10 Kota di Dunia dengan Transportasi Terbaik - Reservasi Travel Blog

10 Kota di Dunia dengan Transportasi Terbaik

Travel News228
10 Kota di Dunia dengan Transportasi Terbaik 2p2play / Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi –¬†Berdasarkan hasil penelitian di beberapa tempat atau kota terbaik di seluruh dunia menempatkan Hong kong sebagai salah satu kota dengan layanan transportasi terbaik di dunia.

Hong kong berhasil menjadi kota yang memiliki layanan transportasi terbaik setelah melewati berbagai penilaian yang kompleks. Penilaian tersebut diukur dari berbagai faktor salah satunya termasuk dampak lingkungan terhadap pelayanan, kehidupan sosial masyarakat, dan peningkatan ekonomi di masa depan, seperti dilansir lonelyplanet (10/11/2017).

Penilaian yang Kompleks

Yang menarik adalah penilaian tersebut cukup mendalam salah satunya mengenai fasilitas bagi para penyandang disabilitas. Penilaian tersebut bukan hanya sebatas layanan di tempat-tempat umum tapi juga di beberapa layanan transportasi yang digunakan di kota tersebut mulai dari bus Metro Station akses disabilitas untuk keluar masuk kendaraan.

liburan di hong kong 1

Penilaian-penilaian tersebut ternyata tidak cukup sampai di situ saja, masih ada beberapa indikator yang juga menjadi penilaian sebagai kota yang memiliki layanan transportasi. Misalnya seperti emisi gas rumah kaca, kepadatan, keterlambatan, usaha untuk mengurangi emisi, insentif bagi kendaraan listrik, waktu perjalanan hingga kemampuan warga untuk menjangkau transportasi publik dengan mudah.

Hong Kong Mengalahkan Kota di Eropa

Hong kong berhak ada di posisi puncak mengalahkan kota kota lain sebagai kota yang memiliki layanan transportasi publik terbaik di dunia. Kota-kota tersebut misalnya seperti Zurich, Paris dan dan Praha yang berada di posisi puncak setelah Hong kong.

Berikut adalah 10 kota di dunia memiliki transportasi terbaik:

1. Hong Kong
2. Zurich
3. Paris
4. Seoul
5. Prague
6. Vienna
7. London
8. Singapore
9. Stockholm
10. Frankfurt

liburan di hong kong
shutterstock

Sebaliknya di negara lain seperti di Amerika Utara saya mendapatkan ranking terendah misalnya seperti Indianapolis, disebabkan karena terlalu banyaknya penggunaan mobil-mobil pribadi.

Layanan transportasi memang menjadi salah satu tugas rumah kota-kota besar termasuk salah satunya di Jakarta. Kemacetan masih menjadi isu utama bagi kota metropolitan ibukota negara Indonesia ini.

Upaya mengurangi Kemacetan

Beberapa usaha pemerintah untuk memberikan layanan transportasi terbaik sudah dilakukan dengan membangun infrastruktur jalan menambah dan meremajakan kendaraan umum serta memberikan insentif salah satunya kepada transjakarta.

Sayangnya usaha tersebut tidak dibarengi dengan pembatasan kendaraan pribadi, sehingga pertumbuhan kendaraan di jalan tidak sebanding dengan pertumbuhan infrastruktur jalan itu sendiri.

Indonesia bisa bercermin dari Hong kong atau 10 negara terbaik lainnya untuk membangun layanan transportasi umum yang nyaman dan manusiawi. Salah satu yang dilakukan Singapura untuk mewujudkan layanan transportasi umum yang nyaman adalah dengan membatasi pertumbuhan mobil-mobil baru. Bahkan di Singapura ada aturan bahwa mobil hanya boleh digunakan hingga 5 tahun saja.

Masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan negara-negara maju transportasi yang nyaman dan murah. Namun itu semua dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat sebagai pengguna.

shutterstock_520488403
shutterstock

Jakarta saat ini tetap berbenah misalnya ada beberapa start up yang mengkampanyekan ride sharing. Namun semangat itu ironisnya berbenturan dengan peraturan pemerintah itu sendiri sehingga menimbulkan masalah baru dan konflik baru di tengah-tengah masyarakat.

Inovasi Berbenturan dengan Peraturan

Itulah sebabnya pemerintah dan masyarakat harus duduk bersama untuk berkolaborasi menyelesaikan permasalahan kemacetan yang merugikan dunia pariwisata.

Langkah tersebut bisa diawali dengan melakukan pembatasan lebih luas lagi seperti yang dilakukan Paris. Paris berani memperluas lingkup car free day hingga ke batas kota. Kebijakan ini justru membuat warga semakin nyaman, bahkan membuat wisatawan tertarik untuk merasakan kota super modern tanpa keberadaan kendaraan.

Jakarta dan beberapa kota besar seperti di Bandung sudah melakukan kegiatan car free day pada hari-hari misalnya saat weekend. Jika berani, lingkupnya bisa diperluas lagi. Kita bayangkan apa jadinya jika wisatawan dari luar Bandung tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan sama sekali. Akhirnya Bandung akan kembali menjadi kota wisata yang ramah terhadap pejalan kaki.

Baca artikel menarik lainnya tentang Hong Kong dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *