close

7 Destinasi Wisata Gratis untuk Anak di Singapura

garden-by-the-bay

Travel Blog Reservasi – Berwisata bersama keluarga merupakan sebuah tantangan tersendiri, selain karena biaya yang tentunya lebih mahal, anak-anak juga memiliki kebutuhan dan keinginan bermain yang harus dipenuhi. Tiket masuk ke wahana dan theme parks seringkali tidaklah murah. Beruntung Singapura memiliki banyak tujuan wisata menarik dan edukatif, yang membebaskan biaya kunjungan bagi para pengunjung cilik yang antusias ini. Yuk, ajak anak-anak bermain.

 

Jacob Ballas Children’s Garden

Jacob Ballas Garden (Istimewa/Ruth Nina)
Jacob Ballas Garden (Istimewa/Ruth Nina)

Konsep taman ini sangat menarik. Setiap pengunjung dewasa hanya boleh masuk jika bersama anak dibawah 12 tahun dan pengunjung anak-anak harus membawa orang dewasa sebagai pendamping bermain. Semuanya dapat masuk tanpa biaya. Banyak permainan seru, seperti rumah pohon dengan perosotan, taman bermain air, dan jembatan gantung yang membuat kita lupa bahwa kita sedang berada di kota besar. Selain itu, taman yang merupakan bagian dari Singapore Botanical Garden ini juga memiliki beberapa fitur edukatif yang mengajarkan anak tentang proses yang terjadi di alam seperti fotosintesa. Buat para pendamping, ada banyak tempat duduk di dalam taman, jadi jangan khawatir kelelahan mengikuti anak berlari mengelilingi taman. Untuk yang membawa bayi, jalan setapak di taman ini juga stroller-friendly. Jacob Ballas Children’s Garden dapat diakses dengan 10 menit jalan kaki dari Stasiun MRT Botanic Gardens atau dengan bus yang melewati halte NUS Bukit Timah Campus.

Nonton Laser Show di Marina Bay Sands

Marina Bay Laser Show (Istimewa/Ruth Nina)
Marina Bay Laser Show (Istimewa/Ruth Nina)

Ketika matahari terbenam, Marina bay Sands memberikan atraksi laser show gratis. Yang harus kita lakukan adalah duduk di tangga yang menghadap ke danau buatan dan menikmati gambar yang ditembakkan ke air mancur. Pertunjukkan laser show yang berlangsung selama 15 menit ini bercerita tentang hidup manusia dari bayi hingga dewasa. Setiap harinya ada 2 pertunjukan yaitu pada pukul 8 dan 9.30 malam, dan khusus Jumat dan Sabtu malam ada tambahan show pada pukul 11 waktu Singapura. Siap-siap datang lebih pagi kalau ingin mendapatkan tempat duduk terbaik karena tangga di depan Marina Bay Sands ini biasanya cepat penuh. Untuk menyaksikan pertunjukkan ini anda bisa naik MRT ke Marina Bay Sands.

Far East Organization Children’s Garden

Far East Garden (Istimewa/Ruth Nina)
Far East Garden (Istimewa/Ruth Nina)

Gardens by The Bay menyimpan banyak keindahan yang dapat dinikmati bersama keluarga tanpa perlu mengeluarkan biaya. Khusus anak-anak, Far East Organization Children’s Garden yang terletak dekat dome mempersilahkan anak-anak bermain air dengan gratis sementara para orang tua dapat beristirahat di amphiteater yang tersedia. Bukan hanya itu, di balik rimbunnya pepohonan di sekitar taman air mancur ini, ada banyak tantangan yang terhubung dengan jalan setapak seperti balok titian dan jaring laba-laba yang dapat melatih motorik dan fisik anak. Ada juga rumah pohon di akhir jalan setapak. Taman ini buka hingga pukul 7 malam di hari biasa dan pukul 9 malam di akhir pekan. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik MRT ke stasiun Bayfront dan mengikuti petunjuk arah menuju Gardens By The Bay dari sana.

Free Friday at Art Science Museum

Art Science Museum (Istimewa/Ruth Nina)
Art Science Museum (Istimewa/Ruth Nina)

Tahukah Anda kalau setiap hari Jumat, anak-anak yang datang bersama orang dewasa bebas dari biaya? Selain itu pada hari Jumat, Museum yang terletak di Marina Bay Sands ini juga memiliki program aktivitas khusus anak-anak. Art Science Museum memiliki pameran yang berubah-ubah secara periodik dan pasti akan memanggil Anda kembali mengunjungi museum ini. Jadi, jika Anda merencanakan kunjungan ke Singapura, jangan lupa memeriksa program yang sedang berlangsung dan menyempatkan diri mampir ke museum ini pada hari Jumat agar lebih hemat. Untuk mencapai museum ini Anda bisa naik MRT ke Marina Bay Sands.

Visit A Public Library

Public Library (Istimewa/Ruth Nina)
Public Library (Istimewa/Ruth Nina)

Perpustakaan di Singapura memiliki area khusus untuk anak-anak yang biasanya penuh dengan kegiatan gratis yang dapat diikuti anak Anda. Dengan jadwal yang dapat ditemukan online, anak Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan mulai dari mewarnai, menyanyi, storytelling bahkan berpartisipasi di pertunjukkan drama. Perpustakaan Nasional yang terletak di Bras Basah adalah yang terbesar, namun jika dekat hotel tempat menginap, ada perpustakaan daerah yang mungkin ada di dalam Mall, jangan ragu juga untuk mengunjunginya.

A Walk in The Park

Singapore Urban Park (Istimewa/Ruth Nina)
Singapore Urban Park (Istimewa/Ruth Nina)

Meskipun kerap identik dengan shopping dan transportasi yang modern, Singapura memiliki banyak taman yang bisa menjadi pilihan tujuan wisata. Kebanyakan taman-taman ini berada di perkotaan yang dapat diakses dengan menggunakan bus dan MRT. Fort-Canning Park cocok untuk yang senang musik dan seni karena banyaknya pertunjukkan yang diadakan serta patung-patung yang tersebar di seluruh taman yang populer untuk foto pre-wedding. Jika outdoor playground menjadi incaran anak-anak, maka West Coast Park dan Pasir Ris Park dapat menjadi tujuan Anda menghabiskan waktu pada pagi atau sore hari. Bishan-Ang Mo Kio Park juga memiliki taman main air dan berbagai ragam flora dan fauna sebagai sarana anak belajar untuk mencintai alam.

Pantai di Sentosa

Siloso Beach (Istimewa/Ruth Nina)
Siloso Beach (Istimewa/Ruth Nina)

Siapa yang tidak senang main di pantai? Singapura memiliki dua pantai di Pulau Sentosa yang sama serunya. Pantai Palawan yang memiliki jembatan menyeberang ke pulau paling selatan di daratan Asia ini. Ada beberapa playground di tepi pantai yang dapat digunakan anak untuk bermain secara gratis. Sementara Siloso adalah pantai seru untuk makan, bersantai dan berolahraga seperti bersepeda, jogging dan bermain sepatu roda.

Ruth Nina, Jakarta, Kontributor Blog Reservasi

*Disclaimer, semua informasi yang disajikan merupakan tanggung jawab kontributor.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BackpackerLiburanSingapuraTempat Wisata

1 Comment

  1. Free Friday at Art Science Museum cocok buat di kunjungi nih min, selain bnyak pengetahuan yg didapat disana, hari jumat biaya masuk nya pun gratis, makasih min infonya

Leave a Response