6 Perayaan Festival Indonesia 2017 Paling di Nanti Tahun ini

6 Perayaan Festival Indonesia ini Siap Ramaikan Tahun 2017

Travel Destinations595
6 Perayaan Festival Indonesia ini Siap Ramaikan Tahun 2017 Festival Reog Ponorogo (youtube.com)

Travel Blog Reservasi – Jangan sampai terlewatkan! Yuk, ambil kalender kamu dan tandai 6 perayaan festival Indonesia 2017 yang paling di nantikan di tahun ini.

Tidak sedikit kearifan lokal yang telah bertransformasi menjadi pertunjukan seni dan budaya yang dikemas oleh suatu daerah di Indonesia. Tak hanya seni tradisionalnya saja, kini juga sudah banyak tersebar luas di Indonesia yang mengulas ulang dengan memadukan seni tradisional dan modern.

Baca Juga: 

Sudah banyak festival budaya yang berhasil menarik minat para wisatawan dalam setiap tahunnya. Tak mau kan ketinggalan 5 festival budaya Indonesia yang sangat dinanti-nantikan pada tahun 2017 ini? Langsung saja kita lihat berbagai macam seni dan budayanya. Berikut ulasannya seperti yang dihimpun Reservasi.com (2/3/2017).

1. Banyuwangi Festival (Maret-Desember 2017)

Festival Budaya Indonesia
Festival Banyuwangi (kawanmuda.com)

Memang bukan festival budaya pertama yang berada di Indonesia. Walaupun sebelumnya sudah ada beberapa, namun nyatanya Banyuwangi Festival ini baru secara resmi dirilis oleh sang Bupati, Abdullah Azwar Anas pada 25 Januari 2017 yang lalu.

Festival yang selalu dinantikan dan mendapatkan antusias tinggi oleh para wisatawan ini memang benar-benar merupakan acara yang sangat dinantikan.

Adanya banyak sekali beragam acara yang akan digelar di Banyuwangi ini mulai dari bulan Maret sampai Akhir tahun nanti. Berbagai macam festival yang akan diadakan nanti, mulai dari festival tahunan yang sudah ada, sampai event baru yang akan diadakan mulai tahun 2017 ini, seperti; Festival Sastra yang akan berlangsung mulai dari 26 – 30 April dan Festival Inovatif yang akan digelar pada tanggal 19 – 22 Juli 2017 nanti.

Banyaknya rangkaian acara yang akan di adakan nanti memang wajib dan harus sekali kamu datangi!

2. Festival Tidore (1-3 April 2017)

Festival Budaya Indonesia 2017
Festival Tidore (tips-wisata-indonesiadotblogspot.co.id)

Sama halnya dengan Festival Tidore yang telah sukses dan berhasil digelar pada tahun 2016 yang lalu. Kini, acara serupa juga tentunya tak kalah meriah dan mendapatkan sambutan hangat oleh para wisatawan. Bisa dipastikan akan menjadi Festival Indonesia 2017 yang juga menuai sukses yang sama tahun ini.

Dalam rangka memperingati hari jadi kota Tidore yang sudah berumur kurang lebih 900 tahunan lamanya ini akan mengangkat perayaan dalam bentuk festival budaya yang disatukan dengan beberapa acara adat lainnya.

Festival ini sendiri akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 1 hingga 3 April 2017 nanti. Merupakan salah satu festival budaya yang sangat dinantikan setiap tahunnya, tak hanya memanjakan para wisatawan dengan festival budayanya saja. Tetapi, para pelancong pun juga bisa menikmati indahnya kota Tidore yang berada di Maluku Utara ini.

3. Semarang Night Carnival (7 Mei 2017)

Festival Budaya Indonesia
Semarang Night Carnival ( masvay.com)

Jika kamu belum sempat mengunjungi kota Semarang untuk menyaksikan Semarang Night Carnival tahun 2016 yang lalu. Kini, kamu masih memiliki kesempatan untuk bisa langsung menyaksikan kemegahan dan kemeriahan dari festival akbar yang satu ini.

Festival Indonesia 2017 yang sudah langganan diadakan setiap bulan Mei ini sudah berlangsung sejak tahun 2011 yang lalu. Semarang Night Carnival ini sendiri diadakan demi menyambut hari jadi kota Semarang yang ke-470 pada tahun 2017.

Biasanya acara ini akan diikuti oleh ratusan peserta. Tak hanya dari kota Semarang, banyak juga pendatang dari luar kota yang ingin turut memeriahkan SNC setiap tahunnya.

Buat kamu yang penasaran dan ingin langsung ikut hadir dalam Semarang Night Carnival ini, jangan lupa untuk memesan tiket pesawat dari sekarang di Reservasi.com. Untuk mendapatkan harga tiket promo ke Semarang bisa di lihat di sini.

Nanti, kamu akan bisa melihat berbagai macam kostum-kostum dengan hiasan yang unik dan sangat meriah sekali lho! Tak hanya kostumnya saja, tapi juga akan ada pertunjukkan tarian yang memukau.

4. Pesta Tabuik (20 September-1 Oktober 2017)

Festival Budaya Indonesia
Festival Tabuik (dofra-newsholic.co.id)

Pesta yang akan berlangsung selama 10 hari ini merupakan salah satu tradisi tahunan masyarakat Pariaman. Akan menjadi perayaan Festival Indonesia 2017 paling lama diantara perayaan lainnya.

Menurut sejarahnya, Pesta Tabuik ini sudah ada sejak abad ke-19 masehi. Acara ini digelar dalam rangka memperingati hari wafatnya cucu Nabi Muhammad SAW, yaitu Husein bin Ali yang jatuh pada tanggal 10 Muharam.

Pesta Tabuik ini sendiri selalu berhasil menarik banyak perhatian para wisatawan dan warga setempat. Setiap tahunnya, acara ini selalu ramai dan dihadiri oleh puluhan ribu pengunjung yang rela berbondong-bondong datang ke Sumatera Barat.

Pada perayaan ini sendiri, tak hanya warga lokal asli Indonesia saja, tetapi juga banyak turis mancanegara yang turut serta dalam Pesta Tabuik ini.

5. Festival Reog Ponorogo (10-16 Oktober)

Festival Budaya Indonesia
Festival Reog Ponorogo (youtube.com)

Perayaan festival Indonesia pada tahun 2017 lainnya adalah Festival Reog Ponorogo. Kabupaten Ponorogo yang dijuliki sebagai Kota Reog atau Bumi Reog ini merupakan salah satu daerah yang melahirkan kesenian Reog yang sampai saat ini telah dikenal di berbagai belahan dunia.

Merupakan pagelaran seni budaya terbesar yang berada di Ponorogo, festival ini sendiri akan digelar di Alun-alun Ponorogo dalam rangka pesta rakyat Grebeg Suro. Buat kamu yang datang ke tempat ini, biasanya kamu akan bisa menyaksikan sebanyak lebih dari 21 kelompok seni Tari Reog yang akan memamerkan keterampilannya dengan belasan seniman Reog lainnya dari berbagai Indonesia.

Tak hanya penikmat seni dari Indonesia, nyatanya Festival Reog Ponorogo ini sendiri juga selalu ramai dihadiri oleh para wisatawan mancanegara dan penikmat seni budaya dari luar negeri.

6. Festival Kora-Kora (9-10 Desember 2017)

Festival Budaya Indonesia 2017
Festival Kora-kora (bayuwinata.wordpress.com)

Festival terakhir yang selalu dirayakan setiap tahun ini bisa kamu temui di Maluku Utara. Berbeda dengan Festival Tidore, Festival Kora-kora ini akan diadakan pada pertengahan Desember demi memperingati hari jadi Kota Ternate.

Perayaan ini sendiri akan menampilkan beraneka ragam kebudayaan Maluku Utara. Mulai dari kesenian, seni tari, musik, hingga santapan kulinernya bisa kamu cicipi di Festival Kora-kora yang akan digelar pada Desember 2017 nanti.

Tak hanya itu saja, buat kamu yang penasaran langsung saja datang dan lihat hiburan lainnya, seperti, lomba perahu tradisional Kora-Kora, lomba memancing, lomba foto bawah laut, lomba dayung perahu kora-kora sampai lomba pawai perahu hias. Salah satu gelaran rangkaian Festival Indonesia 2017 yang tak bisa kamu lewatkan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *