close

Traveling saat Musim Hujan, Ini yang Perlu Diperhatikan

shutterstock_266506016
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Traveling saat musim hujan memang cukup menantang apalagi jika tujuan kamu adalah air terjun, arung jeram atau hiking menyusuri sungai. Meskipun cuaca hujan, biasanya masih tetap ada yang tetap menjalankan hobinya, yaitu jalan-jalan.

Ada beberapa tips traveling saat musim hujan yang perlu kamu ketahui. Mulai dari menentukan tempat, wisata, barang-barang yang perlu kamu bawa hingga perlunya menjaga kesehatan saat cuaca kurang bersahabat.

Seperti dihimpun dari berbagai sumber oleh Reservasi.com, berikut adalah 5 tips traveling saat musim hujan yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu untuk tetap jalan-jalan.

1. Gunakan Tas Tahan Air

pixabay

Ada banyak pilihan tas tahan air mulai dari dry bag hingga cover bag yang bisa meminimalisasi tas ransel kamu menjadi basah kuyup karena kehujanan. Biasanya traveler hanya mengandalkan kantung plastik sebagai salah satu cara untuk melindungi barang berharga.

Tapi, jika kamu mencoba olahraga arung jeram, jangan harap bisa aman hanya dengan menggunakan kantung plastik. Itulah mengapa ada dry bag yang berfungsi untuk menjaga barang bawaan kamu tetap kering meskipun tas hanyut di sungai karena arus yang deras.

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang bisa terjadi selama diperjalanan. Agar smartphone kamu atau dompet kamu tidak jadi korban, sebaiknya kamu menyiapkan satu alat yang bisa melindungi barang berharga kamu dari air.

2. Manfaatkan Promo saat Musim Hujan

Pada saat musim hujan biasanya traveller cenderung tidak mau bepergian. Namun bagi traveler lainnya justru Inilah saat yang tepat untuk mencari promo musim hujan. Beberapa hotel biasanya Mengalami penurunan kunjungan pada saat musim hujan.

Untuk tetap menjaga kunjungan tamu hotel tetap stabil, biasanya selalu disalahkan beberapa promo khusus musim hujan. Salah satu kuncinya adalah tetap mencari promo-promo tersebut baik melalui sosial media maupun langganan newsletter Hotel favorit kamu.

Selain itu beberapa harga pun biasanya dipotong demi tetap mendatangkan tamu atau pelanggan. Apalagi pada saat cuaca kurang bersahabat, terkadang ada beberapa tamu hotel yang membatalkan kunjungannya akibat cuaca buruk.

3. Cari tempat wisata baru

pixabay

Saat musim hujan banyak hal baru yang bisa kamu coba. Mulai dari trekking menyusuri sungai hingga jelajah Curug atau air terjun di kawasan Bogor.

Meskipun cuaca buruk, bukan jadi alasan untuk tidak tetap travelling. Namun bukan berarti kamu juga pergi tanpa persiapan. Minimal kamu harus membekali diri agar badan tetap fit dan juga tetap waspada akan keselamatan diri masing-masing.

Tempat wisata baru seperti air terjun tersembunyi atau tracking sungai akan membuat pengalaman seru dan berharga. Dan itu hanya bisa dilakukan pada saat musim hujan, saat debit air tinggi. Pastikan kamu membawa pemandu atau orang yang sudah berpengalaman agar tidak tersesat di jalan.

4. Jangan takut basah

shutterstock

Ada pepatah bahwa jika anak-anak kamu inginkan pintar nanti, jangan pernah takut jika mereka bermain kotor-kotoran. Kotor itu tidak selamanya buruk. Mereka bisa belajar sekaligus juga membentuk imun tubuh mereka secara alami.

Begitu juga dengan musim hujan. Jangan hindari air, dan jangan pernah takut basah. Yang penting kamu tahu cara menjaga tubuh kamu agar tetap fit pada saat musim hujan. Misalnya rutin mengkonsumsi vitamin atau madu sehingga kamu tidak mudah masuk angin atau terserang penyakit.

5. Persiapkan segala sesuatu yang tak terduga

Pada saat cuaca buruk segala sesuatu memang bisa terjadi. Bukan hanya keterlambatan pesawat tapi juga bisa jadi penerbangan kamu dibatalkan misalnya Karena gunung meletus atau karena bencana banjir.

Dalam kondisi demikian jangan Pernah Patah Arang, karena masih banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi tanpa harus terbang dengan menggunakan pesawat. Ada banyak cara untuk bisa tetap travelling saat musim hujan. Pastikan juga kamu memahami dasar-dasar keselamatan saat terjadi banjir.

Baca artikel menarik lain traveling saat hujan dari Reservasi.com

Tags : Hujantraveling

Leave a Response