10 Pesona Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi - Reservasi Travel Blog

10 Pesona Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Travel Destinations721
10 Pesona Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

Travel Blog Reservasi – Jawa Tengah memiliki beberapa wilayah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jawa Tengah memiliki daerah administratif yang terbagi ke dalam enam kota dan 29 kabupaten. Jawa Tengah merupakan salah satu tujuan wisata yang paling menarik di Jawa. Lupakan sejenak tujuan wisata, betapa beragamnya bahasa di Jawa Tengah sampai memiliki dialek hingga sembilan dialek bahasa Jawa. Yang paling mudah dikenali adalah dialek Banyumasan yang ngapak-ngapak.

Kali ini Travel Blog Reservasi akan mengulas 10 pesona Jawa Tengah yang wajib kalian kunjungi ketika traveling ke Jawa Tengah.

Bukit Sikunir Dieng

Mungkin beberapa diantara kalian belum familiar dengan bukit Sikunir. Bukit ini terletak di desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari puncak bukit sikunir inilah kalian bisa melihat golden sunrise yang indah dan delapan jajaran gunung yang keren dari puncak bukit Sikunir. Memang tidak mudah untuk mencapai bukit Sikunir. Butuh stamina dan fisik yang kuat untuk mencapai puncak bukit ini.

Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang yang terletak di kecamatan Batur, kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini memang sangat eksotis. Warga sekitar bahkan memiliki mitos yang sangat menarik di sini tentang keturunan rambut gimbal. Kawah Sikidang memiliki kolam lumpur dengan diameter sekitar empat meter. Asap putih menyembul dari kawah Sikidang bak putri raja yang sedang menari-nari. Namun, untuk keselamatan jiwa, kalian tidak bisa berlama-lama di sini karena kandungan gas beracun amat membahayakan manusia jika terhirup berlebihan.  

New Selo Boyolali

New Selo Boyolali menjadi tempat yang menarik karena berada diantara gunung Merapi dan gunung Merbabu. Dari sinilah kalian bisa menikmati keindahan kedua gunung yang populer di Jawa Tengah. Jangan lupa mampir ke sisi utara New Selo, karena di sana sudah ada menara pandang yang langsung menyuguhkan keindahan gunung Merbabu. Jika cuaca cerah, kalian juga bisa menikmati keindahan gunung Sumbing dan gunung Sindoro di sebelah barat.

Merapi Merbabu

Merapi Merbabu bak seperti saudara kembar karena letaknya yang bersebelahan. Lokasi yang paling tepat untuk menikmati keduanya bersamaan adalah dari Selo, Boyolali. Namun demikian, kalian juga bisa menyaksikan keperkasaan Merapi Merbabu dari Ketep Pass di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Disinilah spot yang paling populer untuk melihat gagahnya Merapi dari sudut yang paling cocok untuk foto landscape.

Candi Borobudur

Foto kiriman Caro (@carobllr) pada

Borobudur merupakan salah satu ikon Indonesia yang sangat universal. Bangunan yang memiliki 2,672 relief dan 504 patung Budha ini menjadi salah satu keajaiban dunia yang dikenal sepanjang masa sebagai Candi Budha terbesar di dunia.

Candi Mendut

Foto kiriman dan / brubaker (@d240i) pada

Tidak jauh dari Candi Borobudur, ada sebuah Candi yang juga memiliki nilai historis yang sangat panjang. Candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke sembilan ini merupakan candi Buddha yang terletak di Desa Mendut, Magelang, Jawa Tengah. Tidak sebesar Candi Borobudur, namun pada saat hari besar Waisak, umat Buddha pun menjadikannya sebagai salah satu tempat ritual ibadah.

Menara Kudus

Foto kiriman Yudi Mahas (@yudimahas) pada

Manara Masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus ini memang menjadi salah satu ikon populer di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Menara ini menjadi sangat unik karena berbeda dengan arsitektur menara masjid lainnya. Jika diperhatikan secara seksama, menara ini seperti bangunan sebuah Candi. Inilah bukti perpaduan budaya pada zaman penyebaran agama Islam yang dipimpin para Wali.

Gerbang Kudus

Foto kiriman Rizki Pradipta Utama (@rizki_gotex) pada

Selain dikenal karena ikon menara masjid Kudus, ada satu lagi landmark yang tak bisa dilewatkan. Gerbang Kudus Kota Kretek merpakan salah satu monumen khas yang mencitrakan Kudus sebagai kota penghasil rokok kretek. Gerbang yang dibangun dengan menelan dana hampir Rp. 16 miliar ini kini menjadi salah satu ikon menarik di Kudus, Jawa Tengah.

Pantai Bandengan, Jepara

Pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari Kebupaten Jepara ini selalu ramai dipadati pengunjung. Pantai ini memilki ombak yang tenang dan bibir pantai yang landai. Di Pantai Bandengan ini kalian bisa mencoba berbagai wahana air seperti banana boat, jet ski, kano hingga ATV di sekitar bibir pantai.  

Pulau Panjang Jepara

Foto kiriman Iecus Kyana (@iecuskyana) pada

Jepara selain memiliki Karimunjawa juga memiliki pulau yang indah, Pulau Panjang. Pulau yang terletak di kelurahan Ujung Batu ini termasuk pulau yang jarang dikunjungi oleh orang sehingga memiliki lingkungan yang masih perawan. Akses menuju Pulau Panjang bisa dari pantai Kartini yang jaraknya hanya 2,5 km dengan waktu tempuh sekitar 10 menit saja. Khas pulau di pesisir pantai utara menyajikan pasir putih yang menawan dan bibir pantai yang landai sehingga aman untuk berenang karena ombak pantai utara pun lebih tenang.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

2 thoughts on “10 Pesona Jawa Tengah yang Wajib Kamu Kunjungi

  1. Beberapa lokasi udah aku kunjungi,,, lokasinya memang keren. cocok untuk traveller yang akan berkunjung ke lokasi-lokasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *