Mau Wisata Religi di Jawa Tengah? Kunjungi 6 Tempat Ini - Reservasi Travel Blog

Mau Wisata Religi di Jawa Tengah? Kunjungi 6 Tempat Ini

Travel Destinations3
Mau Wisata Religi di Jawa Tengah? Kunjungi 6 Tempat Ini shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Dari tahun ke tahun, Jawa Tengah selalu menjadi tujuan mudik favorit jelang hari raya Idul Fitri. Banyaknya pemudik memadati jalur pantura Brebes hingga Semarang, sebelum akhirnya berpisah menuju kampung halaman masing-masing.

Selain menjadi tujuan mudik favorit, ada banyak destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu mudik ke Jawa Tengah, Reservasi.com merekomendasikan enam spot wisata religi di bawah ini untuk pelesiran bareng keluarga. Simak yuk!

Baca 50 Wisata Semarang Paling Hits yang Direkomendasikan oleh Google

Masjid Agung Jawa Tengah

Sebagai ibu kota provinsi Jawa Tengah, Semarang menyimpan beberapa tempat wisata religi untuk berbagai agama dan keyakinan. Salah satunya adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang cocok untuk berwisata di suasana Lebaran. Masjid megah dikenal dengan arsitektur bangunannya yang indah, dengan pilar unik yang bisa dibuka-tutup menyerupai payung.

Lokasi Masjid Agung Jawa Tengah berada di kawasan Gayamsari, tepatnya di Jalan Gajah. Sekilas arsitekturnya mirip Masjid Baiturrahman Aceh yang besar nan megah. Luas area kompleks masjid ini sangat besar yaitu 10 hektar. Di sana juga terdapat menara pandang yang diminati para pengunjung untuk menikmati keindahan kota Semarang dari ketinggian.

Masjid Agung Demak

Sekitar satu jam perjalanan dari Semarang, kamu akan tiba di Kota Demak yang menyimpan satu spot wisata religi menarik di sana. Tepat di pusat kota, berdiri megah Masjid Agung Demak yang kabarnya dulu dijadikan tempat berkumpul para wali dan tokoh pemuka agama Jawa Tengah.

masjid agung demak
shutterstock

Di dalam area masjid kini sudah berdiri museum berisi sejarah besar umat Islam di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah. Jadi sekalian mampir shalat, kamu bisa mengagumi indahnya arsitektur kuno yang tetap dipertahankan hingga kini sekaligus memelajari sejarah.

Makam Sunan Kalijaga

Wisata religi Islam nggak jauh-jauh dari kegiatan ziarah makam para wali. Di Jawa Tengah sendiri ada tiga makam sunan yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah makam Sunan Kalijaga di daerah Kadilangu Demak. Jadi setelah mampir shalat di Masjid Agung Demak bisa langsung dilanjut ziarah ke sini.

Makam Sunan Muria

Bergeser ke pesisir utara Jawa Tengah, ada makam Sunan Muria yang terletak di Jepara. Makam ini terletak di puncak Gunung Muria, sehingga para pengunjung harus berjalan kaki menempuh jarak yang cukup jauh dan menanjak.

Karena kondisi oksigen di atas puncak agak menipis, pengunjung yang sudah lansia atau punya gangguan kesehatan khusus harus melalui pemeriksaan medis oleh petugas sebelum naik.

Makam Sunan Kudus

Dari Jepara ke arah Semarang, kamu akan melewati Kudus yang populer dengan julukan Kota Kretek. Di kota ini ada makam Sunan Kudus, salah seorang anggota Wali Songo yang masih keturunan Sunan Ampel. Semasa hidupnya dulu, belia nggak hanya menyebarluaskan ajaran Islam tapi juga bertindak sebagai panglima perang di Kesultanan Demak lho!

masjid menara kudus
shutterstock

Makam Sunan Kudus ini berada dalam kompleks masjid yang arsitekturnya sangat unik. Di dalam area masjid ada menara yang menyerupai candi-candi Hindu. Usut punya usut, penggunaan arsitektur ini untuk memudahkan Sunan Kudus menarik warga sekitar yang mayoritas memercayai ajaran Hindu agar masuk Islam.

Kampung Wali Wonobodro

Nama Kampung Wonobodro tentu nggak asing bagi para peziarah yang rutin berkeliling mengunjungi petilasan para wali. Kawasan perbukitan di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang ini dijuluki sebagai Kampung Wali karena banyak terdapat makam dan jejak peninggalan ajaran Islam.

Selain di Gresik, banyak yang meyakini Syekh Maulana Malik Ibrahim atau Sunan Gresik wafat dan dimakamkan di Wonobodro. Namun ada juga yang menganggap perbukitan ini hanya sebagai tempat persinggahan sementara, selama Syekh berkeliling menyebarkan ajaran Islam di Pulau Jawa.

Wah, sudah punya enam daftar wisata religi yang bisa dikunjungi saat liburan Lebaran nih! Kamu mau mengunjungi yang mana dulu?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *