Traveling Saat Puasa? Wajib Terapkan 6 Trik Ini - Reservasi Travel Blog

Traveling Saat Puasa? Wajib Terapkan 6 Trik Ini

Travel Tips104
Traveling Saat Puasa? Wajib Terapkan 6 Trik Ini shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bagi kamu yang hobi traveling, berpuasa bukanlah halangan untuk tetap menjelajahi berbagai destinasi menarik. Rasa senang dan nyaman saat berwisata justru bisa membuat puasamu makin lancar di bulan Ramadan. Jadi lupa deh sama tenggorokan yang mulai kering dan tarian cacing-cacing dalam perut!

Baca 8 Menu Buka Puasa Paling Sehat dan Praktis Buat Anak Kos

Karena kekhusyukan ibadah harus jadi fokus utama, Reservasi.com punya 6 trik jitu untuk menjaga puasamu tetap nyaman selama traveling. Simak satu per satu yuk!

Catat jadwal ibadah di lokasi tujuan

Setelah menentukan tujuan traveling, segera cari tahu jadwal ibadah di sana. Browsing jadwal shalat, waktu imsak, dan berbuka puasa. Jadi kamu bisa mengatur perjalanan dengan lebih baik. Pilih jam keberangkatan yang membuatmu tetap bisa beribadah dengan nyaman. Misal menggunakan pesawat, ambil penerbangan sore agar waktu tiba sudah dekat dengan saat berbuka puasa.

menu sehat saat sahur
shutterstock

Cari penginapan yang memudahkanmu santap sahur

Selain jadwal ibadah, pastikan penginapan yang kamu pesan memudahkan saat santap sahur. Hotel-hotel biasanya menyediakan fasilitas makan sahur sebagai pengganti sarapan. Tapi jika memilih penginapan ekonomis tanpa fasilitas santap sahur, cari tahu kedai makan terdekat yang buka dini hari. Atau siapkan makanan dari malam sebelumnya agar lebih mudah. Meski sunah, makan sahur penting untuk menjaga staminamu berpuasa seharian kan?

Lebih selektif memilih tempat wisata

Nah, sekarang saatnya memilih tempat-tempat wisata yang akan kamu kunjungi. Karena bepergian saat sedang puasa, kamu harus lebih selektif menentukan destinasi. Pilih yang tidak banyak menguras tenaga, dekat dengan tempat makan untuk berbuka puasa, dan menyediakan tempat shalat.

Kalau kamu memang ingin menjajal spot wisata ekstrem yang butuh banyak aktivitas fisik, lakukan di sore hari menjelang buka puasa. Cairan tubuh dan stamina yang hilang akibat aktivitas bisa segera diganti begitu adzan Magrib berkumandang.

Mulai bepergian di siang hari

Mengatur jadwal traveling selama puasa memang agak tricky. Paling aman memulai kegiatan di siang hari, jarak dengan waktu berbuka tidak terlalu lama. Pilih waktu sekitar jam 2 siang agar matahari sudah sedikit lebih teduh. Setelah sahur bisa kamu gunakan untuk beristirahat dan menyimpan energi. Atau kunjungi saja tempat wisata yang berada di dalam ruangan seperti museum atau galeri seni.

Maka dari itu penting banget memperhatikan trik nomor 3. Dengan waktu sekitar 4 jam saja yang kamu punya, pastikan tempat wisata yang akan dikunjungi mudah dijangkau namun tetap worthed.

Bawa air putih dalam tas

Jangan lupa bawa air putih dalam tas, untuk membatalkan puasa kalau-kalau kamu masih berada di jalan saat adzan Magrib berkumandang. Lebih baik lagi membawa sedikit makanan ringan atau buah kurma untuk mengganjal perut sampai tiba di tempat makan.

Nah, nggak kalah penting nih cari info restoran yang enak buat berbuka puasa sebelum kamu berangkat traveling. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhanmu, apakah ada alergi khusus atau tidak. Kalau kamu ingin mencicipi kudapan khas daerah tersebut, pastikan sudah memesan terlebih dahulu agar tidak kehabisan tempat.

Pastikan tubuh beristirahat dengan cukup

Dari semua poin di atas, yang paling penting adalah memastikan tubuhmu beristirahat dengan cukup. Tubuh yang bugar dan rencana matang adalah modal penting untuk menikmati traveling kan? Dengan mengikuti 6 trik di atas, traveling saat puasa dijamin tetap berjalan lancar deh!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *