close

Turis Asing Lirik Pulau Komodo Sebagai Jurassic Park yang Nyata

pulau komodo (4)
Shutterstock

Travel Blog ReservasiPulau Komodo adalah tujuh keajaiban dunia yang mulai dilirik oleh wisatawan asing sebagai salah satu destinasi wisata Jurassic Park yang masih ada.

Film Jurrasic Park yang menjadi film garapan Steven Spelberg merupakan salah satu karya momunental yang paling diingat sepanjang zaman sebagai film rekaan yang menghidupkan kembali satwa purba, dinosaurus.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, Indonesia memiliki Jurassic Park yang nyata. Pulau yang dihuni tidak lebih dari 2000 jiwa ini memang menjadi habitat asli kadal raksasa terbesar di dunia.

Baca Kedua Bulan Ini, Tidak Direkomendasikan Traveling ke Pulau Komodo

shutterstock

Komodo hidup bebas di alam liar dan bahkan bisa masuk ke perkampungan penduduk. Meskipun ada konfik dengan penduduk namun jumlahnya sangat kecil. Penduduk sudah paham bagaimana cara menghindari komodo. Begitu juga dengan para ranger yang bertugas memandu wisatawan yang datang ke Pulau Komodo.

Memang tak bisa sembarangan datang ke Pulau Komodo tanpa pemandu. Pasalnya kadal raksasa yang punya air liur mematikan ini bisa tumbuh hingga memiliki panjang sekitar 3 meter dengan bobot hingga 70 kilogram, sangat cukup untuk memangsa seekor kambing dewasa.

Komodo juga dikenal sebagai pengendus yang ulung. Ia bahkan bisa berenang dan memanjat pohon jika diperlukan dan harus mengejar mangsanya. Namun, umumnya komodo merupakan karnivora pemakan bangkai.

Baca Dua Pulau di Indonesia ini Menjadi Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

shutterstock

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo pun bisa berfoto bersama. Namun, saat selfie dengan komodo harus dalam pengawasan seorang ranger. Ada sudut-sudut aman yang biasanya disarankan oleh ranger untuk berfoto dengan Komodo.

Bukan hanya komodonya saja yang menjadi magnet wisatawan asing untuk datang ke Pulau Komodo, melainkan juga karena pantai berwarna pinknya yang membuat orang penasaran.

Wisatawan bukan hanya bisa berenang dan melakukan olahraga air seperti diving dan snorkeling tapi juga bisa hiking dan trekking yang dipandu oleh para ranger. Para ranger pun akan memberikan beberapa pengenalan dasar tentang cara mengenali jejak komodo mulai dari jejak kakinya hingga dari bekas kotorannya.

Kegiatan tersebut menjadi salah satu kegiatan baru dan mengasyikkan baik bagi wisatawan asing begitupun dengan wisatawan lokal.

Baca 5 Hal yang Wajib Kamu Lakukan di Labuan Bajo

shutterstock

Pulau Komodo juga bukan hanya menjadi surga bagi traveler, melainkan juga menjadi salah satu tempat terbaik bagi para fotografer untuk mengabadikan milky way tanpa polusi cahaya berlebihan seperti di Jakarta atau Surabaya.

Apalagi banyak tempat-tempat instagrammable yang tak akan habis-habisnya diburu para generasi milenial yang kini gemar memamerkan gaya travelingnya lewat sosial media Instagram.

Jadi, tidak ada alasan lagi yang bisa menghalangi kamu untuk berangkat ke Pulau Komodo setidaknya seumur hidup sekali menyaksikan sendiri kehidupan hewan purba yang masih tersisa. Bandara terdekat dengan pulau Komodo adalah Bandara Komodo, Labuan Bajo yang dapat menampung hingga 500 penumpang.

Baca artikel menarik lainnya tentang Pulau Komodo dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Nusa Tenggara TimurPulau

Leave a Response