10 Spot Wisata di Kalimantan, Nggak Kalah Cantik Sama Derawan! - Reservasi Travel Blog

10 Spot Wisata di Kalimantan, Nggak Kalah Cantik Sama Derawan!

Travel Destinations156
10 Spot Wisata di Kalimantan, Nggak Kalah Cantik Sama Derawan! Rafal-Cichawa/shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kalau ditanya soal wisata cantik di Kalimantan, kebanyakan orang cuma tahu Pulau Derawan. Jangan salah, pulau terbesar kedua di Indonesia ini menyimpan banyak sekali destinasi seru buat liburan. Penasaran ada di mana saja? Nih, simak 10 rangkuman tempat wisata di Kalimantan versi Reservasi.com!

Baca Rumah di “Film Up” Ternyata Ada di Kalimantan

Kampung Dayak Meratus, Kalimantan Selatan

Mari kita mulai dari bagian selatan Kalimantan. Di sini ada Kampung Dayak Meratus di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Suku Dayak merupakan penduduk asli Kalimantan yang terkenal dengan kearifan lokal dan budayanya.

Nah, di Kampung Dayak Meratus ini kamu bisa merasakan tinggal bareng mereka di rumah-rumah penduduk. Ikut melakukan aktivitas sehari-hari serta menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Pulau Kembang, Kalimantan Selatan

Pernah mendengar spesies kera ekor panjang? Nah, di Pulau Kembang inilah rumah mereka. Warga Tionghoa di sekitar hutan wisata Pulau Kembang melestarikan habitat kera ekor panjang sejak dulu kala.

Bahkan spesies kera ini dikeramatkan oleh mereka, dengan dibuatkan sebuah altar berbentuk patung kera di tengah hutan. Pulau Kembang terletak di Kabupaten Barito Kuala, bisa dijangkau dengan kapal motor melewati Sungai Barito.

Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan

Pernah melihat iklan lawas salah satu stasiun TV swasta yang memunculkan pasar apung? Kamu bisa mengunjunginya di Muara Kuin, Kalimantan Selatan. Di sini juga tersedia spot kulineran unik yang berlokasi di atas kapal terapung. Tertarik mampir?

wisata di Kalimantan
shutterstock

Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Hutan-hutan di Kalimantan memang dikenal sebagai rumahnya satwa primata asli Indonesia. Sayang, eksploitasi yang makin parah terjadi bikin sebagian orang utan kehilangan habitatnya.

Nah, di Taman Nasional Tanjung Puting ini kamu bisa bertemu langsung dengan spesies orang utan terlindungi. Tempat ini disulap menjadi lahan konservasi yang nyaman bagi para primata.

Danau Sentarum, Kalimantan Tengah

Belum ke Kalimantan Tengah kalau nggak mengunjungi langsung Danau Sentarum. Nggak seperti danau pada umumnya, Danau ini punya dua wujud berbeda tergantung musim. Bagaimana bisa?

Jika kamu berkunjung di musim penghujan, yang terlihat dari danau ini adalah perairan biasa. Tapi di musim kemarau, muncul pepohonan dan padang rumput dengan kubangan air di sekitarnya. Unik kan? Nggak heran Danau Sentarum disebut sebagai danau musiman.

Bukit Kelam, Kalimantan Barat

Pernah melihat Ayers Rock di Australia? Bukit yang berwujud batu monolit terbesar di benua kanguru. Nah, Kalimantan Barat juga punya lho! Namanya Bukit Kelam yang terletak di kawasan Sintang.

Bukit Kelam juga berupa batu monolit dengan ukuran yang jauh lebih besar dari Ayers Rock. Tingginya mencapai 900 meter dengan sudut kemiringan 15-40 derajat. Makanya tempat ini cocok banget dijadikan landasan paralayang. Berani coba?

Sungai Mahakam, Kalimantan Timur

Apa yang paling khas dari Pulau Kalimantan? Tentu saja sungai-sungai besarnya yang menjadi pusat kehidupan masyarakat setempat. Nah, kalau ingin menikmati kehidupan asli Kalimantan, naiklah kapal motor dari Samarinda yang akan membawamu menyusuri sepanjang Sungai Mahakam.

Perjalanan akan memakan waktu 2 hari, tapi kamu nggak perlu khawatir karena semua fasilitas sudah tersedia di atas kapal. Sepanjang perjalanan silakan menikmati kegiatan warga sekitar yang beraktivitas di sepanjang sungai.

wisata di Kalimantan
shutterstock

Pantai Melawai, Kalimantan Timur

Kalau kamu adalah seorang sunset seeker alias penikmat senja, jangan lewatkan Pantai Melawai yang lokasinya hanya berjarak 5 menit dari pusat kota Balikpapan. Ditempuh dengan jalan kaki pun nggak akan pegal kok!

Datanglah ke sini pada sore hari menjelang matahari terbenam. Wuih, pemandangan sunset-nya mantap abis! Ditemani semilir angin pantai, kamu bakal disuguhi pemandangan kapal-kapal yang bersandar di Pelabuhan Semayang dan lampu kilang minyak dari kejauhan.

Jembatan Tajuk, Kalimantan Timur

Masih di Kalimantan Timur nih, sempatkan juga mampir ke kawasan ekowisata Bukit Bangkirai. Di sana ada jembatan gantung yang berukuran sempit bernama Jembatan Tajuk. Pas banget buat menantang nyalimu!

Jembatan Tajuk menghubungkan 2 Pohon Bangkirai, pohon ikonik Bukit Bangkirai yang sudah berusia 150 tahun lebih. Ekowisata ini sudah dilengkapi dengan cottage, camping ground dan beberapa resto. Kayaknya cocok nih buat wisata bareng keluarga.

Pulau Beras Basah, Kalimantan Timur

Last but not least, Kalimantan Timur masih menyimpan satu lagi destinasi wisata cantik yaitu Pulau Beras Basah. Pulau ini layak mendapat julukan surga tersembunyi, karena letaknya berjarak 45 menit perjalanan laut dari
Pelabuhan Tanjung Laut, Bontang.

wisata di Kalimantan
Taufik Art/shutterstock

Dari kejauhan kamu akan disambut oleh mercusuar tinggi. Lalu semakin dekat hamparan pasir putih seperti melambai-lambai, membujukmu untuk segera turun dan bermain.

Baca Tembok Dinding China Pindah Ke Kalimantan?

Sama seperti Pantai Melawai, menikmati senja di Pulau Beras Basah akan membuaimu dengan suasana syahdu nan romantis. Boleh nih dijadikan destinasi honeymoon!

Sepuluh destinasi wisata Kalimantan di atas bikin ngiler banget kan? Yuk ah, segera rencanakan liburanmu!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *