6 Fakta Tersembunyi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Jarang Diungkap - Reservasi Travel Blog

6 Fakta Tersembunyi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Jarang Diungkap

Travel News190
6 Fakta Tersembunyi Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Jarang Diungkap shutterstock

Travel Blog Reservasi – Setiap tahunnya negara kita tercinta merayakan hari jadi di tanggal 17 Agustus. Negara Kesatuan Republik Indonesia menyatakan kemerdekaan pada tahun 17 Agustus 1945, atas jasa para pahlawan yang gigih melawan penjajah.

Banyak kisah sejarah kemerdekaan Indonesia yang kita dengar di bangku sekolah, lewat pelajaran sejarah atau buku-buku pengetahuan umum. Tapi ternyata, 6 fakta tentang Hari Kemerdekaan NKRI di bawah ini belum banyak terungkap lho!

Baca Bagaimana Rasanya Agustusan di Luar Negeri?

Ada cerita soal naskah asli Proklamasi yang dibuang ke tong sampah, hingga diangkat ke layar lebar dan dibintangi aktor top Hollywood. Penasaran dengan cerita selengkapnya? Yuk, simak!

Naskah asli Proklamasi yang ditulis Ir. Soekarno dibuang ke tong sampah

Meski sudah dibacakan sejak tahun 1945, ternyata naskah asli Proklamasi baru sampai ke tangan pemerintah di masa Presiden Soeharto. Hebohnya lagi, naskah asli ini ditemukan dalam sebuah tong sampah oleh seorang wartawan bernama BM Diah.

Begini kronologinya, seteklah Soekarno menulis draft Proklamasi pada secarik kertas, Sayuti Melik mengetiknya dengan mesin ketik. Begitu naskah jadi, draft asli tersebut Soekarno buang ke tong sampah.

BM Diah menemukannya nggak lama setelah pembacaan Proklamasi digelar. Ia menyimpannya selama 46 tahun lebih untuk menunggu situasi cukup kondusif. Secarik kertas tersebut baru diserahkan pada Soeharto di tahun 1992.

Ir. Soekarno bacakan Proklamasi dalam keadaan sakit

Dengan semangat berapi-api dan perasaan bahagia, Soekarno membacakan sendiri teks Proklamasi di depan kediamannya. Nggak banyak yang tahu bahwa 2 jam sebelum pembacaan, Soekarno terbaring lemas dalam kondisi demam tinggi di atas ranjangnya.

Setelah pembacaan Proklamasi, 5 opsir Jepang datang menuntut pembatalan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia memang dilakukan secara sembunyi-sembunyi untuk menghindari pasukan Jepang. Benar saja, beberapa jam setelah Proklamasi dibacakan datang 5 opsir Jepang yang menuntut pembatalan kemerdekaan.

Dengan sigap, para pemuda segera menghalau pasukan Jepang dan mengamankan kediaman Soekarno. Lima opsir di bawah perintah seorang Gunseikan itu lalu menyerah, meninggalkan rumah Soekarno tanpa perlawanan lagi.

Foto dokumentasi pembacaan Proklamasi disembunyikan di bawah pohon

Foto-foto peristiwa Proklamasi yang kini kita kenal adalah buah kerja keras dua bersaudara, Frans Mendur dan Alex Mendur. Mereka bekerja sebagai fotografer di harian Asia Raya. Berhasil mengambil 3 foto, film negatifnya langsung mereka sembunyikan di bawah pohon.

Penyebaran berita kemerdekaan pertama kali bukan via RRI

Saat itu teknologi belum secanggih saat ini, mana mungkin menyebarkan kabar kemerdekaan kewat foto dan mengunggahnya ke internet. Satu-satunya cara adalah lewat siaran radio, sayang Hoso Kyoku (sekarang RRI) nggak berhasil diambil alih.

Adam Malik, seorang pemuda yang bekerja di kantor berita Domei (sekarang ANTARA), berjasa penuh terhadap penyebaran berita baik ini. Ia menyiarkan teks Proklamasi ke berbagai wilayah lewat saluran kawat atau morse cast.

Baru pada malam harinya, Jusuf Ronodipuro berhasil menyiarkan berita kemerdekaan Indonesia lewat siaran radio RRI. Perjuangannya keren banget kan?

Baca 16 Sepeda Hias Agustusan yang Unik dan Kreatif

Peristiwa Proklamasi diangkat menjadi sebuah film dibintangi Mel Gibson

Kamu tahu nggak kalau peristiwa kemerdekaan Indonesia pernah diangkat ke layar lebar Hollywood? Tepat 19 tahun setelah pembacaan Proklamasi, film berjudul “The Year of Living Dangerously” dirilis ke publik.

Dibintangi Mel Gibson, film ini berangkat dari pidato Ir. Soekarno yang bertajuk “Tahun Vivere Pericoloso”. Dalam pidato itu Soekarno merangkum masa-masa sulit dan berbahaya yang dialami bangsa Indonesia.

Pada awal 1960-an itu Indonesia tengah mengalami beberapa konflik. Mulai dari perseteruan dengan Malaysia, perekonomian yang kurang stabil, hingga pengepungan oleh kekuasaan para neoimperalis.

Dari keenam fakta di atas, mana nih yang sudah pernah kamu dengar? Atau jangan-jangan belum tahu satu pun? Semoga informasi di atas menambah pengetahuanmu ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *