50 Wisata Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu - Reservasi Travel Blog

50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

Travel Destinations59.9K
50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu Wisata Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

41. Monumen Pancasila Sakti

Instagram @aandriiee

Tentu kamu tahu tentang tragedi G30S/PKI bukan? Monumen Pancasila Sakti dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang wafat dalam tragedi tersebut. Begitu kita masuk ke dalam komplek Monumen Pancasila Sakti, kita akan melihat patung garuda besar dan patung tujuh pahlawan revolusi.

Selain monumen, daya tarik utama di sini tentunya adalah Sumur Lubang Buaya – sumur tempat jenazah ketujuh pahlawan dibuang dulu. Ada juga Museum Pengkhianatan PKI, Museum Paseban, rumah sederhana yang dulu dijadikan dapur umum, pos komando dan rumah penyiksaan.

Meski di dalam kisah G30S/PKI yang didoktrinkan ke kita sejak dulu itu ternyata ada yang tidak benar, tidak ada salahnya untuk tetap berkunjung ke Monumen Pancasila Sakti. Apa lagi harga tiket masuknya juga terjangkau, hanya Rp 2.500 per orang.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 s.d. 17.00 WIB
  • Alamat: Jl. Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta jurusan Pluit – Pinang Ranti. Turun di halte terakhir yaitu Pinang Ranti, lalu lanjutkan perjalanan dengan angkot K40 jurusan Kampung Rambutan – Jati Asih. Turun persis di depan pintu masuk Monumen Pancasila Sakti.

42. Monumen Selamat Datang

monumen selamat datang bundaran hi jakarta
shutterstock.com

Monumen selamat datang atau lebih populer dikenal dengan patung Bundaran HI ini mememiliki sejarah yang erat kaitannya dengan proklamator Indonesia, Bung Karno. Patung selamat datang adalah patung sepasang manusia yang sedang melambaikan tangan sambil memegang bunga.

Patung yang didirikan pada tahun 1962 ini dibangun dalam rangka menyambut tamu kenegaraan dalam acara Asian Games IV yang diselenggarakan di Jakarta. Patung yang menghadap ke utara ini sengaja dihadapkan agar seolah-olah sedang menyambut kedatangan para atlet dari arah Monumen Nasional.

Patung berbahan perunggu ini memiliki tinggi sekitar 5 meter. Sedangkan tinggi menara patung yang menjadi pijakan kurang lebih setinggi 10 meter. Patung ini dikeliling sebuah kolam yang memiliki air mancur. Sangat indah jika dilihat pada malam hari.

  • Jam operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Alamat : Jalan Bundaran HI, Jakarta Pusat
  • Cara ke sana: Untuk menuju patung ini bisa menggunakan busway Koridor Blok M-Kota dan turun di Bundaran HI. Kawasan ini selalu ramai dijadikan acara car free day dan kerap menjadi pusat unjuk rasa dalam berbagai kesempatan.

43. Pulau Tidung

Forum Liputan6.com

Pulau Tidung adalah salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang menjadi tempat wisata bahari paling dekat dengan Jakarta. Pulau Tidung masuk dalam bagian Provinsi DKI Jakarta.

Salah satu magnet wisata di Pulau Tidung adalah jembatan cinta yang menghubungkan Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Dari jembatan inilah traveler bisa meloncat dan berenang di bawahnya.

Selain menjadi tempat favorit, Pulau Tidung juga menawarkan wisata bahari seperti snorkeling, menyelam hingga berkeliling pulau-pulau lainnya di sekitar Pulau Tidung. Pulau Tidung bisa dibilang memiliki fasilitas wisata yang lebih lengkap dibandingkan pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pulau Tidung adalah saat musim kemarau saat laut tenang tidak terlalu banyak ombak. Cara menuju Pulau Tidung bisa dari dermaga Marina Ancol atau dari Muara Angke. Disarankan untuk berangkat pagi-pagi karena perjalanan memakan waktu kurang lebih selama 3 jam.

44. Pulau Bidadari

pulau bidadari jakarta
shutterstock.com

Jika ingin berlibur dengan cara lebih mewah dan fasilitas bintang lima di Kepulauan Seribu, salah satu tempat yang paling tepat adalah Pulau Bidadari. Berbeda dengan Pulau Tidung yang masih mengandalkan penginapan home stay.

Pulau Bidadari memiliki resor yang nyaman untuk liburan keluarga bahkan kerap kali juga digunakan untuk acara gathering kantor dan team bulding dengan tema bahari. Beberapa fasilitas wisata air seperti banana boat dan jet ski pun tersedia di Pulau Bidadari dengan harga yang terjangkau.

Salah satu keistimewaan Resor di Pulau Bidadari karena terdapat pilihan untuk menginap di Cottage rumah adat Manado atau cottage yang mengapung di atas laut. Meskipun berada di tengah-tengah perkampungan nelayan, fasilitas hiburan dan wisata di Pulau Bidadari cukup lengkap.

Untuk bisa ke Pulau Bidadari bisa melalui Dermaga Marina Ancol atau melalui Dermaga di Muara Angke. Rute ke pulau Bidadari lebih banyak dibandingkan dengan ke pulau lain seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari. Usahakan untuk berangkat pagi-pagi jika hendak berangkat dari Muara Angke.

45. Pulau Pari

pulau pari
Liputan6.com

Tak berbeda dengan Pulau Tidung, Pulau Pari memiliki pesisir pantai yang landai. Salah satu tempat di Jakarta yang bisa melihat bintang laut secara langsung di habitatnya adalah di Pulau Pari.

Puau Pari memilliki balai penelitian kelautan LIPI sekaligus memiliki wisma yang bisa disewa untuk umum saat tidak digunakan. Selain itu juga Pulau Pari memiliki Pantai Perawan yang pasirnya putih dan bersih. Dengan pantai yang landai, Pulau Pari sangat cocok untuk liburan bersama keluarga yang masih memiliki anak-anak kecil.

Pulau Pari memilki home stay langsung menghadap pantai. Sudah teraliri listrik dengan baik dan beberapa home stay sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan meskipun harganya sedikit lebih mahal dengan home stay yang hanya mengandalkan kipas angin.

Kapal yan melayani perjalanan ke Pulau Pari biasanya berbarengan dengan kapal yang melayani rute ke Pulau Tidung. Setiap hari ada dua kali perjalanan pagi dan sore hari ke Pulau Pari dari Muara Angke.

46. Pasar Santa

pasar santa jakarta
Liputan6.com

Pasar Santa dikenal sebagai tempat nongkrong anak muda kekinian. Pasar ini awalnya sebuah pasar tradisonal yang tak bebeda dengan pasar lainnya dengan kesan kuat bahwa pasar tradisional itu kumuh, bau dan becek.

Namun, seiring selera anak muda yang doyan nongkrong dengan duit cekak, rasanya Pasar Santa cocok untuk anak muda yang lebih memikirkan soal rasa dibandingkan dengan gaya.

Pasar Santa sempat hampir tututp karena tidak ada magnet yang membuat orang ingin masuk. Penantian tersebut akhirnya terjawab dengan hadirnya beberapa kedai kopi hingga warung-warung yang memuaskan dahaga kaum hipster. Apalagi terdapat sebuah toko piringan hitam yang tergolong lebih langka dibandingkan dengan kaset.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pasar Santa adalah pada sore hari dari hari Rabu hingga Minggu mulai pukul 3 hingga tengah malam

  • Jam operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Alamat : Jalan Cipaku 1 Tandean, Jakarta.
  • Cara ke sana : Naik angkutan seperti Mayasari 57 dari Cawang, Kopaja 57 dari Kalibata, Metro Mini 77 dari Kemang, Metro Mini 75 dari Pasar Minggu, Kopaja 57 dari Mampang atau Buncit, atau Kopaja 620 dari Kuningan menuju Pasar Santa.

47. Museum Layang-layang

museum layang-layang jakarta
Liputan6.com

Layang-layang adalah permaianan anak-anak berupa sebuah kertas yang dibentuk seperti ketupat menggunakan rangka bambu. Layang-layang masih bisa bertahan melewati berbagai zaman hingga kini tetap eksis tak terkikis.

Jakarta ternyata memilliki museum layang-layang lho. Harga tiket masuknya sangatlah terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 untuk bisa menikmati segala fasilitas yang ada di sana. Museum ini tergolong baru karena didirikan pada tahun 2013.

Museum layang-layang ini berdiri atas inisiasi seorang pecinta layang-layang sejak tahun 1985, Endang W. Puspoyo. Museum layang-layang didirikan dengan tujuan agar kearifan lokal dari Indonesia ini tidak punah diterjang zaman.

  • Jam operasional : Setiap hari, 09.00 s.d. 16.00 WIB (tutup saat Hari Libur Nasional)
  • Alamat : Jalan H Kamang no 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan
  • Cara ke sana : Naik angkutan umum ke Pondok Labu seperti angkot D02 dari Ciputat, angkot KWK S03 dari Kebayoran Lama, angkot S01 dari Blok M menuju museum ini.

48. Grand Indonesia

wikimedia.org

Grand Indonesia merupakan salah satu pusat perbelanjaan di jantung kota Jakarta. Mal ini berada persis di depan patung selamat datang Bundaran HI, Jakarta. Tak heran jika Grand Indonesia menjadi salah satu jajaran pusat perbelanjaan di Jakarta.

Grand Indonesia memiliki berbagai gerai mulai dari fashion hingga kuliner. Beberapa gerai luar negeri pun bisa kamu dapatkkan di sini. Grand Indonesia terbagi dua bagian. Mal bagian Timur dan Mal bagian Barat. Terlebih salah satu keunikannya kedua bagian ini dihubungkan dengan sebuah jembatan gantung atau Skybridge.

Boleh jadi Grand Indonesia merupakan sebuah tempat yang dijadikan tempat nongkrong anak muda paling bergengsi di Jakarta.

  • Jam operasional : Setiap hari, 10.00 s.d. 22.00 WIB
  • Alamat : Jalan M.H.Thamrin No 1 Menteng, Jakarta Pusat
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Sudirman. Setelah itu, kamu bisa sambung lagi menggunakan Metromini S 640 atau Kopaja P 19 dan turun di depan GI. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta ke Halte Tosari. Kemudian bisa dilanjut dengan naik metromini, kopaja, atau ojek online menuju GI.

49. Mal Taman Anggrek

flickr.com

Meskipun letaknya berada di pinggir jalan tol, Mal Taman Anggrek termasuk dalam jajaran pusat perbelanjaan paling bergengsi di Jakarta Barat. Mal yang mulai beroperasi pada tahun 1996 ini disebut-sebut sebagai salah satu pusat perbelanjaan yang pernah menyandang predikat Mal terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa departemen store dari dalam dan luar negeri menjadikan Mal Taman Anggrek sebagai pusat mode di Jakarta Barat. Terlebih Mal Taman Anggrek juga dikelilingi oleh pemukiman Apartemen yang dihuni oleh warga Jakarta kalangan menengah atas.Mal Taman Anggrek berada di Jalan S. Parman, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Mal ini juga dekat dengan Universitas Trisakti di Jakarta serta dekat dengan beberapa Rumah Sakit umum Nasional seperti Rumah Sakit Jantung Harapan Kita.

  • Jam operasional : Setiap hari, 10.00 s.d. 22.00 WIB
  • Alamat : Jl. Letjen. S. Parman Kav. 21, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Kebayoran. Setelah sampai, kamu bisa lanjut menggunakan ojek online menuju Mal Taman Anggrek. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Tomang. Setelah sampai, cukup berjalan kakai sebentar menuju Mal Taman Anggrek.

50. Taman Kalijodo

taman kalijodo
shutterstock.com

Kalijodo, kawasan yang dahulunya dikenal sebagai kawasan prostitusi tertua di Jakarta, kini wajahnya telah berubah menjadi Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Pernah menjadi salah satu tempat prostitusi tertua di Jakarta, kini wajah Kalijodo berubah menjadi taman ramah anak dan taman bermain serta taman bagi para lansia untuk bercengkerama.

Kalijodo sekarang dengan seluas 1,4 hektar ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain taman, monumen, lintasan jogging, lintasan sepeda, skate park, amphitheater, musholah, kios, outdoor fitness, toilet, dan sound system.

Taman Kalijodo berada di wilayah Kalijodo yang masuk Jakarta Barat berada di Kelurahan Angke Kecamatan Tambora, RT 007 dan 008 di RW 010. Lalu, kawasan Kalijodo yang berada di Jakarta Utara lebih luas, berada di Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan.

  • Jam operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Alamat : Jalan Pangeran Tubagus Angke No.19, Jakarta Barat
  • Cara ke sana : Naik Trans Jakarta menuju Halte Jembatan Dua. Dari sana, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk bisa sampai ke Taman Kalijodo.

Jakarta punya segundang tempat wisata. Jangan lupa bahagia, pesan tiket pesawat murah dari Jakarta dengan diskon Rp 1 juta setiap harinya hanya di Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

3 thoughts on “50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *