close

Tour Guide, Profesi yang Bisa Membawamu Jalan-jalan Gratis

Tour Guide
Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Tahukah kamu? Dengan menekuni bidang pekerjaan tertentu, kamu bisa sering jalan-jalan gratis, bahkan dibayar! Salah satu profesi yang dimaksud adalah tour leader / tour guide. Bekerja di perusahaan agen travel, membawa rombongan wisatawan ke berbagai negara tujuan wisata populer.

Tapi apakah benar pekerjaan ini sepenuhnya enak? Bisa jalan-jalan gratis dan dapat uang? Blog Reservasi.com bertanya langsung kepada Marlene Mariana, seorang tour leader yang telah menggeluti profesi ini sekitar 4 tahun.

Dimulai dari Asia, Baru ke Benua Lainnya

Menurut Marlene, ketika baru mulai bekerja, seorang tour leader akan diberi rute pemula yaitu Asia Tenggara dan durasinya pun singkat. Seperti dirinya yang mendapatkan rute Bangkok 4 hari 3 malam untuk perjalanan perdananya.

Kemudian secara bertahap, ia akan mendapat tugas ke rute-rute lain di Asia seperti Hong Kong, China, Jepang, Korea Selatan dan Turki. Di fase ini, biasanya ia masih mendapat pendampingan local guide.

Setelah dirasa cukup pengalaman dan penilaian selama ini termasuk baik (tidak ada komplain, servis memuaskan),  barulah ia ‘naik tingkat’ dan ditugaskan ke rute benua lain seperti Australia. Di level ini, sudah tidak ada local guide.

Di sini lah tantangannya. Bagaimana jika kamu belum pernah ke suatu negara, tapi kamu sudah harus bertugas mendampingi tamu dan menjelaskan tentang obyek wisata setempat.

Sementara itu menurut Marlene, level yang paling tinggi bagi seorang tour leader / tour guide adalah ketika ia sudah ditugaskan ke rute Amerika dan Eropa.

Karir yang Menjanjikan dengan Benefit Lumayan

Pastinya ini yang kerap menjadi pertanyaan semua orang. Apakah penghasilan seorang tour guide itu besar? Marlene mengungkapkan, keuntungan menjadi tour guide adalah adanya kesempatan untuk mendapat penghasilan tambahan di luar gaji pokok.

Jadi setiap kali tour guide membawa rombongan wisata bepergian, ia akan mendapat sejumlah fee dan komisi. Apa lagi jika mereka sudah sangat berpengalaman dan mendapat rute jarak jauh, tentu benefit yang diperoleh juga lebih baik.

Menurut Marlene, profesi sebagai tour guide termasuk karir yang menjanjikan. Banyak yang sudah berusia 50 tahun tapi masih aktif membawa grup wisata. Asalkan fisik masih kuat untuk berjalan jauh, menempuh medan yang sulit dan sanggup melayani rombongan berisi 30 tamu.

Syarat Menjadi Seorang Tour Guide

“Harus sabar, mau kerja keras dan tahan banting.” Itulah syarat-syarat yang dibutuhkan jika ingin menjadi tour leader, kata Marlene. Mental tidak boleh lembek, karena kamu akan berhadapan dengan sekelompok orang yang tidak kamu kenal.

Mereka tamu yang telah membayar biaya jasa, apa pun permintaan mereka sebisa mungkin harus dipenuhi. Sementara kamu sedang berada di negara asing yang berbeda bahasa dan budaya. Kamu juga harus siap jadi orang yang tidur paling akhir dan bangun paling pagi saat sedang bertugas.

Bagaimana, setelah mendengar cerita Marlene di atas, apakah kamu siap menjalani profesi ini?

Jangan lupa, baca juga artikel lain tentang berita-berita travel yang unik atau tips-tips traveling yang bermanfaat untuk kamu.

 

Tags : Luar NegeriTipstraveling

Leave a Response