10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2016 Versi Travel Blog Reservasi

10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2016 Versi Travel Blog Reservasi

Travel News11.2K
10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2016 Versi Travel Blog Reservasi

6. Travel Blogger pergidulu.com (Adam Poskitt dan Susan Natalia)

adamsusan
Pergidulu.com

Adam dan Susan, mungkin kedua nama ini sudah tak asing lagi di telinga kamu. Adam dan Susan adalah sepasang suami istri yang juga merupakan traveler dan telah mengunjungi banyak destinasi di dunia. Adam adalah seorang warga negara Australia sementara Susan adalah mojang asli Bandung, Jawa Barat.

Pemilik blog pergidulu.com ini sudah pernah menyambangi 25 negara dan memiliki sekitar 24 ribu followers di Instagram. Tak hanya populer di Instagram, pergidulu.com juga menduduki peringkat di atas rata-rata Top Sites in Indonesia menurut Alexa.com.

Pemilihan nama pergidulu.com diawali oleh ketidaksengajaan Susan yang saat itu sedang mengajari sang suami Adam untuk berpamitan terlebih dahulu sebelum berpergian kepada almarhum ayahnya. Pada awalnya, menurut Susan, kata “pergi dulu” sedikit aneh, namun lama kelamaan kata tersebut menjadi berkesan untuk mereka berdua.

Jika berbicara tentang sepasang suami istri yang berlibur berdua pasti yang terbayangkan di benak sebagian besar orang adalah sisi romantisismenya. Nah, tak terkecuali bagi Adam dan Susan. Berbekal moto ‘You must travel with the one you love’, mereka sepertinya sengaja mendedikasikan hidupnya untuk berkeliling dunia dan menikmati keindahan dunia berdua tanpa harus memiliki sebuah rumah dan pekerjaan tetap.

Dengan konsep backpackneymoon, yang terinspirasi dari honeymoon ala backpacking, mereka mencoba mengulas berbagai tempat yang ada di dunia yang pernah mereka kunjungi ke dalam blog pergidulu.com.

Salah satu keistimewaan yang dimiliki pergidulu.com adalah mereka berdua mencoba mengulas konsep ala honeymoon namun dengan backpack yang lengkap mulai dari tempat wisatanya, tempat oleh-olehnya, hingga kuliner terbaik di daerah tersebut. Bahkan, di pergidulu.com ada paduan wisata lengkap mulai dari Bandung, Garut, Cipanas, Cirebon hingga Chiang Mai.

7. Travel Blogger efenerr.com (Farchan Noor Rachman)

travel blogger indonesia terbaik 2016 versi travel blog reservasi
Instagram efenerr.com

Berprofesi sebagai seorang pegawai negeri sipil yang membidangi urusan pajak, tak lantas menjadi sebuah hambatan bagi pria berkacamata ini untuk menulis cerita perjalananya dalam sebuah travel blog. Ia kerap meluangkan waktu demi traveling dalam negeri dan luar negeri. Tulisannya sangat khas dengan ulasan yang mendalam.

Bak membaca sebuah ensiklopedia, ada saja pengetahuan yang bisa kita dapatkan saat membaca cerita perjalanan pria yang kerap diundang sebagai narasumber ini. Farchan bahkan tak pernah kehabisan akal untuk mengundang senyum dan decak kagum lewat timeline Facebooknya. Hampir setiap pagi, ia selalu membagikan #OOTD khas kaum urban yang kerap menggunakan Commuter Line sebagai salah satu sarana transportasi kerja.

Tak jarang, ia juga mengungkapkan kegundahannya dengan cerdas dan mengundang diskusi positif nan mencerahkan. Ia menolak tegas untuk memberitakan dan membagikan berita-berita negatif yang melemahkan jiwa dan pikiran.

Farchan terkadang menyisipkan petuah bahkan falsafah hidup dalam tulisan-tulisannya yang mengalir dan enak dibaca. Tak jarang pembaca blognya merasa tercerahkan setelah membaca tulisannya. Salah satu contohnya adalah Batik Banyumasan Sokaraja yang merupakan salah satu batik anti-mainstream yang ada di Jawa Tengah.

Dalam tulisannya, Farchan mengungkapkan bahwa batik Banyumasan memiliki sejarah cukup panjang yang memiliki benang merah dengan perjuangan Pangeran Diponegoro. Sudut pandang yang berbeda yang disajikan oleh Farchan sangat jarang dimiliki oleh seorang travel blogger di Indonesia. Farchan memang seorang kolektor batik. Bahkan dalam beberapa foto #OOTD Farchan begitu bangga mengenakan batik ke mana pun ia pergi tak terkecuali saat ke kantor.

Tak hanya menulis di blog, tulisan-tulisannya juga cukup banyak yang dimuat di berbagai media cetak. Dengan cara yang unik, ia pun merayakan hari pernikahannya dengan traveling ke Jepang. Pria ini juga cukup aktif di salah satu group traveling di Facebook. Tak selalu memikirkan SEO dan ranking, blognya tetap terawat dan terjaga hingga selalu masuk dalam urutan tertinggi dari daftar travel blog Indonesia dalam Alexa Rank.

8. Travel Blogger whateverbackpacker.com (Adis Takdos)

travel blogger indonesia terbaik 2016 versi travel blog reservasi
whateverbackpacker.com

Traveler yang menyebut dirinya sebagai backpacker gembel ini mulai dikenal lewat blog dan buku travel comedy-nya yang kocak dan nyeleneh. Tak jarang, Adis diundang ke berbagai acara talkshow off air maupun on air. Pada Maret 2011, Adis atau yang akrab disapa Takdos ini sudah memulai menuliskan ceritanya ke dalam blognya yang diberi judul “Whatever I’m Backpacker”.

Adis sudah cukup dikenal dengan ciri khas gaya menulisnya yang berbeda dari para travel blogger lainnya. Bagaimana tidak? Penulis sekaligus traveler yang satu ini sering menghibur para pembacanya dengan gaya penulisannya yang sedikit ngaco, kocak, dan nyeleneh. Meskipun demikian, Adis tetap bisa memberikan informasi yang menarik untuk para pengunjung atau pembaca yang berkunjung ke blog miliknya.

Pria kelahiran 1990-an yang berdomisili di Bandung ini banyak bercerita tentang pengalaman backpacking keliling dunia yang bisa kamu lihat dan baca di www.whateverbackpacker.com. Kamu tahu apa yang membedakan Adis dengan travel blogger lainnya? Di sini, Adis akan menceritakan semua perjalanan keliling dunia yang sudah ia lakukan dengan bujet yang sangat minim alias sangat murah dan di situlah letak keseruannya dimulai.

Tak heran kalau blog Adis memiliki rating yang cukup besar dan menduduki peringkat ke 8,485 di Alexa.com yang kemudian menjadikannya sebagai top rank sites di Indonesia. Oh iya, Adis juga belakangan ini sempat mengumumkan suatu hal menarik yang akan dilakukannya yang diberi nama #WhateverEuro.

Yap! Adis akan mengajak kamu mengikuti jejaknya keliling Eropa ke 29 negara dengan budget yang bakalan bikin kamu terkaget-kaget! Perjalanan yang akan berlangsung selama 58 hari ini akan dimulai dari tanggal 17 Januari 2017 sampai Maret 2017 dan Adis hanya akan mengeluarkan bujet Rp 6.750.000. Wow banget kan?!

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti trip bersama Adis? Jangan lupa untuk mampir ke www.whateverbackpacker.com untuk mendapatkan inspirasi dari perjalannya.

9. Travel Blogger catperku.com (Rijal Fahmi Mohamadi)

travel blogger indonesia terbaik 2016 versi travel blog reservasi
Instagram catperku.com

Blog travel populer ini dinakhodai oleh Rijal Fahmi Mohamadi. Isi blog catperku.com sangat lengkap. Tidak hanya tersedia informasi tentang destinasi wisata dalam dan luar negeri, namun juga ada informasi berharga lainnya. Misalnya, informasi tentang cara mengurus mendapatkan working holiday visa, contoh itinerary, dan sebagainya.

Navigasi di blog catperku.com juga sangat rapi dan lengkap. Pembaca sangat dimudahkan ketika ingin mencari sebuah artikel yang sesuai dengan kebutuhannya. Semua artikel dipilah berdasarkan lokasinya (Indonesia atau luar negeri), bentuk aktivitas (adventure, backpacking, motor touring, dan sebagainya.), jenis daerahnya (gunung, hutan, air terjun, konser, dan lain-lain.), tips-tips, ulasan kuliner dan masih banyak lagi.

Semuanya itu ditulisnya dengan berdasarkan pada pengalaman dirinya sendiri sehingga informasinya tentu saja terpercaya. Sesuai dengan nama blog catperku.com yang merupakan akronim dari “Catatan Perjalananku”. Pulau Jawa, Bali, NTB, NTT, Maluku, Kalimantan dan Sulawesi merupakan sejumlah daerah di Indonesia yang pernah disambanginya.

Sementara untuk destinasi luar negeri, negara yang pernah dikunjungi Fahmi di antaranya adalah Jepang, Brunei, Macau, Filipina, Malaysia, Singapura dan Australia. Fahmi sendiri tidak memiliki latar belakang penulis. Lulusan teknik elektro ini sempat bekerja sebagai programmer. Namun belakangan dia malah ketagihan dengan dunia tulis menulis dan blogging yang dimulainya sejak tahun 2010.

Penggemar berat budaya Jepang dan Doraemon ini sekarang sedang menetap di Sydney – Australia menggunakan working holiday visa-nya. Jadi tak heran jika akhir-akhir ini posting blog catperku.com kebanyakan diisi oleh pengalamannya di Australia. Baik pengalaman traveling, pengalaman mencari kerja, maupun pengalamannya dengan pajak di Australia. Sebelumnya Fahmi juga pernah tinggal di Bali selama 2 tahun, Bandung dan Jakarta.

10. Travel Blogger travelerien.com (Katerina S.)

travel blogger indonesia terbaik 2016 versi travel blog reservasi
Instagram Travelerien.com

Ciri khas Travelerien.com adalah tutur bahasanya yang sederhana, mudah dimengerti, serta memiliki gaya penulisan yang cukup rapi. Tulisannya cukup deskriptif dan naratif. Bahkan, beberapa artikel yang ada di sana terasa seperti catatan harian jika dibaca. Katerina melengkapi setiap artikelnya dengan banyak foto, baik dari hasil jepretannya sendiri maupun hasil jepretan teman traveling-nya.

Foto-fotonya pun menampilkan kesan yang menyenangkan dan kadarnya seimbang, tidak terlalu banyak selfie, tetapi juga tidak hanya sebatas pemandangan alam atau benda mati saja. Justru, Katerina sepertinya lebih senang berbagi foto-foto yang menunjukkan keceriaan teman-temannya atau kehebohan rombongannya saat traveling bersama.

Selain nge-blog, keseharian Katerina diisi dengan kesibukannya sebagai ibu rumah tangga. Dengan gaya bahasa khas dan profil Katerina sendiri, tak heran jika mayoritas pembaca blog Travelerien.com didominasi oleh kaum perempuan. Katerina sendiri saat ini berdomisili di BSD – Tangerang Selatan.

Katerina mulai terjun ke dunia blog sejak tahun 2008 tanpa adanya latar belakang jurnalistik, linguistik, dan sebagainya. Semuanya murni karena ia memiliki hobi menulis. Awalnya, ia menulis tanpa memperhatikan kaidah penulisan yang baik. Namun, seiring berjalannya waktu, Katerina terus belajar dengan mengikuti berbagai workshop menulis dan juga blogging.

Travelerien.com termasuk blog travel yang fokus pada destinasi wisata dalam negeri. Daerah favorit Katerina sendiri adalah Lampung. Bahkan, tahun ini saja, ia sudah 5 kali ke Lampung. Menurut Katerina, Indonesia terlalu indah untuk dinomorduakan dan tempat-tempat wisatanya tidak pernah habis untuk dikunjungi. Dari ujung barat sampai ujung timur, semua memesona.

“Sayang tidak semua orang berpikir sama. Tapi bisa jadi karena ketidaktahuan. Nah, lewat tulisan/blog/foto lah saya membantu memberitahu. Walaupun yang saya tahu baru secuil, maklum kemana-mana biaya sendiri, dananya terbatas, yang didatangi masih sedikit,” ujar Katerina kepada Reservasi.com.

Jadi, jika kalian ingin mencari referensi traveling ke berbagai daerah di Indonesia khususnya Lampung, langsung saja mampir ke blog Travelerien.com, ya!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

58 thoughts on “10 Travel Blogger Indonesia Terbaik 2016 Versi Travel Blog Reservasi

  1. Baca ini di 2018 dan sedih karena mas cumi lebay uda berpulang. Padahal emang beliau sangat beda dan keren bgt menampilkan cerita perjalanannya di blog

  2. Just one info: do not go to Turi Beach resort in Batam: they will make many debits on your payment credit card for your resort stay; watch out; bad and slow service

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *