8 Rekomendasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Long Weekend di Yogyakarta - Reservasi Travel Blog

8 Rekomendasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Long Weekend di Yogyakarta

Travel Destinations635
8 Rekomendasi Wisata yang Bisa Dikunjungi Saat Long Weekend di Yogyakarta

Travel Blog Reservasi – Di tahun 2018 ini ada beberapa long weekend yang bisa kamu nikmati. Bila kamu belum ada rencana untuk menghabiskan waktu long weekend nanti, berkunjung saja ke Yogyakarta. Di Kota pelajar ini kamu bisa menghabiskan long weekend dengan mengunjungi tempat wisata yang bisa membantu kamu me-recharge energimu untuk menghdapi aktivitas usai long weekend.

Penasaran apa saja destinasinya? Yuk, intip 8 rekomendasi tempat wisata di Yogyakarta berikut ini.

Kalibiru

Kalibiru bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menghabiskan long weekend di Yogyakarta. Bagi kamu yang suka mencari spot instagramble, Kalibiru sangat cocok untuk kamu datangi. Lokasinya terletak di Bukit Menoreh, Kulonprogo, barat Yogyakarta yang cukup terkenal dengan pemandangan dari ketinggian yang indah. Mulai dari pemandangan Waduk Sermo hingga flying fox di atas bukit.

Kamu wajib banget berfoto di tempat flying fox yang memiliki latar datar seluas kurang dari 1 meter. Dari ketinggian, kamu bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Banyak pelancong yang berfoto di sini dan menghasilkan foto yang instagramble.

Pantai Jogan

A post shared by Luluk Lukyanto (@joeluluk) on

Pantai ini memiliki air terjun yang langsung turun ke laut yang cukup indah apalagi saat musim hujan. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak yang kencang dan memandangi air terjun dengan latar pepohonan hijau sungguh panorama yang tak biasa. Di sini kamu juga bisa melihat ribuan bayi kepiting transparan berukuran sekita 5 milimeter.

Selain itu, di musim tertentu, kamu bisa melihat banyak kupu-kupu yang berterbangan di sekitar air terjun yang akan mempercantik suasana di pantai Jogan. Pantai Jogan berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Nglambor

Saat long weekend di Yogyakarta kamu bisa berkunjung ke Pantai Nglambor yang lokasinya di Gunungkidul yang terlindung oleh pulau karang, sehingga ombak di pantai tersebut cukup tenang dan aman untuk berenang. Di Pantai Nglambor kamu bisa melihat kehidupan biota bawah lautnya dengan cara snorkeling.

Selain itu, kamu juga bisa berenang mencari kulit kerang dan batu halus warna-warni, melompat dari satu gugusan karang ke gugusan lainnya, atau trekking mendaki bukit-bukit karang yang yang ada di sekitaran pantai ini.

Kamu juga bisa melihat karang, rumput laut, ikan warna-warni yang berkejaran, serta aneka biota penghuni laut dari permukaan karena ombaknya yang tenang dan air laut yang jernih.

Blue Lagoon


Jika mendengar nama Blue Lagoon, kamu pasti ingat perairan biru nan alami yang dikelilingi pepohonan rimbun yang ada di Islandia. Bila kamu mau melihat sendiri keindahaan dari Blue Lagoon, enggak perlu jauh-jauh ke Islandia segala. Di Yogyakarta juga ada kok, tepatnya di Wododomartani, Ngemplak, Sleman.

Sebenarnya Blue Lagoon yang ada di Yogyakarta memiliki nama asli Pemandian Tirtabudi namun lebih dikenal dengan nama Blue Lagoon. Air yang biru sangat jernih dan bila masuk air, kamu akan dihampiri ikan-ikan kecil yang tinggal di sana. Jangan khawatir, ikan-ikan di sini tidak berbahaya.

Pantai Timang

Di pantai yang terletak di Tepus, Jalan Pantai Sel. Jawa, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini, kamu bisa memacu adrenalin dengan menaiki gondola menuju pulau karang yang berada di tengah laut.

Bagi kamu yang ingin naik gondola ini, harus menyiapkan nyali yang besar. Karena kamu akan meluncur di gondola yang dikendalikan secara manual, yang kayunya tidak rapat dan meluncur dideburan ombak.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Bukan hanya di Afrika, di Yogyakarta juga ada tempat wisata yang berlatar gurun pasir yang bernama Gumuk Pasir Parangkusumo. Gumuk Pasir Parangkusumo berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo Kecamatan Kretek, Kabupaten Yogyakarta bisa kamu jadikan destinasi seru berlibur bersama teman atau keluarga jika sedang berada di Yogyakarta.

Di sini kamu bisa berfoto ria, melakukan sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini. Untuk mengitari kawasan ini, kamu bisa menyewa ATV atau menunggang kuda untuk berputar di sekitar gurun pasir ini.

Desa Kedung Miri

Long weekend di Yogyakarta juga bisa kamu manfaatkan untuk mengunjungi Desa Kedung Miri. Di sini kamu bisa merasakan ketenangan berkat pemandangan perbukitan hijau, barisan pohon asri dan Sungai Oyo yang cantik. Desa Kedung Miri terletak di Kelurahan Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Bantul.

Di sini kamu bisa melewati sambil berfoto-foto di jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Jembatan ini berada tepat di atas Sungai Oyo.

Kamu juga bisa homestay di rumah penduduk atau minta izin untuk membangun kemah. Walaupun Desa Kedung Miri termasuk desa wisata, para pengunjung tidak akan dipungut biaya, alias gratis.

Kebun Buah Langka Sedayu

A post shared by Adelina (@adelina_dedeng) on

Bagi kamu yang suka dengan wisata bertemakan kebun, bisa menikmati long weekend di Yogyakarta dengan mengunjungi Kebun Buah Langka Sedayu yang lokasinya ada di Jalan Wates km 12 Dusun Sundi Kel. Agrorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di sini kamu bisa melihat dan menikmati tanaman buah langka dari Indonesia dan luar negeri, seperti Anggur Brasil Basil, Blackberry, Buah Tin, Kacang Amazon, Jeruk Nagami, dan lainnya.

Tanaman langka di sini diambil dari negara Amerika, Australi, Brasil, Jepang, Meksiko, hutan Amazon, dan Taiwan. Walaupun sekilas tampilannya mirip dengan buah- buahan yang ada di Indonesia, namun citarasanya berbeda.

Selain itu, kamu juga bisa belajar menanam bibit dan membeli bibit buah langka seperti nangka madu, jambu air mawar jumbo, belimbing madu, cempedak, durian bawor, dan lain-lain.

Itu dia rekomendasi destinasi di Yogyakarta yang bisa kamu jadikan pilihan untuk menghabiskan waktu long weekend di Yogyakarta. Kamu bisa beli tiket pesawat dan booking hotel murah di Yogyakarta lewat Reservasi.com. Jangan lupa manfaatkan kode promo yang berlaku untuk dapatkan diskon hingga Rp 1 juta.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *