10 Tips Aman Melewati Pemeriksaan di Bandara - Reservasi Travel Blog

10 Tips Aman Melewati Pemeriksaan di Bandara

Travel Tips2.9K
10 Tips Aman Melewati Pemeriksaan di Bandara shutterstock

Travel Blog Reservasi – Semua orang yang hendak masuk ke Bandara harus melewati pemeriksaan metal detector tak terkecuali pilot pesawat maupun pramugari. Apalagi kamu sebagai penumpang yang hendak menggunakan jasa pesawat terbang.

Nah, agar pemeriksaan di Bandara tidak terkendala saat berada di pemeriksaan metal detector ada beberapa tips mudah yang harus kamu terapkan. Kebiasaan kecil ini justru akan memudahkan kamu saat traveling ke luar negeri dengan pemeriksaan yang lebih ketat.

Baca 10 Hal Aneh yang Bisa Bikin kamu Masuk Penjara saat di Luar Negeri

1. Pilih Jalur Antrean Paling Cepat

Hindari jalur antrean yang sudah cukup panjang, biasanya ada beberapa jalur antrean pemerksaan. Pastikan di depan kamu bukan anak-anak atau orang tua yang umumnya lebih lama melewati pintu pemeriksaan.

2. Lepas Ikat Pinggang

Lepaskan ikat pinggang sesaat sebelum memasuki jalur antrean. Pastikan juga kamu menyimpannya dalam tas kecil atau tas yang dibawa ke dalam kabin agar setelah selesai dilakukan pemeriksaan bisa kamu langsung gunakan kembali.

pemeriksaan di bandara
shutterstock

3. Lepas Perhiasaan Berbahan Logam

Ada beberapa perhiasan yang juga menggunakan bahan-bahan logam. Sebaiknya memang tidak perlu menggunakan perhiasan saat akan masuk pesawat. Tempatkan perhiasan di sebuah kotak kecil untuk dibawa bersama tas ke dalam kabin pesawat.

4. Lepas Aksesoris Tubuh Berbahan Logam

Bagi pria biasanya suka sekali menggunakan aksesoris tubuh berbahan logam seperti kalung atau rantai dompet. Agar pemeriksaan lebih mudah dan tidak tertahan lama saat pemeriksaan. Lepaskan semua aksesoris tersebut sebelum masuk jalur antrean agar tidak mengganggu orang lain yang terburu-buru.

Baca Larangan Bawa Laptop ke Kabin Pesawat Itu Hoax, Ini Penjelasannya

5. Lepaskan Jaket Saat Melewati Pintu Pemeriksaan

Beberapa jaket memiliki ritsleting berbahan logam anti karat. Agar tidak tertahan saat pemeriksaan baiknya lepaskan dulu jaket kamu saat melewati pintu pemeriksaan metal detector. Satukan dengan tas untuk dimasukkan ke dalam x-ray tas yang dibawa ke dalam kabin.

6. Gunakan Tas Kecil untuk Menyimpan Paspor dan Smartphone

Agar lebih mudah dan lebih cepat, masukkan semua aksesoris, paspor, boarding pass atau tiket pesawat ke dalam sebuah tas kecil yang lebih mudah untuk kamu masukkan ke dalam mesin x-ray.

Saat melewati pintu pemeriksaan kamu wajib streril atau bersih dari benda-benda berbahan logam. Terlebih jika sepatu kamu memiliki bahan logam, pastikan kamu bisa melepas dan menggunakan kembali dengan mudah.

7. Jangan Bawa Benda Terlarang ke dalam Kabin

Jangan sampai pisau dapur atau gunting favorit kamu disita saat memasuki pintu pemeriksaan. Barang-barang terlarang di dalam kabin pesawat ini bisa kamu tempatkan dengan rapi di dalam koper untuk dimasukkan ke dalam bagasi pesawat.

Baca Tip Lolos Pemeriksaan Batas Cairan di Kabin Pesawat

pemeriksaan di bandara
shutterstock

8. Manfaatkan Baki atau Nampan yang disediakan

Jika tidak membawa tas kecil, kamu bisa menggunakan baki yang disediakan petugas. Tempatkan semua barang-barang kamu dalam satu baki atau nampan agar tidak tertukar dengan barang-barang milik orang lain.

Pastikan juga kamu tetap mengawasi baki yang kamu gunakan. Sangan sampai lalai sehingga ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi tersebut.

Baca Cara Naik Pesawat untuk yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

9. Masukan Tas lebih Dahulu sebelum Melewati Walktrough

Buat yang pertama kali naik pesawat terbang, langkah ini mungkin terkesan sepele namun pastikan kamu memasukkan barang-barang kamu terlebih dahulu ke dalam mesin pemeriksaan x-ray kemudian kamu melewati gawang pemeriksaan metal detector sembari memerhatikan barang-barang kamu sudah melewati pemeriksaan dengan aman.

10. Jangan mengeluarkan lelucon apapun saat pemeriksaan

Peraturan ketat pemeriksaan harus kamu jalani dengan serius dan jangan melontaknan lelucon-lelucon yang terlarang seperti mengatakan bahwa di dalam tas kamu ada bom.

Lelucon seperti itu akan ditanggapi serius oleh petugas pemeriksaan di bandara. Jadi, mereka dilindungi oleh payung hukum yang jelas untuk menindak orang-orang yang bercanda dan melontarkan lelucon yang tidak relevan saat melewati pemeriksaan barang dan orang.

Baca Bandara, Pesawat, dan Tiket Murah ke Bali

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *