Wisata Baru Situ Biru Hariang Cilembang - Reservasi.com

Kamu Bisa Bercermin di Situ Biru Cilembang Sumedang

Travel Inspirations1.1K
Kamu Bisa Bercermin di Situ Biru Cilembang Sumedang situ biru cilembang sumedang@aldilangg

Travel Blog Reservasi – Satu lagi tempat wisata yang sedang hits dari sosial media. Banyak netizen yang menamakan tempat ini dengan berbagai nama diantarnya Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang hingga ada  juga yang menyebutnya dengan Labuan Cermin Cilembang Sumedang. Tempat tersembunyi di Kabupaten Sumedang ini berlokasi di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat.

Sekilas jika dilihat, sumber mata air Cilembang ini memang mirip dengan Labuan Cermin di Kalimantan Timur. Hanya saja di Situ Cilembang ini kalian tidak diperbolehkan untuk berenang. Pasalnya air Situ Cilembang ini masih dijadikan sumber kebutuhan air minum dan kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar.

Baca Juga : Kawah Putih Ciwidey, Pesona Keindahan Danau Kawah Barat Bandung

Wisata Baru di Sumedang Yang Hits Melalui Sosial Media

Situ biru cilembang @toni_kardianto
Situ biru cilembang @toni_kardianto

Kedalaman Situ Biru Cilembang ini diperkirakan sekitar tiga meter. Situ Biru Cilembang mulai hits di sosial media seperti Instagram, Facebook hingga Twitter. Entah siapa yang pertama kali memperkenalnya melalui media sosial. Namun sejak hits itulah banyak wistawan yang mulai berdatangan ke Situ Biru Cilembang.

Tak berbeda jauh dengan Tebing Keraton Bandung yang mulai dikenal melalui sosial media. Situ Biru Cilembang kini dikelola oleh pemuda Karang Taruna setepat. Tidak ada tarif masuk, namun kalian akan dikenai biaya parkir Rp. 2000 per-kendaraaan.

Sebaiknya Tidak Datang Hari Selasa dan Jumat Sebagai “Poe Larangan” (Hari Terlarang)

Menurut pemuda setempat bahwa ada pantangan hari yang harus dipatuhi oleh wistawan. Situ Biru Cilembang ini tidak boleh dikunjungi khusus pada hari Selasa dan hari Jumat. Jadi sebaiknya kalian datang kesana selain kedua hari tersebut. Saat ini memang belum terlalu banyak pengunjung, namun pasti kedepan Situ Biru Cilembang ini pasti akan dipenuhi oleh wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Saat ini hanya dari Bandung saja yang paling banyak mengunjungi Situ Biru Cilembang ini.

Air dari Situ Biru Cilembang ini tidak benar-benar berwarna biru. Warna birunya hanya pantulan warna langit saja karena airnya jernih sehingga seolah-olah seperti cermin. Menurut warga ada beberapa ikan yang terlihat muncul di Situ Biru Cilembang, diantaranya seperti ikan Nilem, Wader atau ikan Lunjar Padi, sengol hingga terkadang muncul juga kura-kura air tawar. Mudah-mudahan tidak ada buaya air tawar ya.

situ biru cilembang sumedang @nia_sone
situ biru cilembang sumedang @nia_sone

Perhatikan Jalan, Hati-Hati Saat Melangkah di Jalan Terjal

Karena berada ditempat yang terpencil dan akses jalan yang sulit, kalian harus berjalan kaki setelah memarkirkan kendaraan. Kira-kira sekitar 200 meter saja dari tempat parkir. Hanya saja kalian harus berhati-hati untuk menuju Situ Biru Cilembang. Karena jalan menuju Situ iru Cilembang berbatu, dan terjal.

Karena berlokasi di hutan alami, hawa dan udara di sekitar Situ Biru Cilembang sangat sejuk sekali. Keindahan alam Situ Biru Cilembang memang sangat pas dengan kesejukan udara sekitar. Rasanya benar-benar segar dan membuat penat langsung hilang.

situ biru cilembang sumedang@aldilangg
situ biru cilembang sumedang@aldilangg

Sejuknya Udara di Situ Biru Cilembang

Kalian tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak pedagang asongan dadakan yang berjualan di area parkir Situ Biru Cilembang. Padahal dulunya tempat ini adalah tempat yang terkesan sangat angker. Oh ya, kalau bisa kalian tidak berlama-lama dan tidak terlalu sore berada di Situ Biru Cilembang ya. Pasalnya selain belum ada penerangan yang memadai, suasana hutannya juga masih sangat mencekam. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kalian datang ke Situ Biru Ciembang saat pagi, siang hari dan menjelang sore.

Saat hujan, jalanan menuju Situ Biru Cilembang akan sangat licin juga berbahaya karena curam. Masih banyak batu kerikil tajam dan licin bila terkena air hujan. Otomatis kalian harus lebih ekstra hati-hati saat hujan mengguyur. Sebaiknya sih ditunda saja dulu ketika sedang musim hujan. Lagi pula kalian tidak akan bebas berselfie ria di Situ Biru Cilembang.

situ biru cilembang sumedang @aditya.retro
situ biru cilembang sumedang @aditya.retro

Tips dan Panduan Menuju Situ Biru Hariang Cilembang Sumedang

Situ Cilembang

  1. Karena ini bukan tempat wisata yang dibuka untuk umum sebaiknya kalian benar-benar menjaga tata krama dan menghormati hak-hak warga.
  2. Usahakan tidak membawa makanan ke area Situ Biru Cilembang, karena pasti kalian kemungkinan besar bakal nyampah disana. Sementara Situ Biru Cilembang ini awalnya benar-benar perawan dan jauh dari usikan manusia.
  3. Karena sudah ada larangan untuk berenang, jangan nekat! Kalian harus sadar bahwa Sirah Cilembang merupakan sumber air minum bagi warga Desa Hariang
  4. Sebaiknya kalian membawa kendaraan sendiri karena belum ada petunjuk papan arah menuju Situ Biru Cilembang
  5. Sekali lagi tolong dijaga keasrian dan keaslian Situ Biru Cilembang. Merawat dan melestarikan alam adalah tanggung jawab bersama.
  6. Waktu yang tepat untuk datang selain hari Selasa dan Jumat juga pada saat siang hari dimana matahari akan memantulkan sinarnya sehingga Situ terlihat membiru  dengan indahnya.
  7. Jangan alay seperti mereka ini!

Sudah Dilarang Berenang Malah Nekat!

Situ Cilembang

Inilah Traveler Alay Yang Tidak Menghormati Aturan!

Situ Cilembang

Jika Ingin Berenang Langsung Saja Ke Labuan Cermin Kalimantan

Labuan Cermin
labuan cermin @deeayomi

Kalian Bisa Snorkeling di Labuan Cermin Kalimantan

Labuan Cermin
labuan cermin @deeayomi

Bahkan Kalian Bisa Naik Perahu Disini

labuan-cermin-jayanjayan-com
foto jayanjayan.com

Cara Menuju Situ Biru Cilembang Sumedang

  1. Jika menggunakan mobil dari Tol Cipularang kalian bisa keluar di Pintu Tol Cileunyi kemudian menuju Sumedang. Pastikan kalian melewati kampus keren seperti UNPAD dan ITB. Kalian juga akan melewati Sekolah Kedinasan STPDN yang sangat terkenal itu.
  2. Jika melalui tol Cikopo – Palimanan kalian bisa keluar di Pintu Tol Kertajati. Akses ini merupakan akses keluar tol paling dekat dengan kota Sumedang.
  3. Usahakan kendaraan kalian fit dan kuat ditanjakan. Pasalnya kalian bisa terjebak dalam kemacetan dengan medan yang menanjak jika dari arah Bandung. Lagipula jalan menuju Situ Danau Biru Cilembang tidak mudah.
  4. Setelah mencapai Sumedang, arahkan kemudi kalian menuju Perempatan Cimalaka kemudian belok kiri jika kalian dari arah Bandung. Tepatnya di perempatan alun alun Cimalaka.
  5. Jika kalian dari arah Cirebon, sebelum Cimalaka Sumedang,  cari saja patokannya pertigaan Legok, kemudian belok kanan. Jaraknya kira-kira sekitar 5 km dari pertigaan Legok.
  6. Dari situ tinggal mengikuti jalan menuju Jalan Buahdua Hariang, Sumedang, Jawa Barat.
  7. Perjalanan dari Bandung menuju Situ Biru Cilembang diperkirakan memakan waktu sekitar 4 jam.

Baca Juga : Tips Merencanakan Traveling di Tahun 2016

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *