Tradisi Lebaran di Luar Negeri yang Nggak Kalah Seru dengan Indonesia

Mengintip 5 Tradisi Lebaran di Luar Negeri yang Nggak Kalah Seru dengan Indonesia

Travel Inspirations241
Mengintip 5 Tradisi Lebaran di Luar Negeri yang Nggak Kalah Seru dengan Indonesia ilustrasi shutterstock

Travel Blog Reservasi – Hari raya seluruh umat Muslim di dunia akan segera tiba. Saat menyambut Lebaran, warga Indonesia punya tradisi yang unik dan menarik. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak beberapa hari sebelum Idul Fitri

Seminggu hari sebelum Lebaran, mereka biasanya akan berziarah ke makam kerabat. Pada malam hari sebelum Idul Fitri, pawai keliling pun rutin diadakan. Pawai semakin meriah dengan adanya lantunan takbir, tabuhan bedug, bahkan hiasan lampion.

Kemudian di esok hari setelah melaksanakan salat Id para warga atau keluarga akan berkumpul untuk melangsungkan acara halal bi halal dan dilanjutkan dengan makan-makan kuliner khas Lebaran.

Baca 7 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Paling Ngangenin dan Dinantikan

Ternyata, keseruan tersebut nggak cuma ada di Indonesia lho! Tradisi Lebaran di luar negeri pun juga tak kalah meriah dan menyenangkan.

Penasaran bagaimana pelaksanaan tradisi Lebaran di luar negeri? Simak ulasan berikut yang berhasil dirangkum oleh Reservasi.com dari berbagai sumber, Selasa (20/06/2017).

1. Malaysia

Tradisi Lebaran di Luar Negeri
ilustrasi shutterstock

Tradisi Lebaran di Malaysia ternyata nggak begitu jauh berbeda dengan Indonesia. Setelah melaksanakan salat Idul Fitri, para warga yang beragama Muslim akan berkumpul untuk berziarah ke makam saudara mereka. Kemudian, mereka akan melangsungkan acara kumpul keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Aktivitas selanjutnya yang dilakukan tentu saja menikmati berbagai santapan khas hari raya yang sama dengan kuliner dalam negeri seperti ketupat, rendang, lemang, dan kue kering. Anak-anak pun akan mendapatkan angpao dari kerabat yang usianya lebih tua.

2. Thailand

ilustrasi shutterstock

Tradisi Lebaran di luar negeri selanjutnya ada di wilayah yang mayoritas penduduknya bukan beragama Muslim. Nuansa Idul Fitri justru tak akan terasa di hari pertama. Selain melaksanakan salat Id dan saling bersilaturahmi, tak ada kegiatan lain yang bisa kamu temui.

Kemeriahan justru baru terasa di hari keenam setelah umat Islam di Thailand melaksanakan puasa sunnah enam hari setelah Lebaran. Pada hari yang disebut Rayo 6 ini mereka akan berpesta menyantap hidangan khas Lebaran seperti ketupat ala Thailand dan gulai ayam, berziarah, salat tasbih, dan bersilaturahmi dengan seluruh keluarga di kampung halaman.

Baca 9 Kue Tradisional Khas Lebaran dari Berbagai Daerah yang Hampir Terlupakan

3. Turki

ilustrasi shutterstock

Karena Turki mayoritas penduduknya beragama Islam, tentu saja perayaan Idul Fitri di sana akan berlangsung dengan meriah. Tradisi Lebaran di luar negeri ini sebenarnya hampir mirip dengan Indonesia. Sama-sama melakukan kegiatan sungkeman dan silaturahmi bareng keluarga.

Bedanya bisa kamu lihat saat momen pemberian hadiah Lebaran ke anak-anak. Kalau di tanah air biasanya diberikan angpao berisi uang jajan, anak-anak di Turki justru diberikan berbagai makanan manis seperti permen, cokelat, dan turkish delight. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Firstrianisa Gustiawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *