

1. Gunakan Zoom

Meskipun fitur ini sudah banyak tersematkan dalam smartphone namun masih sedikit yang menggunakannya. Namun, pastikan kamu ketahui seberapa besar batasan zoom yang dimiliki sehingga tidak merusak kualitas gambarnya.

Fitur zoom memudahkan kamu untuk memperbesar obyek. Misalnya ketika kamu berada di posisi yang lebih tinggi dari permukaan obyek, kamu bisa menggunakan fitur zoom dengan mudah.

2. Maksimalkan penggunaan Flash

Penggunaan flash dengan kamera smartphone kadang kadang memang berbeda dengan flash kamera, namun tak ada salahnya melakukan eksperimen dengan menutupnya menggunakan kertas putih tipis atau sobekan balon.

Fungsinya justru akan membuat cahaya lebih soft sehingga hasil fotonya tidak over contrast terutama pada mata. Dengan eksperimen seperti itu, kamu tetap bisa mendapatkan foto travel terbaik dengan menggunakan kamera smartphone.

3. Jangan takut gunakan mode potrait

Beberapa travel fotografer kerap membuat banyak eksperimen dengan pengambilan mode potrait. Tak selamanya mode landscape cocok untuk foto travel misalnya untuk megambil obyek air terjun

Nah, saat ini justru mode potrait lebih bagus dibagikan dalam stories Instagram sehingga hasilnya full frame sesuai dengan bentuk layar smartphone yang memanjang secara vertikal.

4. Berani menggunakan fitur brust

Nah, fitur yang satu ini memang akan membuat kamu sedikit berkeringat. Fitur mode brust digunakan untuk foto levitasi dengan menggunakan smartphone. Namun, untuk menggunakan fitur brust ini kamu membutuhkan teman untuk mengambil gambar.

Mode brust bisa diatur dalam pegambilan 5 kali sampai dengan 10 kali dalam sekali jepret. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah timing yang tepat antara menekan tombol shutter dan saat meloncat.

5. Abadikan menggunakan video

Vlogging saat ini memang sedang hype. Bahkan beberapa vlogger ternama pun masih menggunakan smartphone ketika sedang membuat vlog terbaru mereka. Biasanya mereka melenggapinya dengan tripod mini atau tongsis agar lebih mudah mengoperasikan dan mengambil video dengan menggunakan smartphone.

Pengambilan video memang membutuhkan penyimpanan lebih bedar dibandingkan dengan foto. Jadi, kamu perlu menyediakan sisa kapasitas penyimpanan lebih besar agar proses pengambilan video lebih leluasa.

6. Coba settingan manual

Penggunaan smartphone secara default langsung menggunakan settingan otomatis. Padahal kamu bisa bereksperimen dengan settingan manual.

Settingan otomatis jauh lebih bagus untuk memotret foto pemandangan landscape misalnya menangkap foto sunrise dan sunset. Untuk pengaturan setting manual dalam smartphone tidak jauh berbeda dengan pengaturan kamera dengan setting manual. Intip saja beberapa tips cara setting kamera manual dari beberapa situs fotografi.

7. Gunakan dua smartphone

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa bereksperimen menggunakan dua smartphone yang berbeda. Satu smartphone memangkadang tidak cukup untuk menangkap momen traveling.

Apalagi jika kamu masih penasaran untuk membandingkan hasil foto antara iPhoneX dengan Samsung Galaxy 8 atau nanti menunggu hadirnya Samsung Galaxy 9 yang bakal menjadi iPhoneX killer pada tahun 2018. Yang jelas, kamera smartphone masih tetap bisa diandalkan sebagai kamera travel kamu.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *