Keunikan Festival Kason di Myanmar yang Sayang untuk Dilewatkan

Yuk, Lihat Keunikan Festival Kason di Myanmar!

Travel News418
Yuk, Lihat Keunikan Festival Kason di Myanmar!

Travel Blog Reservasi – Dalam merayakan hari raya agama Budha, setiap negara memiliki jenis perayaan atau festivalnya masing-masing. Thailand terkenal dengan perayaan dalam bentuk Festival Songkran di bulan April yang dimeriahkan dengan bermain air di publik. Sementara itu, Indonesia merayakan hari raya agama Budha di bulan Juni yang dikenal sebagai hari raya Waisak dan ditandai dengan pelepasan ratusan lentera kertas ke udara pada malam hari. Nah, negara Myanmar juga punya festival hari raya Budha-nya sendiri, lho. Negara Myanmar dengan mayoritas penduduk yang memeluk agama Budha ini merayakan hari rayanya dalam bentuk  Festival Kason.

Festival Kason merupakan salah satu perayaan terpenting di Myanmar. Pasalnya, festival ini menjadi perayaan sekaligus pengingat akan kehidupan inti Sang Buddha mulai dari fase kelahiran Buddha, pencerahan dari Nirwana, hingga masa kematiannya. Menariknya, semua fase kehidupan Sang Buddha tersebut terjadi pada hari dan waktu yang sama sesuai dengan perhitungan kalender di masa 2.500 tahun silam.

festival Kason

Perayaan Festival Kason di Myanmar

Festival Kason dirayakan pada bulan Mei yang sekaligus menjadi bulan dengan kondisi cuaca paling panas di Myanmar. Salah satu elemen alam paling penting dalam perayaan ini adalah air yang mengalir tanpa henti sepanjang proses upacara keagamaan. Myanmar memiliki ribuan kuil besar dan di setiap kuil ini akan diadakan parade yang diiringi dengan musik meriah. Para partisipan dalam parade ini masing-masing akan membawa pot atau kendi yang terbuat dari tanah liat. Kemudian, pot atau kendi tersebut akan diisi dengan air yang mengalir yang ada di setiap kuil dan para partisipan akan berbondong-bondong menuju ke arah pohon Bodhi yang suci yang ada di pekarangan kuil.

Berdasarkan sejarahnya, pohon Bodhi dianggap suci karena Sang Buddha mendapat pencerahan dari Nirwana saat sedang bermeditasi di bawah pohon Bodhi. Untuk menghormati sejarah yang telah dianggap sebagai bagian dari kebudayaan tersebut, penduduk setempat akan menyiramkan air yang ada di dalam kendi ke bagian akar pohon Bodhi dengan menjaga pohon tersebut agar tetap sehat dan kuat terutama saat musim kemarau. Selain ritual tersebut, untuk menambah kemeriahan suasana, perayaan festival ini juga dilengkapi dengan iringan musik dan sajian hidangan lokal yang berlimpah dan bervariasi.

Ritual penyiraman Pohon Bodhi

Ritual penyiraman Pohon Bodhi

Ikut berpartisipasi dalam perayaan festival ini, Agoda pun mengumpulkan koleksi beragam hotel pilihan yang ada di Myanmar, termasuk juga tujuan wisata unik di Yangon yang merupakan mantan ibu kota Yangon. Tujuan wisata yang dirangkum oleh Agoda.com ini di antaranya menawarkan pemandangan berupa gedung-gedung kolonial dengan arsitektur yang unik, keindahan alam area sekeliling Danau Inle, hamparan pemandangan kota tua bersejarah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Festival Kason merupakan festival yang sekaligus menjadi kesempatan terbaik bagi para turis untuk menikmati bentuk perayaan budaya setempat yang unik dan menakjubkan sekaligus ajang mengenal dan berinteraksi dengan penduduk lokal yang ramah. Kamu bisa langsung mengunjungi situs Agoda.com  untuk mendapatkan penawaran hotel dengan harga yang kompetitif di Myanmar.

Pagoda Swhedagon di Myanmar

Pagoda Shwegadon di Yangon, Myanmar, ramai didatangi pengunjung

Note: Untuk menuju ke Myanmar dari Indonesia, biasanya ada banyak penerbangan murah dari Jakarta Ke Myanmar. Segera cek situs Reservasi untuk mendapatkan tiket murah ke Myanmar.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *