6 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Kamu Sering Lakuin Salah Satunya? - Reservasi Travel Blog

6 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Kamu Sering Lakuin Salah Satunya?

Travel News95
6 Tradisi Lebaran yang Hanya Ada di Indonesia, Kamu Sering Lakuin Salah Satunya?

Travel Blog Reservasi – Sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Muslim, Hari Raya IdulFitri selalu disambut dengan sukacita yang menjadi simbol kemenangan setelah sukses menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Perayaan ini pun selalu dihiasi dengan berbagai tradisi menarik yang sudah mendarah daging dari nenek moyang. Tradisi menarik seperti apa kira-kira? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Mengintip 5 Tradisi Lebaran di Luar Negeri yang Nggak Kalah Seru dengan Indonesia

1. Tradisi hiasan dan makan ketupat

Sebelum Lebaran sekalipun, beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan sudah sibuk menghiasi setiap sudut ruangan dengan pajangan ketupat. Semakin dekat hari lebaran, maka jumlah ketupat yang dipajang pun semakin banyak ditambah hiasan menarik lainnya. Ketupat ini tampaknya sudah menjadi ikon wajib saat lebaran tiba, sampai-sampai parsel dan kartu ucapan pun ramai ditempeli gambar ketupat.

Selain dipajang, ketupat pun acap kali dijadikan sebagai menu makanan wajib di meja makan. Opor ayam, rendang, dan kuah kental pun ikut meramaikan sajian ketupat. Siapapun yang melihat sajian ini, pasti ingin cepat-cepat menyantapnya.

2. Tradisi beli barang-barang baru

Belanja pakaian, tas, dan sepatu baru menjelang lebaran? Sudah jadi hal biasa di Indonesia. Lebaran rasanya kurang komplit kalau tidak ada barang baru. Jadi tidak heran kalau pusat perbelanjaan selalu ramai dikunjungi, apalagi dengan adanya diskon besar-besaran, siapa yang gak berminat buat beli?

Meskipun sudah menjadi tradisi, tapi membeli baju baru bukanlah suatu keharusan. Jika kondisi dompet tidak mendukung, jangan terlalu memaksakan diri. Kamu bisa pakai baju lebaran tahun lalu untuk lebaran tahun ini.

3. Tradisi keliling kampung untuk meminta maaf

Bagi masyarakat perkotaan, tradisi salam-menyalam seperti ini mungkin sudah terkikis karena sifat masyarakat kota yang individualistis. Tapi tidak di wilayah pedesaan ya.

Kegiatan ini menjadi tradisi wajib. Kalau kamu belum keliling kampung untuk meminta maaf, maka orang tua, kakek bahkan nenek sekalipun akan turun tangan menyuruhmu keliling kampung. Sembari menyalami para tetangga, kamu juga punya kesempatan untuk icip-icip kue lebaran tetangga. Seru, kan?

malam takbiran
malam takbiran/shutterstock

4. Tradisi mengirimkan ucapan selamat lebaran melalui SMS

Sehari sebelum lebaran tiba, smartphone kamu pasti bakal ramai dibanjiri SMS yang berisi ucapan selamat hari raya.

Setiap kali kamu menerima SMS seperti ini, usahakan dibalas ya agar orang yang mengirimkan pesan tersebut merasa senang. Untuk menghemat pulsa, kamu bisa mengirim ucapan hari raya melalui sosial media, seperti WhatsApp, Line, Facebook, dan media sosial lainnya.

5. Tradisi bagi-bagi THR kepada sanak saudara

Tradisi bagi-bagi uang atau yang dikenal dengan THR menjadi tradisi yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang.

Apalagi oleh kamu yang bekerja ya, soalnya uang THR yang dibagikan lumayan besar sehingga bisa kamu pergunakan untuk modal mudik. Jika kamu berniat bagi-bagi THR kepada sanak saudara di kampung, masukkan uangnya ke dalam amplop terlebih dahulu supaya membagikannya jadi lebih mudah.

6. Tradisi malam takbiran ditemani kembang api

Malam takbiran menjadi malam yang paling riuh saat menyambut lebaran. Pawai riuh penduduk ditemani pukulan bedug, petasan, kembang api, dan bunyi-bunyian lain pun ikut meramaikan suasana malam takbiran. Pastikan kamu tidak melewatkan suasana malam yang meriah ini ya.

Sembari berbagi kebahagiaan menyambut hari kemenangan, momen ini juga bisa kamu jadikan sebagai momen untuk memperluas jaringan pertemanan.

Demikianlah info mengenai tradisi lebaran di Indonesia. Dari 6 poin di atas, poin mana yang paling sering kamu lakukan?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *