Menyelam di Beningnya Mata Air Umbul Cokro Klaten

Travel Destinations6
Menyelam di Beningnya Mata Air Umbul Cokro Klaten

Travel Blog Reservasi – Umbul Cokro Ponggok Klaten merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi dari 15 Mata Air bening di Jawa Tengah. Umbul Cokro sama populernya dengan beberapa Umbul di Klaten seperti Umbul Ponggok dan Umbul Manten.

Umbul Cokro berada di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Klaten. Karena berada di Desa Cokro, masyarakat sekitar menyebut destinasi yang kini dilengkapi dengan water park ini sebagai Umbul Cokro Klaten. Keunikan Umbul Cokro karena letaknya masih dikelilingi rimbunnya pepohonan.

Baca juga 15 Umbul Cantik di Pulau Jawa Yang Bikin Kamu Lupa Mantan

Menyelam di Beningnya Mata Air Umbul Cokro Klaten

Umbul Cokro menjadi salah satu destinasi favorit saat jelang bulan Ramadhan. Sebelum puasa, warga memiliki kebiasaan untuk mandi atau dikenal dengan istilah padusan. Dari tradisi padusan inilah akhirnya Umbul Cokro dikenal sebagai destinasi mata air yang memiliki air yang jernih dan bening.

 

Umbul Cokro lebih aman untuk anak-anak karena tingginya hanya sekitar 80 cm. Berbeda dengan Umbul Ponggok yang memiliki kedalaman hingga 2 meter lebih hingga butuh pengawasan khusus bagi wisatawan yang tidak bisa berenang.

Tiket masuk Umbul Cokro

  • Hari libur Rp11.500/orang
  • Hari biasa Rp7.500/orang
  • Flying Fox Rp15.000/orang
  • Sewa tikar Rp5.000/orang
  • Sewa ban Rp5.000/orang
  • Parkir Rp2.000/kendaraan

Umbul Cokro kini menjadi salah satu destinasi wisata yang sudah memiliki berbagai fasilitas memadai bagi wisatawan seperti kamar bilas hingga warung-warung makan yang menyediakan berbagai kuliner dan hidangan khas Klaten.

Waktu terbaik untuk mengungjungi Umbul Cokro Klaten ini adalah pada saat pagi hari. Sebabnya saat pagi belum terlalu banyak wisatawan yang datang. Jadi, kamu bisa menyaksikan sendiri air kolam di aliran sungai Umbul Cokro yang mengalir ini masih benar-benar bersih.

Baca juga Kenalkan Tirta Alami Malibo Anai, Umbul Ponggoknya Padang Pariaman

Menyelam di Beningnya Mata Air Umbul Cokro Klaten

Pastikan kamu membawa waterproof untuk action camera kalian dan beraksi di dalam air. Salah satu hal  yang tidak diketahui banyak orang adalah foto yang paling menarik adalah saat berada di dalam air, bukan saat di atas permukaan air. Meskipun dari atas permukaan air terlihat biasa saja, namun saat berada di bawah permukaan air, suasana dan pemandangannya akan berbeda.

Pesan tiket pesawat murah Jakarta Solo melalui Reservasi.com

Featured image @Indischemr

 

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *