close

Waduk Sermo, Wisata Selfie Kulonprogo yang Tengah Hits

waduk sermo hamzahmuarif
Instagram @hamzahmuarif

Travel Blog Reservasi – Waduk Sermo Kulonprogo adalah bendungan irigasi yang membendung kali Ngrancah yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 November 1996. Waduk Sermo dibangun dengan biaya Rp22 miliar. Pembangunan Waduk Sermo dilakukan dalam waktu dua tahun delapan bulan.

Waduk Sermo adalah sumber air bersih untuk PDAM dan untuk air irigasi persawahan daerah Wates dan sekitarnya. Selain dijadikan sebagai sumber air minum dan irigasi, Waduk Sermo juga menjadi salah satu tempat latihan dan lomba dayung.

Waduk Sermo merupakan salah satu potensi wisata dan edukasi di Kulonprogo, Yogyakarta. Apalagi bukit-bukit yang mengelilingi Waduk Sermo menjadikan pemandangan semakin indah. Tak berbeda jauh dengan Waduk Jatiluhur yang bisa dilihat dari Gunung Lembu.

Baca juga

Waduk Sermo juga memiliki fasilitas pemancingan. Beberapa wisatawan sangat gemar di Waduk Sermo karena keberadaan ikan “Setan Merah” yang merupakan ikan predator di Waduk Sermo. Selain itu, wisatawan bisa menyewa perahu wisata untuk berkeliling Waduk Sermo sambil menikmati perbukitan Menoreh.

Salah satu keistimewaan Waduk Sermo bisa dilihat saat senja datang. Tidak sedikit anak muda dan penggemar fotografi yang menunggu sore hari hingga tenggelamnya matahari di Waduk Sermo.

Luas Waduk Sermo diperkirakan sekitar 157 hektar. Dulunya wilayah Waduk Sermo merupakan pemukiman warga. Ada sekitar 100 Kepala Keluarga yang ditransmigrasikan ke Bengkulu dan tujuh kepala keluarga ke Riau demi membangun Waduk Sermo.

Bendungan dengan Kualitas Air Terbaik di Indonesia

Waduk Sermo diklaim merupakan bendungan terbaik di Indonesia jika diukur dari kualitas air yang dihasilkan sebagai sumber air minum juga sebagai irigasi sawah. Alasannya karena sedementasi Waduk Semo sangat sedikit, terlebih Waduk Sermo dikelilingi oleh hutan yang terawat di dearah Kulonprogo.

Waduk Sermo memiliki luas sekitar 21.3 kilometer persegi. Dengan luasnya tersebut, Waduk Sermo dapat menampung 21.9  juta meter kubik.  Jauh lebih kecil dibandingkan daya tampung Waduk Jatiluhur yang mencapai 3 miliar kubik.

Namun demikian, keberadaan Waduk Sermo sangat bermanfaat untuk air baku terutama bagi warga Kulonprogo dan Wates.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Waduk Sermo adalah pada saat jelang sore hari. Kamu bisa berfoto-foto terlebih dahulu di Wisata Alam Kalibiru pada siang hari kemudian turun ke Waduk Sermo yang jaraknya hanya sekitar 4 kilometer dari Kalibiru.

Waduk Sermo dari Kalibiru
Waduk Sermo dari Kalibiru pic glamourindonesia.com

Gardu Pandang Bukit Pethu

Saat berfoto di Kalibiru, latar belakang Waduk Sermo menjadi salah satu yang tidak bisa dipisahkan. Selain Kalibiru, kini wisatawan juga bisa selfie dan berfoto dari Bukit Pethu. Latar belakang Waduk Sermo semakin dekat dari lokasi ini.

Bukit Pethu Waduk Sermo
pic yopiknik.com

Gardu Pandang Taman Munggur

Selain Bukit Pethu, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang Waduk Sermo di Taman Munggur. Taman Munggur berada di Dusun Klepu, Desa Kargowils, Kokap, Kulonprogo. Cara menuju Taman Munggur sangat mudah, tinggal mengukuti papan petunjuk di simpang empat sebelum pos retribusi Waduk Sermo.

Taman Munggur memiliki gardu pandang dengan latar belakang Waduk Sermo. Tempat wisata ini termasuk wisata baru di sekitar Waduk Sermo. Baru dibukan pada bulan Agustus 2016. Tentu saja belum banyak yang mengetahui keberadaan Taman Munggur ini.

Salah satu keunggulannya, Taman Munggur membangun dua gardu pandang dengan latar lebih lengkap yaitu Waduk Sermo dan perbukitan Menoreh. Tak ayal inilah yang dijadikan keunggulan Taman Munggur dibandingkan gardu pandang lainnya.

Taman Munggur beroperasi atau buka mulai pukul 07.00 WIB pagi dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Bumi Perkemahan Waduk Sermo

Selain menjadi tempat wisata, Waduk Sermo juga digunakan sebagai bumi perkemahan Pramuka. Beberapa sekolah membawa para pelajar untuk berkemah di Bumi Perkemahan Waduk Sermo Kulonprogo.

Alamat Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Cara menuju Waduk Sermo bisa ditempuh dari pusat Kota Yogyakarta dalam waktu kurang lebih 90 menit. Jarak Waduk Sermo dengan Kota Yogyakarta diperkirakan 40 kilometer.

Waduk Sermo berada di sebelah Barat Kota Yogyakarta. Waduk Sermo sangat dekat dengan Jalan Raya Wates yang merupakan jalur Selatan Pulau Jawa.

Waduk Sermo juga sangat dekat dengan tempat wisata lain seperti Wisata Alam Kaliburu dan Canting Mas Puncak Dipowono.

Selain bisa menggunakan jalur Wates, kamu juga bisa menggunakan jalur Godean menuju Naggulan. Namun akan sangat mudah jika melewati jalur Wates karena jalan relatif memadai untuk kendaraan pribadi. Dari Wates, jaraknya hanya sekitar 9 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 20 menit.

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo

  • Sepeda Motor Rp2.000
  • Mobil Rp3.000
  • Bus Rp10.000
  • Dewasa Rp5.000/orang
  • Harga foto di gardu pandang rata-rata Rp10.000/orang

Harga Sewa Perahu di Waduk Sermo

  • Wisata Keliling Waduk Sermo Rp6.000/orang
  • Sewa Perahu Wisata Waduk Sermo Rp30.000/perahu

Fasilitas Waduk Sermo

  • Villa
  • Warung makan
  • Bengkel
  • Toilet umum
  • Rumah Jamur
  • Rumah Panggung
  • Penyewaan Perahu

Obyek Wisata daerah Kulonprogo selain Waduk Sermo

  • Pantai Glagah
  • Congot
  • Trisik
  • Gua Kiskendo
  • Tanjungsari
  • Suroloyo
  • Kebun teh Nglinggo
Dari berbagai sumber

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Tempat WisataYogyakarta

Leave a Response