5 Tips Makan Street Food Tanpa Khawatir Sakit Perut - Reservasi Travel Blog

5 Tips Makan Street Food Tanpa Khawatir Sakit Perut

Travel Tips158
5 Tips Makan Street Food Tanpa Khawatir Sakit Perut

Travel Blog Reservasi – Makanan pinggir jalan atau street food memang menjadi salah satu yang paling banyak diburu oleh wisatawan ataupun para backpacker ketika traveling di dalam negeri maupun di luar negeri.

Street food tidak semuanya kotor dan jorok, karena biasanya ada beberapa makanan pinggir jalan dan makanan kaki lima yang memiliki cita rasa yang sangat lezat tak berbeda dengan makanan yang disajikan di hotel atau restoran mahal.

Baca 5 Besar Jajanan Kaki Lima Favorit Dunia, Martabak Manis Indonesia Masuk dalam Daftar Lho!

Makanan pinggir jalan ataupun makanan yang disediakan oleh para pedagang kaki lima di Indonesia bukan sesuatu hal yang aneh lagi. Bahkan pelanggannya berasal dari kalangan atas, pejabat hingga artis terkenal.

Namun demikian, tetap saja kamu harus berhati-hati ketika mencicipi Street Food di luar negeri yang belum kamu pahami atau belum kamu cicipi sebelumnya.

Berikut ini adalah 5 tips makan street food tanpa khawatir sakit perut.

Tanya dulu bahan utamanya

Jangan pernah sungkan untuk bertanya tentang bahan utama yang digunakan oleh jika kamu seorang muslim yang mendatangi negara yang sulit untuk mendapatkan makanan halal nya.

Pastikan untuk bertanya dengan cara yang sopan. Pedagang tidak akan keberatan untuk menginformasikan kandungan makanan yang dijualnya agar para pelanggannya pun bisa merasa aman dan nyaman.

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi di Smartphone untuk mencari street food yang aman. Karena kamu sudah bisa mengetahui mana makanan yang halal dan makanan non halal, serta makanan yang memiliki bahan-bahan yang bisa jadi kamu alergi terhadap nya.

Pastikan dimasak hingga matang

Salah satu prinsip yang paling mudah agar kamu tidak sakit perut adalah pastikan bahwa makanannya diolah atau dimasak dengan matang.

Beberapa makanan yang bisa membuat kamu sakit perut umumnya memang dalam kondisi yang kurang matang atau dikonsumsi secara mentah.

Cara mengonsumsi makanan tanpa dimasak memang sangat berisiko kecuali jika kamu sudah terbiasa seperti menikmati sashimi atau sushi.

Hindari es batu dari air mentah

Selain yang sudah pasti ditemukan di pedagang kaki lima di Indonesia adalah saat membeli minuman dingin atau minuman segar dengan menggunakan es batu.

Agak sulit untuk membedakan mana pedagang yang menggunakan es batu dari air matang atau es batu yang dari air mentah jika esnya sudah tercampur dengan sirup atau susu.

Jika kamu merasa tidak yakin dengan es batu yang digunakan, sebaiknya tidak perlu menggunakan es batu dan cukup dinikmati dalam kondisi seadanya.

Pahami perut kamu sendiri

Kadang-kadang beberapa orang tidak memahami kondisi perutnya Apakah tahan terhadap makanan pedas ataupun makanan yang mengandung bahan-bahan tertentu.

Sebelum berangkat ke luar negeri, minimal kamu sudah mengetahui apakah kamu alergi terhadap makanan tertentu atau tidak terutama jika alergi terhadap seafood.

Jika kamu memang alergi terhadap makanan laut pastikan untuk membawa obat sebagai pendidikannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hati-hati keracunan makanan

Beberapa orang biasanya mengalami keracunan makanan karena melebihi batas yang bisa ditanggung oleh perutnya seperti makan makanan yang terlalu pedas sehingga membuat sakit perut dan masuk rumah sakit.

Untuk menghindari hal tersebut banyak-banyaklah mencari informasi atau melakukan riset kecil-kecilan sebelum menikmati makanan yang memang sudah terkenal ekstrem sebelumnya.

Jangan sampai jalan-jalan kamu keluar negeri jadi berantakan gara-gara harus masuk rumah sakit karena salah memilih makanan. Pastikan makanan yang kamu konsumsi aman untuk perut kamu sendiri.

Baca 8 Jajanan Kaki Lima Khas Taiwan yang Bikin Ketagihan

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *