close

Tradisi Unik “Membelah” Danau di Danau Gedang Bengkulu

Sumber gambar: instagram @novitri.lesnawati

Travel Blog Reservasi Danau Gedang telah menjadi objek wisata baru di Bengkulu yang menjanjikan, meskipun belum ada fasilitas yang mendukung aktivitas pariwisata.

Tradisi unik membelah danau

Tak hanya menyimpan keindahan alam yang memukau, namun Danau Gedang atau Danau Besar ini juga memiliki tradisi danau terbelah atau danau patah.

Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat penduduk asli dengan peralatan tradisional saat air danau sedang tinggi. Di mana tumpukan pasir yang menjadi pembatas air danau dan pantai itu dibelah atau digali masyarakat dengan ukuran sekitar setengah meter hingga 1 meter.

Hal ini bertujuan agar air danau bisa mengalir ke laut atau ke pantai. Untuk membelah danau ini tak mudah, karena melibatkan ratusan masyarakat.

Pembelahan danau ini dilakukan di bagian pangkal danau yang memiliki lebar sekitar 20 hingga 25 meter.

Sumber gambar: jalanjalankita.com

Selanjutnya, warga setempat mendiami sebentar, hal ini bertujuan agar pasir yang telah digali mengaliri air dan bisa membesar dengan sendirinya.

Saat air danau sudah mulai surut maka belahan atau galian pasir itu akan kembali ditutupi oleh warga.

Tradisi unik ini digelar oleh warga setempat, setiap enam bulan sekali ketika air danau sedang tinggi.

Tradisi unik ini bertujuan untuk mengambil berbagai jenis ikan, udang dan kepiting yang ada di danau ini.

Tradisi ini sudah berlangsung ribuan tahun, meski ribuan orang mengambil ikan di danau ini, masyarakat setempat percaya limpahan kehidupan dari danau tak akan habis.

Baca juga danau indah lainnya:

Lokasi dan Rute ke Danau Gedang Bengkulu

Tempat wisata baru Danau Gedang terletak di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah.

Danau ini hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari kota Bengkulu. Saat kamu sudah sampai di Desa Padang Betuah yang merupakan perbatasan Bengkulu Tengah dan Kabupaten Bengkulu Utara, kamu tunggal melewati jalan yang sudah beraspal sekitar tiga kilometer lalu sampai ke Danau Gedang.

Sumber gambar: jalanjalankita.com

Harga Tiket Masuk Danau Gedang

Tak ada tiket masuk untuk berkunjung ke sini, kamu hanya perlu membayar biaya parkir yang sudah jadi karcis masuk.

  • Kendaraan roda dua : Rp5.000
  • Kendaraan roda empat : Rp10.000

Jika sudah dapat karcis masuk, sebaiknya jangan hilang karena saat keluar objek wisata, kamu diwajibkan mengembalikannya kembali.

Jadi, siapkan diri kamu untuk berlibur ke Bengkulu. Jika kamu cari tiket pesawat dan hotel dengan harga terbaik, dapatkan di Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : BengkuluDanau
Gardena Puteri

The author Gardena Puteri

Leave a Response