close

Olahraga Sambil Berwisata di Curug Naga

body-rafting-curug-naga

Travel Blog Reservasi – Bicara tentang wisata alam di Bogor memang tak ada habisnya. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Hujan ini memang memiliki banyak wisata alam yang apik. Deretan air terjun indah menghiasi kota hujan ini, mulai dari curug Nangka, curug Seribu, curug Pangeran dan curug-curug lainnya. Destinasi wisata di Bogor pun tak pernah surut dari pengunjung, ini karena aksesnya yang mudah dijangkau oleh warga kota tetangga seperti Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Masih seputar wisata air, jika kalian ingin mencoba wisata air yang sedikit menantang kalian bisa datang ke Curug Naga. Wisata air di Curug Naga, Bogor, ini akan memberikan kalian pengalaman berbeda dari biasanya yang tentu saja akan memacu adrenalin kalian. Mau tau seperti apa saja keseruan wisata air curug Naga? Yuk, simak artikel ini.

Green Canyon Ala Indonesia

A photo posted by @hanifwafi on


Nama Curug Naga memang belum terlalu terkenal dibandingkan dengan Curug Cilember dan Curug Panjang. Tetapi bukan berarti Curug Naga tidak seindah curug lainnya yang sudah terkenal lebih dulu. Justru banyak orang yang bilang bahwa curug Naga adalah Green Canyon nya Bogor. Percaya tidak percaya kalian harus buktikan sendiri keindahannya!

A photo posted by Afi Holle (@afiholle) on


Curug Naga ini memang cocok sekali untuk kalian yang cinta dengan tantangan dan petualangan. Karena untuk menuju ke curug ini kalian harus menyusuri sungai sepanjang 100 meter.Curug Naga memiliki kolam yang cukup dalam dan memiliki air yang tenang, jadi cocok digunakan untuk berenang bahkan lompat bebas. Sekilas memang mirip dengan Kali Suci yang ada Kulon Progo Yogyakarta, Keseruan yang ditawarkan pun sekelaslah. yang membedakan hanya ukuran sungai di Curug Naga memang lebih kecil.

Body Rafting di Curug Naga

A photo posted by aiya rahman (@aiyarahman) on


Mungkin semi body rafting lebih tepatnya, karena sungai yang ditelusuri tidak sebesar di Kali Suci ataupun yang ada di Pangandaran. Di Curug Naga kalian akan merasakan keseruan body rafting menyusuri sungai kecil, tentu saja kalian akan di pandu oleh instruktur dan dibekali peralatan khusus. Jadi jangan takut bahaya ataupun hal-hal aneh lainnya, karena kalian akan selalu mendapatkan pengawasan dari para instruktur.


Kalian akan menyusuri  sungai menggunakan pelampung, mengikuti aliran air melewati Curug Priuk dan Curug Barong. Walaupun ada para instruktur yang siap membantu kalian, hati-hati harus tetap menjadi nomor satu yang diperhatikan. Karena medan yang akan kalian lewati akan semakin sulit, dengan batu-batuan yang licin, curam, dan arus air yang cukup deras. Kalian juga harus jeli mencari pijakan kaki, karena kemiringan medan yang akan kalian tempuh hampir 90 derajat. Kalian bisa mencari dahan pohon yang kuat, untuk dijadikan sebagai pegangan.

Menelusuri Sungai Hingga ke Curug Priuk dan Curug Barong

A photo posted by ? (@dkfzi) on


Setelah kalian menelusuri aliran sungai yang cukup deras kalian akan bertemu dengan curug pertama, yaitu Curug Priuk. Di Curug Priuk kalian harus menerjang derasnya arus air menuju Curu Barong. Di tempat inilah adrenalin kalian akan semakin dipacu. Tetapi ini hanya sebagian dari pemanasan sebelum kalian sampai ke Curug Barong. Tempat dimana adrenalin kalian benar-benar dipacu!

A photo posted by kiki_poto (@kiki_poto) on


Di Curug Barong kalian bisa menemukan perosotan, dan kalian bisa bermain-main sebentar sambil melanjutkan kembali perjalanan menuju Curug Naga. Di penghujung jalan Curug Barong kalian akan ditemukan oleh jalan buntu, dan satu-satunya jalan adalah yang kalian harus tempuh adalah terjun ke kolam yang ada dibawah tebing. Ini dia tantangan yang akan kalian temukan lagi yang membuat adrenalin kalian semakin terpacu. Kalian harus melompat ya kira-kira 6-7 meter kebawah.

Lompatan Kedua Untuk Melihat Si Cantik Curug Naga


Sepertinya tak cuma satu kali lompatan yang harus kalian lalui, kalian harus terjun sekali lagi untuk menyusuri Curug Barong. Perbedaannya hanya lompatan yang kedua sedikit lebih pendek dibanding lompatan yang pertama. Setelah itu kalian tetap harus menerjang arus untuk sampai ke Curug Naga. Oleh karena itu persiapkan stamina kalian dengan baik ya untuk menyusuri sungai-sungai berarus deras. Oh, ya sebelum kalian melakukan Semi Body Rafting ini kalian akan melakukan pemanasan dulu yang dipandu oleh para instruktur.

A photo posted by Etrie Stovia (@etriestovia) on


Setelah melalui perjalanan yang penuh dengan rintangan, Curug Naga yang kalian cari akan terlihat. Butiran air yang jatuh terlihat cantik dan menyegarkan, seketika rasa lelah dan dingin yang kalian akan rasakan semua akan sirna ketika melihat Curug Naga. Di Curug ini kalian bisa menikmati kesegaran air serta pemandangan yang asri sepuasnya.

Akses Menuju Kawasan Body Rafting Curug Naga


Curug Naga berjarak sekitar 8 Km dari Pertigaan Megamendung, Jalan Raya Puncak. Dari pertigaan tersebut kalian belok kearah kiri melewati Unilever Learning Center, Mega Training Center, dan Pusdik Reskrim Polri. Dari Pusdik Reskrim, kalian bisa mengambil jalur kanan dan selanjutnya perjalanan kalian akan dilanjutkan dengan membelah hutan pinus yang indah. Hingga bertemu dengan pertigaan, kalian bisa memilih jalan yang menurun kebawah. Disana terdapat plang kecil bertuliskan Curug Naga.Untuk masuk ke kawasan curug naga kalian akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp9.000 per orang.


Bagaimana? Tertarik untuk menghabiskan weekend kalian dengan berpetualang seru di Curug Naga? Yuk, segera ajak sahabat, keluarga, atau pasangan kalian untuk berpetualang di Curug Naga!

Sumber Featured Image


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BogorCurugwisata alam
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response