Waspadai 15 Titik Kemacetan di Jalur Pantura Jawa - Reservasi Travel Blog

Waspadai 15 Titik Kemacetan di Jalur Pantura Jawa

Travel News108
Waspadai 15 Titik Kemacetan di Jalur Pantura Jawa shutterstock

Travel Blog Reservasi – Ada satu hal yang tak bisa dihindari dari pesta mudik, apa lagi kalau bukan kemacetan. Pemudik dengan kendaraan pribadi dan bus umum yang paling parah terkena imbasnya. Volume kendaraan yang makin bertambah dari tahun ke tahun bikin jalanan makin padat. Ruas tol sudah ditambah pun seperti tak ada efeknya.

Bagi kamu yang tahun ini mudik melintasi jalur pantura Jawa, waspadai 15 titik kemacetan yang Reservasi.com rangkum berikut:

Gerbang Tol Merak & Cikupa

Kemacetan akan diawali dari gerbang tol Merak dan Cikupa menuju ke Jakarta. Kendaraan dari Sumatera tiba di Pelabuhan Merak lalu memenuhi ruas tol menuju Jakarta.

Gerbang Tol Cikarang Utama

Keluar dari Jakarta, gerbang tol Cikarang Utama atau Cikarut menjadi pusat kepadatan. Dari ruas ini kendaraan akan terpecah menjadi dua, ke arah Jawa Tengah atau Bandung.

Gerbang Tol Palimanan

Gerbang tol Palimanan juga menjadi titik langganan macet dari tahun ke tahun yang wajib kamu waspadai.

Gerbang Tol Pejagan

Dari ruas tol Palimanan, kemacetan biasanya berlanjut ke tol Pejagan menuju Brebes. Tahun ini diperkirakan akan meningkat peminatnya mengingat tol Pemalang-Batang sudah berfungsi total dan tol Batang-Semarang berpotensi difungsikan.

Pasar tumpah sekitar Brebes

Untuk jalur non-tol, waspadai beberapa titik pasar tumpah di Brebes yaitu di Pasar Losari, Tanjung, Bulakamba, Limbangan dan Pasar Induk Brebes.

Pasar Surodadi, Tegal

Pasar tumpah juga biasa terjadi di sekitar Pasar Surodadi Tegal. Ditambah keberadaan Simpang Maya yang tak kalah padat dengan lalu lintas non-tol.

Pasar Wiradesa, Pekalongan

Melaju ke arah Pekalongan waspadai kepadatan di sekitar Pasar Wiradesa. Di titik ini juga sering digelar pasar tumpah dadakan menjelang hari raya Idul Fitri.

Pasar Cepiring, Kendal

Sama halnya di Kendal, kawasan Pasar Cepiring yang jalannya tak begitu luas makin padat dengan adanya pasar tumpah.

Krapyak dan Genuk, Semarang

Di Semarang ada dua titik yang diprediksi macet yaitu Krapyak dan Genuk. Krapyak menjadi area bottleneck karena titik pertemuan pintu keluar tol Manyaran dan arus non-tol dari Kendal. Belum lagi jika tol Batang-Semarang benar-benar difungsikan, wah bisa makin padat nih!

Menuju Demak kamu perlu mewaspadai area Genuk yang sering dilanda banjir rob. Kawasan ini juga menjadi titik pertemuan dari pintu keluar tol dan lalu lintas non-tol dari Semarang kota.

Pertigaan Brondong, Lamongan

Bergeser ke Jawa Timur, Pertigaan Brondong Lamongan menjadi titik macet yang perlu kamu waspadai. Kawasan ini langganan macet dari tahun ke tahun saat arus mudik berlangsung.

Pertigaan Bungah dan Jembatan Sembayat, Gresik

Di Gresik ada dua titik kemacetan yaitu Pertigaan Bungah dan Jembatan Sembayat. Jembatan Sembayat baru saja mengalami renovasi pada April lalu dan masih tahap penyempurnaan hingga kini.

Titik Kemacetan di Jalur Pantura

Pasar Baureno, Bojonegoro

Pasar tumpah di Jawa Timur juga terjadi di beberapa titik seperti Pasar Baureno Bojonegoro. Padatnya lalu lintas makin sesak saja dengan keberadaan pedagang yang berjubel di sisi kanan-kiri.

Pasar Ranuyoso dan Pasar Pakes Wetan, Kabupaten Lumajang

Satu lagi titik pasar tumpah yang perlu kamu waspdai yaitu Pasar Ranuyoso dan Pasar Pakes di Situbondo. Pasar tumpah memang fenomena yang tak terpisahkan dari hari raya Idul Fitri.

Bangil, Kabupaten Pasuruan

Ruas Jalan Raya Bangil-Pasuruan terkenal bergelombang dan banyak lubang. Hal ini memicu terjadinya kemacetan panjang baik di hari biasa maupun momen khusus seperti liburan panjang. Apalagi saat mudik nanti ya!

Pasir Putih, Kabupaten Situbondo

Jalanan menuju kawasan wisata Pantai Pasir Putih Situbondo juga perlu kamu waspadai. Kepadatannya dipastikan bertambah saat arus mudik nanti.

Dari sekian banyak titik macet di atas, apakah kamu akan melintasi salah satunya?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *