Catat Baik-baik! Ini 9 Prediksi Titik Macet Mudik Lebaran 2018 - Reservasi Travel Blog

Catat Baik-baik! Ini 9 Prediksi Titik Macet Mudik Lebaran 2018

Travel News299
Catat Baik-baik! Ini 9 Prediksi Titik Macet Mudik Lebaran 2018 Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Menyambut hari raya Idul Fitri yang makin dekat, saatnya mempersiapkan diri berjubel di jalanan bareng para pemudik lainnya. Meski melelahkan, mudik justru terasa kurang lengkap tanpa kemacetan. Di sinilah serunya mudik, ikut bergabung bersama barisan para perantau yang ingin berlebaran di kampung halaman.

Ada beberapa ruas jalan yang menjadi titik langganan macet saat mudik setiap tahunnya. Titik yang bagi sebagian pemudik mau tidak mau harus tetap dilewati. Lalu bagaimana dengan pesta mudik tahun 2018 ini? Berikut adalah prediksi titik kemacetan mudik 2018 yang dihimpun oleh Reservasi.com:

Baca Kekurangan dan Kelebihan Mudik dengan Kereta Api Vs Pesawat

Tol Merak

Ruas tol di ujung Barat Pulau Jawa ini tak pernah absen dipadati kendaraan dari tahun ke tahun, baik pemudik yang menuju atau keluar dari arah Pelabuhan Merak Banten.

Sebelum masuk ke ruas Tol Jakarta, tol Merak jadi titik padat yang tak terhindarkan. Belum lagi beberapa truk biasanya masih nekat melintas di hari-hari jelang Lebaran.

Tol Cikampek

Bukan Tol Cikampek namanya kalau bebas kemacetan saat pesta mudik berlangsung. Ruas jalan ini bisa dibilang sebagai gerbang keluar-masuk dari dan menuju Jakarta. Sebelum berpencar ke arah Pantura atau Bandung, semua kendaraan roda empat atau lebih berjubel di sini.

Tol Pejagan

Dari Tol Cikampek, pemudik yang lanjut mengambil terusan Cipali akan menemui kemacetan lagi di sekitar Pejagan. Pemudik yang baru masuk dari Cirebon dan sekitarnya bakal menambah padat kondisi lalu lintas di ruas Tol Pejagan.

Simpang Maya Tegal

Bagi yang memilih jalur Pantura non-tol, Simpang Maya Tegal agaknya masih menjadi titik langganan macet seperti tahun-tahun sebelumnya. Persimpangan ini mengarah ke Pantura dan jalur tengah menuju Purwokerto.

Biasanya pemudik yang tidak ingin bergabung dengan kepadatan di ruas Tol Brebes akan mengambil arah Simpang Maya lalu bergerak ke Selatan.

Tol Pemalang-Batang

Tren mudik yang tidak pernah surut dari tahun ke tahun adalah animo pemudik menjajal ruas jalan baru. Tahun ini terusan Tol Pemalang-Batang menuju Semarang dikabarkan siap beroperasi.

Bagi kamu yang tertarik menjajal ruas jalan tol baru ini, bersiaplah menghadapi kemacetan panjang.

Tol Semarang-Bawen

Masuk ke ibu kota Jawa Tengah, pemudik yang akan bergerak menuju Yogyakarta, Salatiga, Solo, dan sekitarnya bersiap juga menghadapi kemacetan di ruas Tol Semarang-Bawen.

Apalagi pintu masuk Tol Bawen-Salatiga punya pemandangan cantik yang bisa menjadi daya tarik. Siap-siap deh, pasti banyak pemudik yang ingin melihatnya langsung dari dekat.

titik macet mudik
shutterstock

Ambarawa

Rute non-tol dari Semarang menuju Selatan melalui satu titik langganan macet yaitu Ambarawa. Ruas jalan di sekitar Pasar Ambarawa relatif sempit dan biasanya dipenuhi pedagang dadakan.

Jadi bagi kamu yang berniat melintasi kawasan ini, bersiaplah menghadapi pasar tumpah yang banyak bermunculan jelang Lebaran.

Nagreg

Beralih ke jalur Selatan, Nagreg menjadi titik langganan macet setiap mudik Lebaran. Tak hanya mobil dan bus, pemudik bersepeda motor turut menyumbang angka kepadatan. Tahun ini pun sepertinya masih sama, kemacetan di Nagreg akan tetap terjadi.

Ruas jalan yang memiliki tikungan tajam ini juga rawan kecelakaan. So, bagi kamu yang berencana melintasi Nagreg harus lebih berhati-hati.

Pertigaan Mengkreng Kediri

Bergeser ke Jawa Timur, ada Pertigaan Mengkreng Kediri yang juga tak luput dari kemacetan tiap mudik Lebaran. Ruas jalan ini menjadi gerbang keluar-masuk dari dan menuju Jawa Tengah.

Pertigaan Mengkreng adalah titik pertemuan arus dari arah Jombang, Kertosono dan Kediri. Keberadaan para penjual oleh-oleh makin menambah padat kondisi jalan.

Dari sembilan prediksi titik macet di atas adakah salah satunya yang menjadi rute mudikmu?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

One thought on “Catat Baik-baik! Ini 9 Prediksi Titik Macet Mudik Lebaran 2018

  1. penulis artikel ini sepertinya pendukung #2019gantipresiden…ngomong tidak berdasarkan data di lapangan tahun ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *