5 Persiapan Pengemudi Sebelum Mudik Lebaran - Reservasi Travel Blog

5 Persiapan Pengemudi Sebelum Mudik Lebaran

Travel Tips127
5 Persiapan Pengemudi Sebelum Mudik Lebaran shutterstock

Travel Blog Reservasi – Lebaran tinggal menghitung hari dan mudik menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilewatkan oleh mereka yang merantau dari kampung halaman. Agar mudik menjadi aman dan lancar ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pengemudi jika memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Menggunakan kendaraan pribadi memang sangat fleksibel serta membantu mobilitas selama lebaran. Namun sebaiknya pengemudi juga menyiapkan fisik dan kondisinya agar bisa tetap Prima dengan menjaga stamina tubuh sehingga bisa mengemudi penuh dengan konsentrasi dan selamat sampai dengan tujuan.

Baca Mudik ke Jawa Timur, Kunjungi 8 Destinasi Wisata Religi Ini

Beberapa tips nerikut ini merupakan persiapan pengemudi sebelum mudik lebaran yang perlu dilakukan agar bisa menjaga kondisi fisik tetap prima selama menjadi pengemudi kendaraan.

Siapkan kondisi fisik dengan olahraga

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan Adalah dengan berolahraga. Meskipun dalam kondisi berpuasa ada baiknya untuk menyiapkan kondisi fisik dengan olahraga ringan atau bisa juga melakukan olahraga Setelah berbuka puasa.

Olahraga membantu ketahanan dan kesehatan tubuh sehingga pengemudi tidak akan cepat lelah serta membantu menjaga konsentrasi selama mengemudi.

Olahraga juga membantu stamina berkendara apalagi jika menempuh perjalanan yang cukup panjang lebih dari 6 jam. Dengan berolahraga artinya menyiapkan kondisi fisik dengan sebaik-baiknya agar perjalanan menjadi lancar dan tidak mengalami hambatan seperti masuk angin di jalan.

Minum vitamin

Selain menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga pengemudi juga perlu menyiapkan kondisi fisik dengan mengonsumsi vitamin serta makanan yang bernutrisi tinggi.

Menjaga kesehatan tubuh tidak hanya cukup dengan berolahraga saja tetapi juga harus ditunjang dengan makanan yang seimbang.

Selain itu perlu juga menghindari beberapa makanan yang memberikan Efek rasa kantuk yang lebih cepat pada saat mengemudi.

Jika berangkat pada malam hari atau pada pagi hari usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat tidak terlalu banyak karena biasanya jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat cenderung akan membuat semakin ngantuk.

persiapan pengemudi sebelum mudik
shutterstock

Jaga cairan tubuh agar tidak dehidrasi

Mengemudi ketika dalam kondisi berpuasa memang menjadi salah satu tantangan serta ujian yang harus dilewati dengan penuh kesabaran terlebih lagi jika menghadapi situasi lalu lintas yang macet.

Untuk itulah pengemudi perlu menyiapkan diri dengan menjaga cairan tubuhnya agar tidak cepat mengalami dehidrasi selama berkendara. Caranya adalah dengan banyak mengonsumsi air putih pada malam hari sampai dengan menjelang sahur. Pastikan minimal minum 8 gelas air selama waktu berbuka sampai dengan menjelang sahur.

Pahami posisi mengemudi yang benar

Posisi mengemudi juga sangat menentukan konsentrasi dan juga ketahanan tubuh. Jika posisi mengemudi kurang tepat justru akan membuat badan serta punggung cepat lelah.

Posisi pengemudi yang baik adalah duduk tegak namun tetap nyaman serta mengatur ketinggian tempat duduk agar bisa menjangkau pedal gas maupun pedal rem dengan mudah tanpa hambatan.

Selain itu jarak antara tangan dengan kemudi juga jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Cara mengukur jarak yang paling tepat adalah duduk bersandar pada kursi dan julurkan lengan hingga menyentuh bagian atas speedometer.

Jika belum bisa menyentuh speedometer artinya posisi duduk harus diatur lebih maju namun jika terlalu masuk ke dalam posisi duduk pun harus diatur sedikit lebih mundur agar ujung jari jari bisa menempel pada topi speedometer.

Bawa obat pribadi

Salah satu yang juga sangat penting adalah merupakan riwayat kesehatan pengemudi. Jangan sampai pengemudi berkendara dalam kondisi yang kurang sehat sehingga bisa terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pastikan untuk membawa obat-obatan pribadi untuk mengantisipasi keadaan darurat. Selain itu agar tidak terlalu lelah ketika mudik lebaran usahakan untuk memiliki sopir cadangan. Dengan begitu perjalanan mudik lebaran bisa ditempuh dengan cara mengemudi bergantian.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *