Potensi Wisata Waduk Jatigede Sumedang - Reservasi Travel Blog

Potensi Wisata Waduk Jatigede Sumedang

Travel Destinations1K
Potensi Wisata Waduk Jatigede Sumedang

Travel Blog Reservasi – Ada sekitar kurang lebih 500 waduk di Indonesia. Waduk Jatigede adalah salah satunya. Waduk Jatigede ini merupakan bendungan terbesar ke-2 di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur. Lokasinya terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Waduk yang diresmikan pada tahun 2015 ini, jika dikelola sebetulnya memiliki potensi wisata yang menarik bagi warga.

Waduk merupakan tempat penampungan air yang sangat besar yang dibuat dengan cara membendung aliran sungai. Air yang telah ditampung tersebut kemudian berguna untuk dimanfaatkan dalam irigasi pertanian, untuk bahan baku air minum, pembangkit listrik, budidaya perikanan, sarana olahraga air, sarana rekreasi, dan sebagainya. Biasanya, waduk dibangun atau dibuat di tempat yang kondisi alamnya indah. Nah, tempatnya yang indah inilah yang kemudian dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Foto kiriman s u h i t a _ d y a h? (@dyhitaa) pada

Waduk Jatigede sendiri mulai digenangi air pada tanggal 31 Agustus 2015. Proses penggenangan air ini dilaksanakan selama 219 hari oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Waduk Jatigede memiliki kecepatan aliran air sekitar 3,5 kubik per detiknya sehingga jangkauan penggunaan airnya cukup luas mulai dari Sumedang, Majalengka, hingga ke Cirebon.

Kabarnya, setelah dilakukan pengisian air, potensi wisata Waduk Jatigede mulai terlihat. Hal ini terlihat dari kawasan sekitar Waduk Jatigede justru semakin ramai dan banyak pengunjung. Banyak juga warung-warung yang berdiri di sepanjang jalan sekitar lokasi waduk. Selain itu, warga sekitar juga ada yang menyediakan jasa ojek payung bagi orang-orang yang mau melihat ke waduk.

A post shared by Maru (@maru.botsam) on

Mulai akhir tahun 2015, cukup banyak pengunjung yang datang ke waduk ini untuk sekadar melihat keindahannya hingga untuk hunting foto. Rencananya, waduk ini juga akan dikembangkan untuk menjadi objek wisata oleh pemerintah setempat. Pengembangan ini berupa rencana pembangunan beberapa area pelengkapseperti kawasan offroad, camping ground, agrowisata, tempat pemancingan, hingga wisata seni dan budaya.

Untuk melihat keindahan yang ditampilkan Waduk ini, bisa melalui Kota Kecamatan Situraja, Sumedang. Jika kalian berasal dari luar Kota Sumedang, akses utama yang dapat menjadi patokan adalah lewat tol Purbaleunyi dan keluar menuju tol Cileunyi. Setelah keluar tol Cileunyi dan sampai di pertigaan, ikuti arah kanan menuju Kota Sumedang. Dari sana, nanti kalian akan sampai di Situraja dan lanjutkan perjalanan sampai ke alun-alun Situraja. Sekitar 2 km dari alun-alun situraja kalian akan sampai di daerah Pajagan. Di daerah Pajagan inilah kemudian banyak plang-plang yang memberi petunjuk ke arah Waduk Jatigede.

A post shared by Ahmad Kanzi (@akanzi1) on


Namun, di balik keindahannya saat ini sebagai objek wisata, Waduk Jatigede juga menyimpan kontroversinya sendiri. Sekitar tahun 1960-an, pembangunan Waduk ini mulai direncanakan dan diadakan serangkaian analisis. Namun, 40 tahun lebih berjalan Waduk Jatigede tak kunjung usai.

Nah, hal itu pun menimbulkan berbagai masalah yaitu salah satunya adalah masalah ganti rugi untuk warga yang dianggap tidak sepadan. Pasalnya, untuk membangun Bendungan Jatigede hingga akhirnya menjadi Waduk itu dibutuhkan lahan yang cukup luas di mana di lahan itu sudah cukup banyak pemukiman warga. Selain itu, dibangunnya Bendungan Jatigede berarti harus ‘menghilangkan’ beberapa situs bersejarah peninggalan Zaman Megalitikum yang ada di lahan tersebut. Beberapa masalah tersebut pada akhirnya membuat berbagai pihak melontarkan penolakan terhadap pembangunan Bendungan Jatigede.

Foto kiriman Inas Haura (@inashaura) pada

Tapi, terlepas dari masalah kompleks yang terjadi tersebut, kini Waduk Jatigede perlahan-lahan mulai menunjukkan manfaatnya. Mulai dari pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat luas sampai ke peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Jadi, siapa yang tertarik untuk berkunjung ke Waduk Jatigede?

Credit Featured Image

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *