6 Kota dengan Kualitas Batik Terbaik di Indonesia - Reservasi Travel Blog

6 Kota dengan Kualitas Batik Terbaik di Indonesia

Travel Destinations13
6 Kota dengan Kualitas Batik Terbaik di Indonesia raditya / shutterstock

Travel Blog Reservasi – Batik adalah kain tradisional asal Indonesia yang paling mendunia. Keindahan motif, filosofi dibaliknya, hingga proses pembuatan batik sukses merebut perhatian dunia internasional. Bahkan beberapa negara pun terinspirasi dan mencoba membuat motif batiknya sendiri.

Baca juga Cari Batik di Jogja? 5 Tempat Ini yang Harus Kamu Tuju

Produsen batik di Indonesia tersebar di Pulau Jawa. Enam kota di bawah ini adalah pusatnya batik dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kamu yang tertarik membeli batik bisa mengunjungi salah satunya. Ada di mana saja ya?

Jogja

Kualitas batik Jogja nggak perlu diragukan lagi. Kawasan wisata budaya ini punya banyak pusat perbelanjaan batik yang tersebar di seluruh penjuru kota. Bahkan kamu bisa belajar langsung caranya membatik di beberapa gerai tradisional yang tergabung dengan tempat produksinya.

Solo

Hanya berjarak satu jam perjalanan dari Jogja, Solo adalah destinasi wajib berikutnya jika kamu ingin berbelanja batik. Di sini tersedia batik dari harga murah sampai mahal.

Kalau ingin puas berbelanja, mampirlah ke Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS). Kamu bisa menawar semua harga sampai mendapat barang yang sesuai keinginan.

Semarang

Nggak mau kalah dengan kota batik lain di Jawa Tengah, Semarang sebagai ibu kota provinsi juga memiliki motif batik khasnya sendiri. Batik Semarang identik dengan warna-warna mencolok seperti kain pantai.
Motif dan warnanya ini disesuaikan dengan kondisi kota Semarang yang berlokasi di tepi laut.

Pekalongan

Kota yang berada di jalur pantura Jawa Tengah ini memang mendapat julukan Kota Batik. Ada banyak sekali motif batik Pekalongan dan cenderung lebih berani mengeksplor warna. Motifnya rata-rata bercorak paduan budaya Jawa-Cina, nggak ada pengaruh dari kerajaan kuno manapun.

Cirebon

Kamu pasti akrab kan dengan motif Batik Megamendung? Batik ini berasal dari Cirebon dan punya cukup banyak penggemar baik di Indonesia maupun Mancanegara. Motifnya menyerupai awan dengan warna biru, ungu, atau abu-abu. Tapi seiring berjalannya waktu, warna Batik Megamendung makin beragam.

Madura

Nggak cuma populer lewat sate dan Jembatan Suramadu, Madura juga merupakan kota penghasil batik berkualitas tinggi. Motif batik khas Madura terbilang unik, menggabungkan motif alam yaitu flora dan fauna dengan kesenian batik pada umumnya.

Buka lemari bajumu deh, sudah punya pakaian batik bermotif apa saja nih?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *