Destinasi Wisata Religi Selepas Umroh - Reservasi.com

Wisata Sejarah Peradaban Islam Selepas Umroh 2016

Travel News74
Wisata Sejarah Peradaban Islam Selepas Umroh 2016

Travel Blog Reservasi – Umroh 2016 dianggap ideal untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang tidak mau menunggu lama berkunjung ke Baitullah. Siapa sih umat muslim yang tidak mau berkunjung ke Baitullah, Makkah? Semua pasti bermimpi bisa mencium hajar aswad dan berdoa di Multazam, tempat paling mujarab dalam memanjatkan doa. Apalagi disaat kuota Haji dibatasi dan perlu menunggu bertahun-tahun lamanya.

Kini Umroh bisa dijadikan sebuah alternatif bagi mereka yang ingin segera ke Baitullah tanpa harus menunggu kepastian berangkat Haji. Umroh pun kini bukan hanya sekedar ibadah melainkan juga dikemas dalam bentuk wisata sejarah peradaban Islam di kota-kota suci seperti Makkah, Madinah. Bahkan belakangan paket Umroh sudah merambah wisata Sejarah Islam ke negeri-negeri di Eropa seperti Turki.

Wisata Sejarah Islam di Makkah

Foto kiriman @aqmaltafsir pada

Wisata sejarah di Makkah yang menjadi destinasi utama selepas umroh adalah Jabal Nur. Di gunung inilah Rasulullah SAW pertama kali mendapatkan wahyu dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril. Disinilah Rasulullah SAW berkhalwat, mengasingkan diri dari hiruk pikuk urusan dunia di dalam sebuah Gua bernama Gua Hira. Jaraknya dari Baitullah hanya sekitar 6 kilometer saja.

Selain Jabal Nur, destinasi religi yang bisa dikunjungi juga di Makkah adalah Jabal Tusr. Gunung Tsur ini merupakan gunung tempat bersembunyi Abu Bakar dan Rasulullah SAW dari kejaran kaum Quraisy saat hendak hijrah dari Makkah ke Madinah. Rasulullah SAW berhasil selamat karena Allah SWT menyembunyikan Rasulullah SAW di Gua Tsur dengan kamuflase jaring laba-laba disekitar mulut Gua Tsur. Kaum Quraisy pun mengira bahwa gua itu tidak pernah dimasuki orang karena terdapat banyak rumah laba-laba yang menutupi mulut gua.

Kalian juga bisa melihat secara langsung tempat Rasulullah SAW berperang saat perang Badr, Bukit Uhud saat perang Uhud, Jabal Rahmah tempat Nabi Adam dan Siti Hawa pertama kali bertemu di dunia dan Suquq Lail dimana Rasulullah SAW lahir.

Wisata Sejarah Islam di Madinah

Madinah merupakan kotanya para Nabi. Disnilah Nabi Muhammad diterima para sahabat setelah hijrah dari Makkah dan berlindung dari kejaran kaum Quraisy. Selain Masjid Nabawi dimana terdapat makam Rasulullah SAW dan para sahabat, kalian juga bisa berziarah ke beberapa destinasi religi lain di Madinah seperti Madain Saleh atau juga dikenal dengan Al Hijr.

Madain Saleh Tombs atau Al Hijr merupakan kota yang pernah ditempati oleh umat nabi Saleh AS. Arsitektur kota yang sangat indah ini dibangun dengan memahat sebuah gunung sehingga menjadi sebuah bangunan dengan arsitektur monumental pada masanya.

Jangan lewatkan juga untuk bersujud di Masjid Quba, masjid yang pertama kalinya dibangun oleh Rasulullah SAW. Masjid Quba ini berjarak sekitar 5 kilometer dari Madinah. Inilah masjid yang paling tua yang ada di dunia.

Wisata Sejarah Islam di Turki

Foto kiriman One Istanbul (@oneistanbul) pada

Dinasti Islam terakhir pernah berdiri di Turki. Kawasan Turki memang sangat istimewa karena sebagian masuk Eropa dan sisanya merupakan bagian Asia. Tak heran jika wisatawan yang datang bukan hanya berasal dari umat muslim saja namun juga dari seluruh dunia termasuk Rusia.

Salah satu peningalan peradaban Islam di Turki adalah Istana para Sultan seperti Istana Dolmabache dan Istana Topkapi. Kedua istana inilah yang menjadi tempat tinggal para raja saat Dinasti Islam masih berdiri. Yang tak kalah menarik adalah Aya Sofya atau juga dikenal dengan Hagia Sophia . Inilah bangunan gereja katedral yang pernah dialihfungsikan menjadi sebuah masjid. Bangunan Hagia Sophia merupkan bukti kejayaan Islam karena dihiasi dengan emas permata dan lukisan mozaik yang tak ternilai harganya. Kini Hagia Sophia beralih fungsi menjadi sebuah museum. Namun perpaduan peninggalan Kaisar Romawi dan Dinasti Islam Sultan Mehmud II ini masih bisa disaksikan dari bentuk dan hiasan-hiasan di dinding bangunan megah nan menawan Hagia Sophia.

Turki memang memiliki berbagai tempat wisata kelas dunia yang bisa kalian pertimbangkan untuk dikunjungi setelah beribadah umroh bersama keluarga.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dzulfikar Alala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *