close

Waduk Bajulmati, Miniatur Wayag Raja Ampat di Banyuwangi

waduk bajulmati 3
Waduk Bajulmati, Sumber gambar: instagram @embuhwisrob

Travel Blog Reservasi – Waduk seakan sedang populer dalam pariwisata di Indonesia. Tak sekedar menjadi bendungan irigasi atau mengendalikan banjir, namun sekarang ini waduk juga jadi tempat wisata yang potensial.

Tak hanya Waduk Sermo Kulonprogo, lalu Waduk Jatigede Sumedang, kemudian Waduk Wonorejo di Tulung Agung, saja yang menjadi tempat wisata, tapi di perbatasan Banyuwangi – Situbondo juga ada Waduk Bajulmati.

Sekilas tentang Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati disebut mirip dengan salah satu ikon Raja Ampat yaitu Pulau Wajag. Waduk ini dapat menampung air hingga 10 juta meter kubik yang bisa mengaliri persawahan seluas 1.800 hektar di wilayah Banyuwangi dan Situbondo.

Pembangunan waduk ini menelan dana yang cukup besar yaitu Rp422 miliar. Kehebatan waduk ini bisa dijadikan pembangkit tenaga listrik yang berpotensi menghasilkan energi listrik mikro hydro sebesar 340 kW (kilowatt).

waduk bajulmati
Sumber gambar: instagram @adisusanto10

Tips Berkunjung ke Waduk Bajulmati

  • Kamu yang ingin melihat langsung keindahan Raja Ampat KW ini, sebaiknya datang pagi atau sore hari.
  • Jika kamu datang pada siang hari, sebaiknya membawa payung atau topi karena sinar matahari di sini begitu menyengat.
  • Jika berkunjung ke Waduk Bajulmati, jangan lupa juga berkunjung ke Taman Nasional Baluran, karena lokasinya cukup berdekatan hanya berjarak 5 kilometer.
  • Sebaiknya bawa bekal (makanan dan minuman) karena sulit menemukan warung di sini.
waduk bajulmati
Sumber gambar: instagram @lenitiara

Lokasi dan Alamat Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati berlokasi di perbatasan Banyuwangi dan Situbondo, tepatnya di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyu Putih dan Desa Bajulmati, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi.

Rute Menuju Waduk Bajulmati

Jika kamu dari pusat kota Banyuwangi, maka kamu bisa melalui jalur lintas Banyuwangi-Situbondo yang akan melewati pelabuhan Ketapang menuju Pantai Watu Dodol lalu menuju ke Taman Nasional Baluran.

Setelah melewati Taman Nasional Baluran, kamu akan menemukan Gapura yang bertuliskan Waduk Bajulmati, masuk ke dalam maka kamu akan menemukan Waduk yang menjadi miniatur Wajag Raja Ampat.

Baca juga:

waduk bajulmati
Sumber gambar: instagram @adisusanto10

Harga Tiket Masuk :

Tak dikenakan biaya masuk saat berkunjung ke sini, namun kamu dikenakan biaya parkir yang terbilang murah.

  • Biaya parkir untuk motor : Rp5.000
  • Biaya parkir untuk mobil : Rp10.000

 


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : IndonesiaTempat WisataWaduk

Leave a Response