Yuk, Wisata Tahun Baru Imlek di Pecinan Glodok Jakarta - Reservasi Travel Blog

Yuk, Wisata Tahun Baru Imlek di Pecinan Glodok Jakarta

Travel Destinations2.7K
Yuk, Wisata Tahun Baru Imlek di Pecinan Glodok Jakarta

Travel Blog Reservasi – Wisata tahun baru Imlek di Pecinan Glodok Jakarta menjadi salah satu tempat yang sayang untuk kamu lewatkan. Kawasan Pecinan Glodok menjadi salah satu hal yang paling menarik dan atraktif dekat dengan pusat kota.

Jadi, kalau masih bingung pada saat long weekend liburan Imlek nanti hendak ke mana, beberapa tempat wisata ini bisa menjadi referensi kamu untuk liburan bersama teman atau pun keluarga. Jangan lupa untuk menyiapkan kartu non tunai jika ingin menggunakan akses Transjakarta ataupun Commuter Line.

1. Klenteng Jin De Yuan

Salah satu hal yang paling menarik untuk dikunjungi adalah kelenteng Jin De Yuan yang berlokasi di Petak Sembilan, Jakarta Barat. Kelenteng ini memiliki desain arsitektur yang sangat autentik. Bangunan tua dengan dominan berwarna merah dan juga aksesoris naga di bagian atapnya menjadi salah satu ciri khas kental bangunan asal Tiongkok.

Selain itu di bagian depan pun kamu akan disambut dengan beberapa lampion yang digantung di atas teras. Klenteng ini merupakan kelenteng tertua di wilayah Jakarta yang diperkirakan sudah berusia sekitar tiga setengah abad. Sebab klenteng ini didirikan sejak tahun 1650.

Uniknya konten ini dijadikan tempat sembahyang beberapa agama atau aliran lain seperti Konghucu Budha dan Tao. Sejak pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid, kebudayaan Tiongkok menjadi naik kelas. Ini perayaan tahun baru imlek menjadi salah satu bagian yang kerap dimeriahkan setiap tahunnya di ibukota.

2. Pantjoran Tea House

Salah satu kuliner Glodok yang menjadi ciri khas Pecinan di Jakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi salah satu kafe yang usianya pun sudah hampir 3 abad.

Kafe yang diberi nama Pantjoran Tea House ini sudah berdiri sejak tahun 1635, tidak berbeda jauh dengan usia kelenteng tertua di Jakarta, Klenteng Jin De Yuan.

Bangunannya masih mempertahankan bentuk aslinya dengan sambutan bahasa Mandarin di pintu masuknya. Terlebih beberapa furniture di dalam restoran pun tidak berbeda jauh dengan nuansa tempo dulu.

Beberapa kuliner khas Tiongkok dijajakan di sini dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa mencoba hakau, siomay, lumpia, sampai dengan kuliner yang sudah menjadi produk budaya akulturasi antara Tiongkok masyarakat lokal yaitu tahu.

3. Petak Sembilan

Kawasan petak sembilan dikenal sebagai Chinatown-nya Jakarta. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di petak sembilan mulai mengunjungi klenteng tertua di Jakarta sampai dengan mencicipi aneka kuliner khas keturunan Tionghoa seperti Bakmi Amoy di Gang Gloria.

Kawasan ini pun dikenal sebagai kawasan belanja yang murah meriah. Beberapa pedagang dari daerah membeli berbagai kebutuhan mulai dari mainan, alat tulis, obat herbal, sampai dengan pernak-pernik khas Tiongkok di sekitar Petak Sembilan, Glodok.

4. Jajan Seafood di Kalimati

Bagi pencinta kuliner rasanya tidak akan pernah bisa melewatkan Seafood Kalimati Jakarta. Salah satu warung yang paling terkenal adalah Kalimati 94 Mulyono.

Warung di sepanjang jalan Hidup Baru, Kalimati, Pademangan Jakarta Utara ini mulai buka dari pukul 06.00 sore sampai dengan pukul 02.00 dini hari. Di sinilah kamu bisa menikmati aneka hidangan laut dengan olahan yang nikmat mulai dari  kerang dara, kerang hijau, udang goreng tepung, cumi asam pedas, baronang bakar hingga kepiting saus padang yang menggiurkan.

5. Pertunjukan Barongsai

Tidak lengkap rasanya jika mengikuti kemeriahan Tahun Baru Imlek tanpa menyaksikan pertunjukan Barongsai dan Naga Liong.

Meskipun kini pertunjukan serupa sudah ada di beberapa pusat perbelanjaan lainnya, namun akan berbeda rasanya jika kamu menyaksikan langsung di tempat asalnya di kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *